Cara Perbaiki Kipas Angin Berputar pelan atau mati total

Cara perbaiki Kipas angin berputar pelan

Kotanopan.com. Di musim kemarau cuaca seringkali terasa panas dan pengap, solusi yang bisa kita lakukan adalah pasang AC di rumah. Namun jika listrik tidak mencukupi kita masih bisa mengunakan kipas angin saja agar udara mengalir dan tersasa lebih sejuk. Bagaimana jika ternyata kipas anginya bermasalah? tidak mengapa kita akan bahas saja Cara Perbaiki Kipas Angin Berputar pelan atau mati total. 2 kerusakan yang sering terjadi di kipas angin adalah Putaran kipas menjadi terlalu lambat sehingga udara tidak mengalir pahadal jika diputar dengan tangan putaran kipas lancar, Atau masalah kedua kipas kadang berdengung dan berputar lambat serta jika diputar dengan tangan akan terasa berat. 2 Masalah diatas umumnya bisa diperbaiki dengan mudah dan murah.

1. Periksa Sambungan kabel listrik

Sebelum memvonis kerusakan yang parah ada baiknya kita melihat dahulu apakah kabel listrik kipas angin normal? ataukan ada bagian yang patah terkelupas? Jika anda memiliki multitester sebaiknya gunakan multitester atau minimal obeng tespen agar tidak meraba-raba dan resiko tersetrum serta salah diagnosa kerusakan.

Perbaiki Kipas Angin Berputar pelan atau mati total
Perbaiki Kipas Angin Berputar pelan atau mati total (dokpri)

2. Kipas Berputar Pelan Diputar tangan ringan.

Umumnya masalah kipas angin yang berputar lambat diakibatkan oleh kerusakan Transistor kipas angin. Kebanyakan transistor pada kipas angin berbentuk kotak dengan 2 soket saja. Seperti dinamo kumparan umum lainya, untuk mengerakan kipas angin agar cepat diperlukan transistor. Bentuk dan ukuran transistor pada kipas angin dan pompa air berbeda. Untuk dinamo kipas angin memiliki ukuran lebih kecil dan kebanyakan berbentuk kotak saja. Kita bisa menganti transistor untuk Perbaiki Kipas Angin Berputar pelan atau mati total dengan harga transistor kipas sekitar Rp 10.000 sampai Rp25.000 tergantung jenis dan ukuranya.



3. Perbaiki Kipas Angin Berat saat diputar dengan tangan dan Listrik.

Jika daun kipas terasa berat saat diputar secara manual ataupun terkadang hanya berdengung saja. Maka kemungkinan besar kerusakan ada pada bosh atau bearing kipas. Gejala terkadang juga seperti pada awal akan berputar kencang, namun lama kelamaan semakin melambat dan melambat kemudian macet dan berdengung. Bearing Bosh kipas terletak di bagian depan dan belakang penutup kipas angin. Jika kipas terasa berat saat diputar dengan tangan namun masih mau menyala saat dicolokan ke listrik maka anda bisa mencoba menganti 2 buah bearing kipas angin ini.

Cara perbaiki Kipas angin berputar pelan shopee
Cara perbaiki Kipas angin berputar pelan bearing/ bosh kipas (shopee)

4. Kipas tidak mau berputar sama sekali dan lengket berbau gosong.

Jika kipas angin lengket mengeluarkan bau gosong, maka besar kemungkinan spool lilitan pada dinamo mengalami masalah seperti terbakar atau konslet. Untuk pengantian anda pelu menganti satu set mesin kipas angin atau dinamo yang sesuai. Namun harganya tentu tidak semurah menganti transistor ataupun bearing kipas angin.

5. Periksa bagian saklar Kipas angin.

Pada beberapa kipas angin sudah dilengkapai dengan saklar lebih dari satu sebagai pengatur kecepatan, terkadang juga ditemukan adanya kerusakan pada bagian saklar yang “mengantung” atau tidak tertempel langsung. Coba lakukan pengujian dengan melangsungkan aliran listrik tanpa saklar atau uji dengan alat multimeter. Umumnya kendala pada sklar akan mengakibatkan kipas angin mati total saja.

6. Sekring otomatis putus.

Untuk kipas angin dengan model tertentu sudah dilengkapi dengan fuse sekring otomatis yang akan memutus aliran listrik jika suhu pada kumparan dinamo terlalu panas guna menghindari kerusakan pada lilitan. Periksa bagian pengaman ini dan ukur atau coba jummper untuk pengujian. Jika fuse otomatis rusak sebaiknya diganti dengan yang baru, jangan mengunakan kipas angin yang memiliki fuse dari pabrik dengan kawat, hal ini berbahaya dan bisa mengakibatkan masalah serius nantinya..
baca juga:
Cara Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh
Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati Macet beserta foto
Memperbaiki You Need the Official WhatsApp to Use This Account

Kesimpulan Cara Perbaiki Kipas Angin Berputar pelan atau mati total.

Beberapa cara diatas bisa dicoba jika anda setidaknya memiliki beberapa peralatan pendukung dan kemampuan dasar elektronik, jika anda ragu untuk mencoba Perbaiki Kipas Angin Berputar pelan atau mati total dan tidak memiliki pengalaman elektronik sama sekali sebaiknya membawa kipas angin rusak tersebut ke tempat service agar di perbaiki lebih lanjut.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + five =