Penyebab Layar Laptop Blank Putih Atau Hitam Saat Dinyalakan

Laptop sudah menjadi hal yang umumn dimasyarakat, apalagi semenjak adanya Work from home, dan sekolah dari rumah. Dan jika tiba-tiba layar laptop blank warna hitam atau putih saat dinyalakan, tentu kita panik, maka tidak ada salahnya kita coba menganalisa penyebab layar laptop blank warna hitam atau putih saat dinyalakan. Seperti pagi ini admin kotanopan kedatangan Laptop acer aspire dengan keluhan layar blank putih dan hitam saat dinyalakan, tanpa terlihat ada gambar ataupun tanda-tanda kehidupan, meskipun mesin menyala.

Penyebab layar laptop hitam atau putih blank secara garis besar bisa dibedakan menjadi 2 sumber masalah.
1. bisa dari segi perangkat keras / hardware, baik itu VGA card Onboard (nempel di PCB), ataupun kabel Layar,RAM atau bawan karena layar LCD itu sendiri yang rusak. Apakah rusaknya LCD pada laptop adalah masalah terberat ketika layar blank putih? Menurut admin kotanopan sama sekalu bukan. Masalah terberat jika layar blank putih atau hitam adalah ketika rusaknya VGA on board pada laptop.
Baca juga:Cara memperbaiki error The application was unable to start correctly (0xc0000005) Pada WIndows

Kenapa saya katakan masalah terberat adalah rusaknya VGA on board? karena ketika VGA on board (yang menempel di Motherboard) rusak, akan sangat sulit mengantinya, bahkan untuk melepasnya saja perlu alat yang lengkap + ketrampilan dan ketabahan, karena kesabaran saja tidak cukup untuk menganti VGA on Board pada laptop. Kita perlu ketabahan yang termasuk ketelatenan. Please saya bukan curhat hanya cerita pengalaman pribadi saya 😀




2 Masalah software pada laptop juga bisa menjadi Penyebab layar laptop blank hitam atau putih, yuup.. sangat bisa. Terutama jika driver laptop tidak lengkap, atau “gagal” update atau salah driver. Maka ketika menyala layar laptop akan blank, terutama warna putih polos, Atau hitam macet alias stuck.

Lantas bagaimana kita membedakan antara kerusakan software dan hardware pada kasus layar LCD laptop hanya berwarna putih saat dinyalakan? Baik mari kita analisa dengan cara sederhana ala kotanopan.com.
Tidak perlu anda bertanya apakah analisanya efektif atau tidak, karena ini hanyalah pengalaman admin kotanopan.com sahaja,,, 😀

Pertama coba nyalakan laptop seperti biasa dan perhatikan, apakah mesin seperti ada getaran tipis?
Jangan berpedoman pada kipas  laptop karena beberapa laptop mengunakan kipas otomatis yang tidak selalu menyala saat laptop hidup. Jika laptop memiliki getaran kemungkinan mesin masih menyala tunggu 3-4 menit apakah ada penampakan kedip pada laptop? kemudian gerakan kursor mouse ke sekeliling layar, sambil sekali-kali lakukan klik kanan pada mouse, jika masih ada tanda kursor mouse, maka kemungkinan kerusakan hanyalah pada perangkat lunak baik itu driver ataupun booting windows yang terlalu lama.
Baca juga :Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang

Solusi Layar Laptop Blank Putih Atau Hitam Saat Dinyalakan jika masalah adalah software, pertama saat laptop sudah meyala layar putih matikan paksa dengan pencet tombol power sekitar 10-20 detik sampai laptop mati. Lalu hidupkan laptop dengan safe mode, agar kita bisa melihat kembali isi laptop, Safe mode umumnya biasa digunakan untuk me-roll back perubahan pada laptop setelah instal driver ataupun update.

Apakah LCD laptop yang tidak pecah atau retak juga bisa rusak? tentu saja bisa terutama jika tertekan benda keras pada bagian atas LCD atau modul LCD rusak, seperti foto di bawah.

Modul LCD laptop rusak kotanopan.com,

Lantas bagaimana jika pada kondisi layar laptop putih namun tidak ada gerakan mouse di layar laptop? maka kemungkinan kesalahan ada pada hardware atau perangkat keras, bisa layar, ataupun kabel atau VGA on Board. Untuk memastikan coba redupkan dan terangkan layar dengan tombol keyboard, apakah layar masih memiliki respon? jika masih ada respond maka LCD atau kabel LCD rusak.

Untuk memastikan apakah LCD rusak, coba gunakan layar eksternal baik itu layar komputer ataupun layar TV dengan kabel HDMI ataupun kabel VGA. Jika tampilan muncul di layar eksternal, maka dipastikan LCD ataupun kabel LCD rusak. Tambahan jika laptop memiliki garis-garis keatas ataupun kebawah dan berkedip-kedip, maka 80% masalah adalah pada soket LCD/ rusak LCD< solusinya harus diperiksa, dan dilakukan perbaikan ataupun pengantian.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =