Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode Android

Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode

Kotanopan.com. Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode dengan ditandai muncul gambar robot hijau membuat banyak orang merasa bingung. Pada dasarnya Recovery mode adalah salah satu fitur yang ada pada perangkat smartphone Android. Recovery Mode Atau mode pemulihan ini dirancang untuk membantu pengguna dalam memperbaiki masalah perangkat dan mengembalikan Handphone ke setelan pabrik jika menemui maslah, seperti lupa pola PIN dan handphone android yang berat.

Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode
Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode

Namun  terkadang Recovery Mode mucul ketiha kita hendak menghidupkan handphone. Atau muncul tanpa sengaja dan kita kesulitan keluar dari mode pemulihan ini. Mari kita membahas Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode yang pertama coba pencet menu “reboot to system” atau pilihan “restart” agar handphone memulai system. Namun jika masih tidak bisa silahkan simak beberapa cara yang bsia dicoba dibawah.

1. Tombol Kombinasi Power Home Rusak:

Untuk sebagian besar perangkat android, Tombol kombinasi digunakan untuk masuk ke recovery mode dengan menekan tombol tertentu secara bersamaan . Seringkali Tombol Kombinasi Rusak akan menyebabkan ketika handphone hidup langsung amsuk ke mode pemulihan. cara memperbaikinya adalaj, pastikan tombol volume + dan Volume – dalam kondisi baik dan tidak macet atau tertekan saat dihidupkan.
baca juga:
Cara Menghapus Iklan Di HP Android Tanpa Aplikasi
Cara Mengunakan OTG Pada Handphone Android Berbagai merek
Cara Menghindari Penyadapan Handphone Android paling baik 2023

2. Kerusakan Pada Perangkat Lunak:

Ketika sistem operasi pada perangkat android Anda mengalami masalah kegagalan atau crash, maka bisa secara otomatis perangkat akan dialihkan ke recovery mode untuk memperbaiki system operasi yang rusak atau macet. Untuk memperbaikinya lakukan hard reset atau Factory reset.

3. Flash atau Pembaruan Perangkat:

Ketika handphone mendapatkan pembaruan update perangkat lunak yang baru, ada kemungkinan perangkat akan memasuki recovery mode untuk melakukan update system terbaru, maka coba tunggu sekitar 30-60 menit agar handphone menyelesaikan proses update yang baru.



4. Kerusakan Hardware Perangkat keras:

Masalah hardware Seperti EMMC pada perangkat android juga dapat mengakibatkan perangkat masuk ke recovery mode, karena sistem operasi tidak bisa dibuka dengan normal. untuk kerusakan Hardware maka dipelukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kendala ini. Agar bisa dilakukan perbaikan yang semestinya. Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode karena kerusakan EMMC umunya akan memerlukan keahlian dan peralatan khusus sehingga sebaiknya anda bawa ke teknisi berpengalaman.

Kesimpulan Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode Android:

Beberapa Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode diatas adalah hal yang umum terjadi pada handphone android. Jika anda memiliki kemampuan dan peralatan yang mencukupi tidak ada salahnya dicoba. namun jika peralatan terbatas sebaiknya bawa saja ke teknisi berpengalama. Apalagi jika nantinya diperlukan pengantian sparepart khusus. Agar tidak terjadi kesalahan penanganan dan memperburuk keadaan handphone.

Author: Mr. wics

1 thought on “Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode Android

  1. Memang bikin waswas sh kalau dh muncul recovery kayak gitu, kdang ditungguin malah lama banget selesainya. Kdang ngulang dari 0%. Di hp lama peenah ngalamin kayak gini tapi didiemin aja karna ga tau cara atasinya hihu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =