Cara masuk ke safe mode pada Windows 11 Jika komputer mati tidak mau menyala

Cara masuk ke safe mode pada Windows 11 Jika komputer mati tidak mau menyala (support.microsoft.com)

Kotanopan.com. Safe mode atau mode aman adalah  program bawaan Windows yang biasa digunakan untuk memperbaiki ketika Windows mengalami masalah atau crash atau error.  Pada Windows 11 safe mode sendiri juga masih ada dan tersedia hanya masih banyak orang yang terkadang masih bingung bagaimana Cara masuk ke safe mode pada Windows 11 Jika komputer mati tidak mau menyala , kali ini kita akan membahasnya bersama-sama.

 

Perlu diingat ketika Anda masuk ke safe mode komputer atau laptop anda hanya akan menjalankan beberapa program penting dan utama, namun data-data anda yang ada di dalamnya akan bisa diambil. Hal ini karena safe mode sendiri biasa digunakan untuk memperbaiki masalah yang ada pada laptop ataupun komputer, serta ketika perangkat anda gagal untuk dihidupkan.

Cara masuk safe mode ke setiap versi Windows memang berbeda dan tidak selalu sama, terutama pada lokasi menu itu sendiri. Lantas Bagaimana cara masuk safe mode windows 11?

 

Yang pertama dilakukan seperti biasa anda cukup menekan tombol Start atau windows jika komputer sudah bisa hidup normal.

Kemudian masuk ke menu setting biasanya ditandai dengan gambar roda gigi.

Cari menu recovery umumnya berada di bagian system,

Kemudian kita akan melihat sebuah menu Advance startup. Pilih restart now di sebelah kanannya.

Cara masuk ke safe mode pada Windows 11 Jika komputer mati tidak mau menyala (support.microsoft.com)
Cara masuk ke safe mode pada Windows 11 Jika komputer mati tidak mau menyala (support.microsoft.com)

Biarkan laptop restart sebentar.

Ketika laptop atau komputer sudah hidup kita akan diberi beberapa pilihan pada bagian choose and option.

Pilih troubleshoot – Pilih Advance option– kemudian start up setting–  Dan pilih restart .

Maka komputer atau laptop Akan menampilkan menu startup setting untuk masuk ke safe mode.

Cara masuk ke safe mode pada Windows 11 Jika komputer mati tidak mau menyala (support.microsoft.com)
Cara masuk ke safe mode pada Windows 11 Jika komputer mati tidak mau menyala (support.microsoft.com)

 

Bagaimana cara masuk ke safe mode pada Windows 11  jika komputer tidak bisa hidup? 

Tenang hal ini tetap masih bisa dilakukan, pertama anda hanya cukup mematikan laptop secara paksa dengan cara menekan dan menahan tombol power selama kurang lebih 15-20 detik hingga Laptop mati. Cara ini kotanopan kutip langsung dari Website Microsoft, beberapa waktu lalu.

Kemudian Anda hidupkan lagi laptop dan menekan tombol f8 berkali-kali untuk masuk ke safe mode.  Meskipun demikian banyak orang yang terkadang mengeluh tombol f8 tidak selalu membawa komputer kita ke safe mode  pada Windows 11 seperti yang diinginkan.




Pada dasarnya Ada dua cara untuk masuk ke safe mode windows 11 ketika komputer tidak bisa hidup dengan normal.  Jika cara f8 gagal,  kita bisa memaksa komputer atau laptop untuk mati dengan memencet tahan tombol power selama 15 sampai 20 detik hingga  perangkat mati, kemudian menghidupkan laptop dengan cara memencet tombol power lagi,  Kemudian memaksanya mati dengan menahan tombol power kembali. Cara ini bisa kita lakukan dua sampai empat kali hingga Windows memaksa kita untuk masuk ke safe mode.

Baca juga:
 Eset Antivirus Ringan Untuk Komputer Dan Handphone
Cara Menurunkan Suhu CPU Komputer Dan laptop yang Over Heat
Tips Memilih Monitor Komputer Game dan Layar Editor Video

Namun jika anda cukup familiar dengan cara menginstal Windows 11 dan memiliki sebuah flashdisk instalasi Windows cara ini sebenarnya jauh lebih aman daripada Anda memaksa Windows untuk mati sehingga membawa anda ke safe mode secara paksa.  Menggunakan USB install kemudian masuk ke menu repair your computer juga akan membuat kita masuk ke safe mode pada Windows 11,  dan cara ini tergolong lebih aman daripada Anda mematikan paksa komputer.

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + four =