Cara Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh

Icom v88 TX transmiter tidak bisa jauh

Kotanopan.com. Cara Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh. Handy Talkie Sebagai alat komunikasi Masih memiliki cukup banyak pengemar hingga saat ini. Terutama untuk kegiatan-kegiatan yang memerlukan komunikasi dan tidak tergantung dengan penyedia jaringan. Umumnya jarak pancar HT gengam sekitar 5 Km kurang lebih atau ada yang hingga 10 Km bahkan. Jika anda menemukan kendala jarak pancar handy talkie yang tiba-tiba hanya beberapa puluh meter, silahkan simak artikel Cara Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh yang kotanopan tulis. Pada kasus ini akan kita bahas mengunakan salah satu contoh Handy Talkie Icom yang bermasalah dengan daya pancar tiba-tiba pendek atau tidak bisa mengirim sinyal jarak jauh.

1. Transmiter Tidak Jauh Ganti antena Handy Talike Dengan Type lain

Jika antena mengalami kendala maka jarak pancar Handy talkie TX Transmiter akan tiba-tiba menurun. Bahkan hal ini akan memicu kerusakan lainya, karena daya yang keluar dari mesin tidak tersalurkan ke antena. Apakah semakin tinggi antena juga akan membuat daya pancar semakin baik? secara teori “iya” namun tetap memiliki batasan. Karena setiap handy Talkie memiliki daya pancar “watt” yang berbeda. Jika watt kecil diberikan antena panjang outdoor tentu tidak akan semaksimal RIG HT bukan?

Cara Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh
Cara Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh

2. Periksa tegangan baterai pada HT dengan Multimeter.

Kemampuan baterai semakin lama akan semakin menurun. Jika tegangan baterai kecil maka output juga akan semakin kecil. Coba gunakan baterai lain, atau adaptopr dengan Nilai Volt yang sama. Umumnya HT mengunakan tegangan 7,4 sampai 8 Volt untuk pengoperasional normal, jangan gunakan tegangan melebihi spesifikasi tertulis pada baterai bawaan handy Talkie anda.




3.  Ubah pengaturan Transmiter ke High TX.

Pada beberapa Handy Talkie tersedia pengaturan pancaran mode “low” rendah dan mode “high” tinggi. masuk saja ke menu pengaturan dan cari menu “TX Power” lalu rubah ke “high”. Kemudian matikan lalu hidupkan kembali dan lakukan uji transmiter hal sederhana ini terkadang menjadi Solusi Cara Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh. Karena salah pengaturan pada mode TX transmiter.

4. Masalah Pada Soket konektor antena Bawaan.

Perhatikan bagian soket antena Handy Talkie, apakah ada bagian yang bergoyang? berkarat atau patah mungkin? Jika kotor berkarat sebaiknya bersihkan dengan perlahan mengunakan kertas pasir halus. Jika konektor ambles kedalam, maka perlu dibuka agar bisa dilakukan solder ulang pada bagian konektor. Umumnya jarum konektor bisa  lepas jika pemasangan antena kurnag tepat atau sering ganti-ganti antena. Cara Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh karena masalah konektor memerlukan penanganan khusus, apalagi jika bagian konektor ada yang hilang. Sebaiknya bawa ke tukang service saja.



5. Sambung Ulang Jalur TX out Pada PCB.

Jika memungkinkan bongkar Handy talkie lalu cek jalur PCB terutama pada IC output, Permasalahan jangkauan handy Talkie yang rendah bisa juga karena Jalur output mengalami putus atau Maka uji setiap jalur dan perhatikan Transistor tegangan dengan Multimeter. Jika tegangan jalur terlalu rendah atau korosi lakukan saja sambung dengan Timah ulang.

6. IC Power out TX Pada HT rusak Konslet atau Lemah.

Untuk kendala IC Transmiter Rusak adalah hal yang jarang terjadi, namun tidak ada salahnya dilakukan pengujian pada agar proses Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh tidak tangung. bagaimana cara melihat apakah IC rusak atau normal? maka kita perlu mempelajari jenis IC fungsi kaki dan jalur inputnya. Meskipun seandainya kita ketahui bahkan IC Power transmiter rusak, tetap saja kita akan kesulitan mencarinya sehingga perlu langsung pesan dari luar negeri ya.

Baca juga:
Cara Menyambungkan Handy Talkie Baofeng Dengan Komputer.
HT Baofeng UV5R VS Baofeng UV-82 Review Berdasarkan Pengunaan
Perbedaan Baofeng BF888S Dual Band UHF VHF dan Single Band UHF

Kesimpulan Perbaiki Handy Talkie Transmiter Tidak Jauh

Jika cara-cara diatas tidak bisa menyelesaikan masalah anda, sebaiknya bawa ke tukang service agar dilakukan pengujian lebih dalam. Beberapa cara diatas mungkin memerlukan kemampuan dan peralatan khusus jika anda tidak yakin untuk melakukanya sebaiknya jangan dicoba. Utamakan keselamatan dan keamanan ya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 8 =