Tata cara Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS RBA

Sekitar minggu kemarin admin kotanopan.com melakukan pengurusan NIB / nomor Induk berusaha Melalui system online di OSS RBA dengan web perizinan.oss.go.id/. Karena jenis usaha hanyalah UKM maka syaratnya yang diperlukan tidaklah rumit, hanya cukup NIK dan data pemilik atau penangung jawab perusahaan saja, terutama NPWP harus punya, meskipun masuk kategori tidak kena pajak. Jika ada teman-teman yang kesulitan mengurus NIB silahkan hubungi admin kotanopan, agar bisa saya bantu tentang cara mengurus NIB pada OSS orba 2022

Untuk proses pembuatan Nomor induk berusaha sendiri melalui web OSS RBA tidak dipungut biaya alias gratis, dimana kita hanya perlu menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan tergantung kebutuhan dan jenis usaha, baik itu UKM, CV ataupun PT. yang mana tentunya jenis usaha berbeda sehingga dokument persyaratan juga berbeda mengingat skala udaha juga berbeda.
Baca juga :Toilet di SPBU Pertamina harusnya gratis atau bayar seh??

Sedikit tambahan informasi sistem OSS berbasis risiko bertujuan untuk meningkatkan transparansi, keterbukaan, dan keterjaminan dalam mendapatkan izin berusaha bagi para pelaku usaha di Indonesia. Sehingga menghindari biaya-biaya “siluman, pungli dan anggaran tidak tercatat” lainya. Hal ini sangat bermanfaat untuk kita para pelaku usaha muda yang ingin membuat sebuah usaha UKM akan tetapi jauh dari akses perizinan, atau tinggal di daerah yang jauh dari pusat pemerintahan., Tentu saja dengan melalui OSS-RBA proses penerbitan izin untuk usaha Kecil menengah menjadi lebih mudah transparan dan gratis.


Kendala dalam mengurus Nomor Induk Berusaha Perorangan (NIB) pada dasarnya di awal proses tidak ada, kita hanya cukup mengisi data penangung jawab, alamat usaha jenis usaha dan deklarasi mandiri, Umumnya akan banyak orang yang merasa bingung dengan jenis KBLI atau Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. KBLI sendiri adalah pengklasifikasian aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia yang menghasilkan produk/output, ……..
Lantas bagaimana cara memilih KBLI yang sesuai untuk membuat NIB pada OSS? sangat mudah, sesuaikan saja dengan jenis usaha anda, entah itu produksi, penjualan, jasa ataupun lainya.
baca juga:Solusi Wifi tidak aktif setelah Upgrade Instal Windows 10

Tata cara Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS RBA
Tata cara Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS RBA

 

Lantas berapa lama Nomor Induk berusaha Atau NIB keluar saat kita mendaftar OSS? untuk beberapa usaha kecil, umunya satu hari selesai, akan tetapi ada beberapa usaha yang mengharuskan syarat tambahan ya. Admin kotanopan.com kemarin sempat melakukan 6 x perubahan Pada NIB, karena menambah usaha baru dengan NIB yang sama. meskipun selesai juga dalam waktu 1 hari juga. Untuk anda yang kesulitan membuat Nomor Induk Berusaha atau NIB, silahkan tingalkan koment, agar bisa sharing-sharing dimana masalah dan kendala yang di hadapi.

 

 

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + eleven =