Solusi Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh

Solusi cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh matikan mode diam

Kotanopan.com. Solusi cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh. Penggunaan yang berlebihan pada perangkat telepon genggam handphone atau HP, seperti mendengarkan musik dengan volume tinggi maksimal atau menonton film terlalu lama, seringkali dapat mengakibatkan kerusakan pada speaker ponsel.

Namun, tidak selalu masalah HP Tidak Ada Suara disebabkan oleh kerusakan pada speaker. Ada kemungkinan bahwa hal tersebut disebabkan oleh pengaturan volume yang terlupakan atau adanya pengaktifan mode Do Not Disturb/ jangan ganggu. Kotanopan.com, Website Update informasi teknologi terbaru dan akurat akan membahas hal tersebut kali ini.

Oleh karena itu, apabila HP Anda tiba-tiba kehilangan suara atau tidak mengeluarkan suara sama sekali, ada beberapa cara yang dapat dicoba, sebagai Solusi cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh

Penyebab HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh, bisa bermacam-macam. Misalnya masalah pengaturan perangkat. Contohnya, Anda mengaktifkan mode khusus / Diam / silent  yang membuat HP menjadi diam. Selain itu, Kendala suara pada suara HP meskipun volumenya maksimum juga bisa disebabkan oleh gangguan pada sistem perangkat lunak atau BUG. Gangguan semacam ini dapat mengganggu kinerja HP secara kompleks, termasuk kemungkinan menyebabkan kerusakan pada jalur audio speaker.

1. Periksa Level Volume

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara pertama adalah, memeriksa pengaturan Level volume pada ponsel Anda. Apakah volume tidak dalam mode senyap atau terlalu rendah?. Pastikan volume telah diatur pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pencet tahan tombol Volume + (atas) kemudian tahan 3-5 detik. Atau anda bisa pencet tombol volume beberapa kali untuk memastikan apakah ada respon dari handphone.

Solusi cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh
Solusi cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh

Pastikan untuk memeriksa pengaturan nada dering atau mode “Diam” (Do Not Disturb) pada ponsel Anda. Pastikan bahwa mode “Diam” tidak sedang aktif. Beberapa ponsel memiliki opsi mode “Diam” yang dapat mematikan suara atau getaran sepenuhnya.

2. Periksa Pengaturan Nada Dering

Lakukan pemeriksaan pengaturan Jenis nada jenis dering atau mode “Diam” (Do Not Disturb), Getar saja pada ponsel Anda. dan Pastikan bahwa mode “Diam”  gambar lonceng tidak sedang aktif. Beberapa ponsel memiliki opsi mode “Diam” yang dapat mematikan suara atau getaran sepenuhnya, sehingga ponsel tidak akan mengeluarkan suara.




3. Matikan Mode “jangan gangu”

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh berikutnya adalah dengan mematikan mode Jangan Ganggu . Mode ini dapat membuat HP tidak mengeluarkan suara atau notifikasi. Dengan begitu, meskipun volume sudah berada pada level maksimal, pengguna tidak akan mendengar suara dari speaker saat ada notifikasi baru masuk. Oleh karena itu anda perlu mematikan mode Jangan Ganggu pada HP Anda, untuk mendengarkan suara yang masuk.

Baca juga:
Penyebab Raspberry Pi tidak Menyala Dan Cara memperbaikinya
Perbaiki Kamera Handphone Tidak Dapat Terhubung dan digunakan
Cara Memperbaiki Aplikasi Android yang Tidak Berfungsi Normal

Solusi cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh matikan mode diam
Solusi cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh matikan mode diam

4. Aktifkan Volume Aplikasi.

Pastikan volume media di aplikasi telah diaktifkan, serta diberikan izin mengunakan speakar / Mikrofon. Ketika memutar media di aplikasi seperti youtube, ataupun Whatsapp dan speaker HP tidak mengeluarkan suara, Sebaiknya anda memeriksa apakah volume di aplikasi tersebut sudah diaktifkan. Contohnya, saat menonton video di aplikasi YouTube, pastikan untuk memeriksa opsi volume suara di dalam aplikasi youtube tersebut.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Error TouchWiz Depan Terhenti Pada Samsung

5. Periksa headphone atau earphone

Jika anda mengunakan perangkat tambahan, Periksa headphone atau earphone yang Anda gunakan. Pastikan tidak ada masalah dengan perangkat tersebut, terutama untuk tipe headphone tanpa kabel. Cobalah untuk memutuskan dan memasang kembali headphone atau earphone Anda untuk memastikan tidak ada koneksi yang lemah atau masalah lainnya.




6. Restart Perangkat

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh berikutnya, adalah dengan melakukan restart perangkat. Melakukan restart bisa membantu menyegarkan serta memulai sistem HP yang mungkin mengalami gangguan. Hal ini bisa saja menyebabkan masalah pada cara kerja speaker. Untuk melakukan restart HP, tekan dan tahan tombol daya sampai perangkat dimatikan, lalu tunggu 2-3 menit. Setelah itu, tekan kembali tombol daya / Power untuk menghidupkan kembali HP Anda. lalu uji pernagkat anda.

7. Update sistem operasi

Cara verikutnya adalah dengan melakukan update atau pembaruan sistem operasinya (software). Pembaruan software biasanya membawa beberapa perbaikan, tidak terkecuali perbaikan untuk masalah pada speaker. Jika tersedia versi terbaru dari software atau sistem operasi dari pabrikan, Anda dapat melakukan update untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Proses update software dapat dilakukan melalui menu pengaturan pembaruan perangkat lunak di HP Anda. Pastikan anda memiliki baterai diatas 50% dan kuota internet yang mencukupi sebelum melakukan Update sistem operasi.

8. Gunakan Aplikasi Test.

Jika beberapa cara diatas sudah dilakukan, tidak ada salahnya anda Periksa speaker dan volume dengan aplikasi Pemeriksaan Speaker yang bisa mengeluarkan frekuensi suara berbeda yang membantu Anda memeriksa suara speaker ponsel Anda. Aplikasi ini gratis dan bisa anda download di Speaker Check: Sound Problems Play store terntunya.

Kesimpulan Solusi Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Cukup mudah bukan Solusi Mengatasi HP Tidak Ada Suara Padahal Volume Penuh?? Dengan mencoba beberapa cara di atas, Anda tak perlu langsung panik ketika mengalami masalah HP tidak mengeluarkan suara padahal volumenya sudah penuh. Dengan langkah-langkah sederhana tersebut, Anda dapat mencari tahu dan mengatasi masalah dengan lebih tenang dan efektif. Jadi, jika terjadi masalah seperti itu, cobalah solusi-solusi tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

Baca Juga:  Tips Memilih Hardisk Eksternal Terbaik Menurut Saya

Jangan membongkar perangkat anda tanpa peralatan dan pengetahuan yang cukup, karena akan membuat Handphone menjadi lebih rusak lagi nantinya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − fifteen =