Perbaiki Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06 P10

tombol stop Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06

Kotanopan.com. Perbaiki Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06 P10, sebagai pencetak serbaguna yang cukup handal Pixma G3010 memang layak di gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Error P06 umunya di barengi dengan Kode 205 ataupun error 206 pada printer. Kesalahan umum yang terjadi meliputi MotherBoard, cartridge atau sekedar kabel dan sensor utama saja. Meskipun kali ini kotanopan menemukan kasus yang cukup unik Printer Pixma G3010 mencetak sebagian halaman kemudian macet dengan kode error P06 Error 206.

Kasus kertas macet pada Printer Pixma G3010 dengan error P06 biasanya akan muncul sejak awal printer digunakan dimana saat hendak mencetak mesin tidak mau menarik kertas. Sedangkan pada Kasus Kertas macet P06 Memang sangat jarang terjadi. lantas bagaimana cara Perbaiki Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06? akan kami bahas caranya dibawah. Sebelumnya sebaiknya anda menyiapkan tinta original karena hal ini terkadang membutuhkan tinta cukup banyak nantinya.

1. Periksa Benda Asing dalam Printer.

Pemeriksaan awal penyebab Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet ditengah adalah pastikan tidak ada benda asing didalam printer. Kertas yang macet dibagian dalam roller biasanya karena tertahan oleh benda asing yang membuat perputaran roller tertahan atau kertas menjadi tersangkut.

2. Periksa Dan Bersihkan cartridge.

Printer Pixma G3010 Error P06 secara tiba-tiba juga bisa disebabkan karena terjadi Konslet pada saluran cartridge. Hal ini disebabkan karena tinta banjir sehingga mengenai bagian Logam Dari konektor kuningan cartridge.Perlu di ingat sebelum anda melepas cartridge dari konektor selang infus, sebaiknya anda mengunci selang agar tinta tidak kembali ke Tabung sehingga selang kosong atau masuk angin. Cara melepas cartridge pixma G3010 Error P06 dengan baik.

Cara agar tinta pada printer G3010 tidak kembali ke tabung saat dilepas.
Buka pelindung tutup tabung tinta, pada bagian penutup tinta memiliki mekanisme pengunci yang akan menahan agar tinta tidak kembali ke Selang dan menyebabkan masuk angin.

pengunci tinta Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06
pengunci tinta Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06

Cara agar cartridge Bisa berada pada Posisi tengah secara otomatis adalah:
Pertama buka penutup Printer, kemudian buka pelindung tutup tinta seperti langkah diatas. Lalu pencet tahan tombol Bulat Segitiga atau tombol “stop” tahan 5 detik lalu lepaskan.

Baca juga:
Melihat Perbedaan Tinta Printer Epson Asli Dan Palsu
Perbaiki Kode kesalahan 034008 Printer Epson L405 Dan 034004
Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris
Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet Ketarik Banyak Paper Jam

tombol stop Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06
tombol stop Perbaiki Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06

Maka cartridge akan bergeser ke kiri. Setelah berhenti pencet kembali tombol “stop” lima detik dan cartridge akan bergerak kemudian berhenti tepat di tengah-tengah Printer seperti gambar

 

head ditengah Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06
head ditengah Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06

Kemudian cabut colokan listrik pada printer dan lepas cartridge untuk membersihkan bagian kuningan konektor menggunakan tisu kering. lap hingga bersih ditandai dengan tidak ada lagi bekas tinta yang menempel di catrigde dan tisu saat di usapkan. Jika sudah pasang ulang catrigde, kemudian lepas pengunci tinta dan coba gunakan untuk mencetak.




3. Bersihkan kabel Flexibel Printer.

Untuk anda yang memilik kemampuan membongkar Printer, tidak ada salahnya melakukan pembersihan pada flexibel yang terhubung ke motherboard utama. Terkadang penyebab Printer Pixma G3010 Tidak mencetak kertas Macet P06 juga bisa disebabkan karena kabel flexibel lepas, kendor ataupun kotor sehingga perlu dibersihkan.

4. Uji cartridge Secara langsung.

Jika kesalahan P06 Error 205 dan error 206 masih muncul, anda bisa coba melepas cartridge kemudian menghidupka printer, apakah kesalahan masih sama P06 atau Berubah kesalahag EC ataupun EB? jika kesalahan berubah maka besar kemungkinan kerusakan ada pada Motherboard, sehingga anda perlu membawa ke tempat service atau menganti motherboard. Beberapa cara seperti pengantian kapasitor terkadang juga diperlukan.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − one =