Toilet di SPBU Pertamina harusnya gratis atau bayar seh??

Beberapa hari ini muncul berita tentang TOILET di spbu pertamina yang di patok tarif dan dijaga petugas. Lantas sebenarnya toilet SPBU harusnya gratis atau berbayar?? sebagai informasi admin kotanopan.com akan berbagai sedikit informasi tentang hal ini, dimana sampel yang saya ceritakan adalah type SPBU Dealer Own Dealer Operate (DODO), artinya dimiliki dan dikelola oleh swasta, dengan kode X4.

Setahu saya toilet adalah bagian dari pelayanan dan fasilitas SPBU, dimana tidak seharusnya dipasang tarif / biaya apalagi dijaga petugas. Tidak bisa di pungkiri di beberapa SPBU memang ada sejenis kotak yang diletakan didepan Toilet, namun umumnya bersifat sukarela mau di isi terserah, tidak juga terserah. Dimana umumnya isi dari kotak itu digunakan untuk keperluan toilet, seperti sabun, pembersih lantai, pewangi, pel dan sikat serta kebutuhan lainya,  jika ada lebih dimasukan ke kotak infak, jika kurang maka SPBU menambahi berapa kurangnya.
Baca juga :Berapa Keuntungan SPBU Pertamina dalam satu bulan?

Bahkan ada beberapa SPBU yang menyediakan angin dan air radiator gratis untuk pengunjung, sebagai tambahan informasi keuntungan penjualan BBM di SPBU juga bervariasi, sekitar Rp 2.00-Rp400,- / liter tergantung tipe BBM, jika non subsidi maka keuntungan lebih banyak. APalagi untuk type SPBU pasti PAS, margin memiliki selisih lebih, dan tentu saja dibarengi pengelolaan dan disiplin yang lebih dan pihak SPBU.

gambar ilustrasi sumber tribunews

 

Jangan mengira bahwa keuntungan 200-400 rupiah perliter itu bersih ya, karena pihak SPBU juga membayar pajak BBM, membayar karyawan, BPJS, listrik dan biaya lainya diambil dari keuntungan 200-400rupiah perliter itu. Untuk biaya Karyawan SPBU dengan 3 Pompa saja bisa sekitar 20-30 juta perbulan, belum lagi biaya listrik, air,dll…..  Meskipun demikian, tidak sepatutnya Toilet di SPBU harus di patok tarif, karena itu adalah bagian dari pelayanan SPBU untuk pengunjung.



Kenapa saya katakan pengunjung, dan bukan konsumen?? karena tidak bisa dipungkiri tidak selamanya yang datang ke SPBU pasti menjadi konsumen ataupun membeli BBM. Bisa saja saat pengunjung datang stok bbm kosong, shingga hanya mampir ke toilet, taupun hanya sekedar istirahat karena lelah ataupun kemalaman di jalan, Akan tetapi apapun itu tetap mereka adalah pengunjung yang harus di jaga kenyamanan dan keamananya. Sehingga tidak selayaknya ada tarif Di SPBU pertamina, meskipun statusnya Dealer Own Dealer Operate (DODO).

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Toilet di SPBU Pertamina harusnya gratis atau bayar seh??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × five =