Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati Macet beserta foto

Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati Macet

Anda sedang mencari cara perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati? bingung banyak artikel tidak meanmpilkan foto? kotanopan.com akan mengulasnya untuk anda. kendala Spray Gun Cat Elektrik mati adalah hal yang sering dihadapi oleh para pengguna spray gun cat elektrik listrik. Semakin banyak tukang cat yang lebih memilih mengunakan Spray gun cat listrik ini. Jika anda adalah salah satunya dan menghadapi kendala, maka  kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara memperbaiki spray gun cat elektrik yang mati, tidak keluar cat.

1. Periksa Sumber Daya Dan colokan ke Listrik.

Hal pertama yang perlu kita lakukan ketika spray gun cat elektrik mati adalah memastikan bahwa sumber daya listrik berfungsi dengan baik Pastikan bahwa kabel listrik terhubung dengan kuat ke sumber daya listrik dan juga ke , steker listrik dari rumah memiliki arus. Untuk memastikan coba colokan dahulu peralatan listrik lainya, apakah bisa menyala? jika tidak bisa maka cek sambungan listrik dirumah, dan coba colokan spray gun ke stopkontak lain dulu. Jika masih belum menyala Periksa bagian Steker colokan spray Listrik yang kotanopan beri tanda panah. Terkadang karena sering digerakan colokan tersebut bisa mengalami patah kabel bagian dalam, ganti kabel dan colokan steker jika perlu.

Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati Macet
Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati Macet tidak keluar cat tidak ada arus

2. Periksa Kabel dan Hubungan antara Steker dan saklar.

Kabel yang rusak atau kendur dapat menyebabkan spray gun cat elektrik terkadang hidup dan terkadang mati atau macet. Periksa kabel dengan teliti, mulai dari steker hingga ke spray gun. Pastikan semua kabel dalam keadaan baik dan terhubung dengan kuat atau tidak ada bekas terbakar dan patah dalam.
baca juga:
Cara Mengisi Formulir Pemasangan Baru Listrik PLN 2023
Merakit Mesin Pembuat dan pencetak Mie Listrik
Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak dengan alat sederhana

Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati. periksa sekring fuse
Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati. periksa sekring fuse

3. Periksa Sekring atau Fuse sekring panas

Beberapa spray gun cat elektrik dilengkapi dengan fuse atau sensor panas pengaman. Jika lilitan dinamo terlalu panas, maka sekring pengaman akan otomatis terputus. Biasanya letaknya berada dekat dinamo kumparan. Salah satu penyebab utama Spray Gun Cat Elektrik Mati adalah karena sekring putus terlalu panas. Periksa sekring untuk memastikan bahwa sensor tersebut tidak putus atau rusak. Jika fuse rusak, gantilah dengan yang baru.

Periksa Saklar On Off Pada spray Gun ganti jika rusak
Periksa Saklar On Off Pada spray Gun ganti jika rusak

4. Periksa Saklar On/Off Pada spray GunPastikan saklar listrik dalam posisi “ON”

berfungsi dengan normal. Umumnya akan ada sedikit suara “click” saat di pencet, Jikan anda ragu sebaiknya coba gunakan saklar lain alau langsungkan dahulu saat mengujinya. Jika saklar rusak segera ganti dengan yang baru dan sejenis agar fungsi tetap normal. Umumnya spray gun mengunakan mini saklar.

 Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati dengan ganti saklarpastikan saklar penganti sama dengan bawaan spray gun rusak yang diperbaiki

5. Periksa bagian lilitan dinamo.

Jika arus listrik masuk saklar dan sekring normal namun Spray Gun Cat Elektrik Mati Macet tidak ada getaran, coba periksa bagian lilitan dinamo utama apakah terbakar? Tanda lilitan dinamo terbakar umumnya berwarna hitam, memiliki bau khas gosong atau lengkat satu sama lain. Jika terdapat indikasi kabel tembaga terbakar maka sebaiknya ganti dengan yang baru saja.



Kesimpulan:

Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati Macet beserta foto ini memerlukan beberpa keahlian dan pemahaman tentang cara kerja peralatan ini. Setidaknya dasar-dasar elektronik fungsi komponen hatus anda miliki. Jika Anda merasa tidak yakin dalam melakukan perbaikan sendiri, sebaiknya minta bantuan dari ahli teknisi atau tukang service yang berpengalaman disekitar anda

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − five =