Solusi Kuota BBM subsidi Habis padahal belum dipakai ??

Sejak Pertamina melakukan pembatasan Kuota BBM, beberapa kendala mulai muncul dan yang menurut admin kotanopan adalah, Kuota BBM Subsidi kendaraan habis, padahal belum dipakai, atau baru dipakai sedikit. Hal ini pernah hingga viral beberapa waktu lalu, bahkan bisa jadi hal ini juga terjadi pada penguna kendaraan-kendaraan lain namun tidak viral.

Lantas bagaimana solusi jika Kuota BBM Subsidi kendaraan habis, padahal belum dipakai, atau baru dipakai sebagian?

Solusi Kuota BBM subsidi Habis padahal belum dipakai (kompas.com)

Pertama Coba masukan Plat nomor di Mesin EDC milik SPBU apakah benar kuota BBM bersubsidi sudah habis? jika memang benar maka coba foto tampilan di layar EDC.
Cara mengambil gambar atau foto yang aman di SPBU adalah.
1. Jangan mengunakan lampu Flash saat mengambil foto.
2. Usahakan sejauh mungkin dari Mesin Pengisian BBM (sekitar 15-25 meter). saat mengambil foto jika mengunakan lampu Flash.
3. Ambil foto / gambar dengan jelas.




Yang kedua, buat pernyataan agar ditandatangani pihak SPBU / operator atau minta surat berita acara dari Pihak SPBU bahwa memang pada tanggal hari jam / waktu tersebut kita berniat mengisi BBm di SPBU tersebut namun kuota sudah habis, atau kuota kurang padahal tidak pernah kita pakai, Contoh surat seperti ini.
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama (Penguna kendaraan)  : Anabela
Alamat (Penguna kendaraan)  : Jl, kebon..
Nik (Penguna kendaraan)       : 123456789123456
No HP (penguna kendaraan) ; 081818181818181

Bahwa benar saya (30/02/2023) jam (12.00 WIB), telah datang ke SPBU (123456522), Membawa kendaraan dengan Plat nomor (DC0000DC)  Namun Kuota BBM subsidi saya hanya tersisa (tulis ket sesuai EDC SPBU, atau tulis 0 liter Jika habis). Sedangkan hari ini saya belum pernah membawa kendaraan saya dengan plat nomor (DC0000DC)  untuk di lakukan pengisian BBM subsidi ke SPBU manapun. Mohon kepada pihak Pertamina untuk menindaklanjuti pernyataan saya yang juga sebagai laporan atas kendala yang saya temui dilapangan pada hari ini.

 

Saksi :                                                                                            Negara api 30/02/2023
Operator SPBU(123456522)                                                     yang membuat pernyataan

 

                                                                                                                    Tanda tangan
                                                                                                                         Anabela

 

                         Mengetahui
                Pengawas / manager SPBU 123456522

 

                     Stempel + tanda tangan
                       nama jelas

Surat diatas hanya contohya, silahkan diperbaiki sesuai kebutuhan
Jika sudah, jangan lupa surat Dikirim langsung ke pihak pertamina,  Jika perlu dibuat tembusan ke BPK dan BPH migas ya. Atau jika memang dirasa ribet, bisa koordinasi ke admin Kotanopan, nanti admin bantu arahkan ke Pihak-pihak terkait agar dibantu nantinya.




Cara diatas bisa dipakai jika kita menghadapi masalah Kuota BBM subsidi Habis  atau berkurang padahal belum dipakai, agar kedepanya bisa menjadi sebuah edukasi untuk kita semua, baik konsumen ataupun pengelola SPBU dan pertamina itu sendiri, dimana Hak konsumen juga harus tetap di lindungi sesuai dengan aturan-aturan yang ada di Indonesia.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + twenty =