Bagaimana Cara membedakan Berita baik berita Benar dan berita palsu??

Bagaimana Cara membedakan Berita baik berita Benar dan berita palsu??

Di era modern digital seperti sekarang, sangat mudah mencari informasi tentang banyak hal karena pertukaran informasi juga berjalan cepat, Sehingga dirasa perlu untuk kita semua belajar Cara membedakan Berita baik berita Benar dan berita palsu di tahun 2023 . Apalagi tahun 2024 akan diadakan pemilihan Presiden, dan wakil rakyat. Mengingat kembali peristiwa tahun 2019 yang begitu banyak berita-berita menyesatkan dimana-mana, bahkan cenderung mengadu-domba sesama warna negara. Maka dirasa perlu bagi kita semua untuk belajar  Cara membedakan Berita baik berita Benar dan berita palsu. Karena di salah satu artikel beberapa waktu lalu Kemenkominfo menyebutkan bahwa ada sekitar 800.000 situs di Indonesia yang telah terindikasi sebagai penyebar informasi palsu
artikelnya ada di https://www.kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di%20indonesia/0/sorotan_media

Bagaimana Cara membedakan Berita baik berita Benar dan berita palsu??
Bagaimana Cara membedakan Berita baik berita Benar dan berita palsu??

Kenapa dibagi menjadi 3 ? Karena terkadang ada berita yang tidak baik, dalam hal ini kejadian atau peristiwa ada, namun penyampaian tidak lengkap, atau tidak berimbang sesuai alur ceritanya seperti video-video yang kadang dipotong dibeberapa detik sehingga mengakibatkan artinta sudah tidak sesuai dengan keseluruhan isi video.
baca juga:
Beli Gas 3KG wajib mengunakan KTP?? Ini Penjelasan Pertamina

Cara Melaporkan Pajak Pribadi Dengan SPT secara Online 2023
Cara merubah NIK KTP menjadi NPWP Pribadi secara online
Cara Melihat Penerima BLT dan jumlah Anggaran Dana Desa tahun 2022

Ada juga berita yang palsu atau antara judul / thumbail tidak sesuai dengan isi atau bahkan berita itu adalah hoaxs alias tulisan peristiwa yang tidak pernah ada, atau sebuah berita yang menceritakan sebuah peristiwa yang tidak pernah ada. Inilah yang disebut berita palsu.
yang ketiga berita yang benar, setidaknya berita benar ini memuat informasi secara benar baik dari judul, runtutan peristiwa dan penyajian sehingga memiliki proporsi yang adil dan tidak mengiring opini secara mutlak.

Hal yang sebaiknya kita lakukan untuk membedakan Berita baik berita Benar dan berita palsu adalah,
Mulailah berhenti membaca, ketika fikiran kita terbawa emosi atupun perasaan saat kita membaca berita tersebut, iyaaa….. berhentilah menbaca sejenak barang 30-60 Detik. Hal ini cukup bermanfaat untuk menghentikan kita terbawa perasaan ataupun emosi ketika membaca sebuah berita. Karena perasaan kita akan ikut mempengaruhi penilaian kita tentang apa yang kita baca dan pelajari.



Coba cari referensi tentang berita yang kita baca, cara paling mudah silahkan ketik judul berita di google, maka kita akan menemukan referensi terkait hal ini. Cari berapa banyak berita yang ada terkait topik yang kita ingin tahu, pelajari dan telaah berita yang ada-satu persatu. Pastikan sumber yang kita baca dalah sumber media yang terpercaya atau valid, bukan dari postingan-postingan media sosial antah berantah atau website-website yang tidak jelas ujung rimbanya.

Jika referensi tentang apa yang kita cari tidak ada, atau sangat minim atau bahkan banyak sumber mengatakan hal yang berbeda dari apa yang kita baca pertama kali, maka mulailah waspada terhadap berita yang kita baca pertama kali. Karena bisa jadi berita pertama yang kita baca tidak selayalknya kita percaya begitu saja. 
Cukup mudah bukan Cara membedakan Berita baik berita Benar dan berita palsu?



Jika kita menerima tautan lewat Whatsapp ataupun media sosial, jangan   langsung menghakimi dan meyakini yang pertama kali kita baca adalah yang paling benar, apalagi kemudia membagikan ke mana-mana. Karena hal itu belum tentu 100% benar dan akurat. Maka cara paling bijak adalah mencoba Cara membedakan Berita baik berita Benar dan berita palsu 2023, salah satunya yang admin kotanopan tulis di artikel ini.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + seventeen =