Perbedaan Modem Dan Router Secara Fungsi Dan Kegunaanya

Perbedaan Modem Dan Router Secara Fungsi Dan Kegunaanya

Kotanopan.com. Tidak bisa dipungkiri hingga saat ini masih yang banyak belum tahu mengenai perbedaan modem dan router secara fungsi dan kegunaannya. Banyak orang mengira router adalah modem atau modem sendiri adalah router, padahal keduanya jelas berbeda namun bisa saling melengkapi.

Secara garis besar perbedaan modem dan router bisa dilihat dari segi fungsi kegunaan serta fitur-fitur yang mereka miliki.

Meskipun terkadang kita secara tidak sadar menggunakan modem dan router secara bersamaan, namun masih banyak orang yang belum menyadari bahwa kedua perangkat itu adalah berbeda. Bahkan faktanya mereka memiliki fungsi yang sangat berbeda juga. Jika anda adalah termasuk orang yang masih bingung membedakan mana router dan mana modem tenang anda tidak sendiri. Mari kita mempelajarinya bersama-sama agar lebih jelas.

Perbedaan Modem Dan Router Secara Fungsi Dan Kegunaanya
Perbedaan Modem Dan Router Secara Fungsi Dan Kegunaanya

Perbedaan utama antara modem dan router adalah fungsinya saat Anda terhubung ke internet,  modem sendiri berfungsi untuk menghubungkan perangkat kita atau handphone kita ke laptop kita ke jaringan internet. Secara garis besar bisa dikatakan bahwa setiap perangkat kita yang terhubung ke internet memerlukan modem,  banyak yang masih belum menyadari bahwa sesungguhnya di dalam perangkat handphone kita terdapat sebuah modem kecil yang berguna untuk menghubungkan perangkat ke internet.




Sedangkan fungsi Router sendiri adalah sebagai pengelola daripada jaringan yang didapat dari modem, Atau bisa dikatakan router berguna untuk membentuk jaringan sekaligus mengelola data serta perangkat yang terhubung ke modem, router akan memberikan alamat-alamat IP address tertentu untuk setiap perangkat yang berbeda. Hal ini menjadikan  perangkat satu dan yang lainnya yang terhubung ke modem yang sama tidak akan bertabrakan ataupun saling mengganggu satu sama lain.

Baca juga:
Cara Mengatasi Jaringan Wifi Lambat dan Sinyal lemah
Cara Memperbaiki Jaringan E Ke 4G Handphone Android
Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang tidak Stabil

Saat ini sudah banyak modem dan router yang memang sengaja dibuat dalam satu alat yang sama,  Jika kita adalah pelanggan internet kabel fiber optik misalnya maka kita akan mendapat satu buah modem beserta router Dalam satu bentuk alat, Hal ini membuat banyak orang awam semakin bingung mencari Perbedaan Modem Dan Router Secara fungsi dan bentuknya. Atau beberapa produk seperti Telkomsel Orbit Star N1 Modem Wifi 4G High Speed dengan harga tidak sampai Rp 600.000,-

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah dan efektif

Secara penjelasan sederhana bisa dikatakan bahwasanya router ini menjaga lalu lintas data, dan membantu perangkat untuk terhubung ke modem, modem sendiri akan menghubungkan perangkat tersebut ke internet secara langsung. Perbedaan dari cara kerja modem dan router sendiri juga sangat berbeda, modem akan tetap bisa menghubungkan perangkat Anda ke internet meskipun tanpa adanya router. Contohnya USB Modem mode lama yang dulu sering dipakai, pada topologi usb modem yang terjadi adalah modem mengambil data dari penyedia layanan internet kemudian mengirimkan langsung ke laptop atau komputer melalui port USB. Hal ini membuat USB Modem tidak memerlukan router karena tidak melakukan pembagian jaringan ke perangkat lain.




Namun router tidak akan bisa membuat perangkat kita terhubung ke internet tanpa adanya modem, router mungkin bisa mengatur banyak sekali perangkat dalam satu jaringannya namun tidak akan bisa membuat perangkat Anda online dan melakukan pertukaran data di luar jaringan yang anda miliki.

Baca Juga:  Mengatasi Video Yandex Buffering Lambat Dan putus-putus

Dari uraian di atas sangat jelas perbedaan modem dan router secara fungsi dan kegunaannya. Saat ini sudah tersedia berbagai macam jenis modem router di pasaran dengan harga yang murah namun tentu saja dengan fungsi yang terbatas. Jika Anda berniat menghubungkan perangkat anda dengan  modem internet berkecepatan tinggi, saran admin adalah Anda harus menyiapkan sebuah router terpisah agar bisa mengimbangi kecepatan internet yang anda miliki.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 15 =