Bahaya Dan resiko Instal Aplikasi Android dari Luar Playstore

kotanopan.com Bahaya Dan resiko Instal Aplikasi Android dari Luar Playstore ini admin tulis setelah sebelumnya kami mendapat Handphone Android yang konon kata pemilik banyak virusnya, bahkan batre cepat habis,. tidak dipakai HP bisa panas sendiri. Yuup dan setelah admin cek banyak sekali aplikasi yang tidak di Instal dari sumber resmi yaitu Playstore, dan mari kita bahas beberapa resiko atau masalah yang ada pada HP Android ini.

Bahaya Dan resiko Instal Aplikasi Android dari Luar Playstore
Bahaya Dan resiko Instal Aplikasi Android dari Luar Playstore

Aplikasi tidak seperti yang Di inginkan.
Hal ini kerap sekali terjadi, misalnya kita ingin Download Game dari luar playstore dan sudah mendapat File APK, ternyata setelah di Instal aplikasinya buat permainan, namun sebuah aplikasi yang memaksa kita untuk masuk ke sebuah website tertentu untuk donwload ulang aplikasi lain, jadi bisa dikatakan Instal aplikasi lain dari luar playstore beresiko membuat kita mendapat aplikasi yang tidak kita harapkan.



Beresiko mendapat aplikasi Malware virus atau Spam, yang mana hal ini sering terjadi pada beberapa kasus, Umumnya ciri aplikasi malware adalah ukuran aplikasi yang kecil, bisa diantara 1-5Mb saja, namun meskipun kecil aplikasi ini akan mengirimkan notifikasi ke Handphone kita yang mana notifikasi pada umumnya berbentuk iklan, atau tampilan-tampilan pop Up yang tidak pantas, bahkan pada beberapa kasus tampilan adalah Iklan produk penjualan tertentu.

Beresiko membahayakan data pemilik Smartphone, pada beberapa kasus juga bisa terjadi aplikasi tidak jelas ini akan meminta akses ke data penguna baik media, SMS ataupun log pangilan dan kontak kita yang mana hal ini tentu saja berbahaya jika jatuh ke pihak tidak bertangung jawab, dan di gunakan untuk hal yang merugikan kita sebagai penguna perangkat. Pastikan bahwa kita hanya memberi akses hal sensitif pada sebuah aplikasi hanya ketika kita yakin aplikasi tersebut aman dan jelas, terutama aplikasi game atau permainan.
Baca juga:Cara menyadap WA menggunakan whats web What scan Cloner

Yang terakhir atau paling sering terjadi, kita bahkan tidak tahu aplikasi apa yang sudah di Instal, kenapa demikian? karena aplikasi tipe ini sangat unik, ketika instalasi selesai dia tidak akan menampilkan shortcut atau type dan nama aplikasi pada tampilan layar utama, yang mana ketika selesai aplikasi akan langsung menutup poses aplikasi, dan mengunakan nama aneh, atau symbol tertentu sebagai nama aplikasi, sehingga nantinya aplikasi akan cukup sulit untuk dilacak keberadaannya.
Baca juga:Cara Proses SIMCARD clone Duplikat Kartu SIM GSM Indonesia

Jika kita mendapat aplikasi jenis terakhir ini, maka biasanya Handphone kita akan panas dan cepat habis batrenya meskipun tidak digunakan, muncul notifikasi dan p\suara-suara tidak jelas dari perangkat kita, bahkan bisa jadi Handphone akan cepat habis batre dan resiko over heat dan berujung pada kerusakan. Maka solusinya hanyalah cari aplikasi tersebut, kemudian lakukan penghapusan data dan cache lalu segera hapus dan bersihkan aplikasi hingga Titik terakhir, agar tidak ada sisa-sisa instalasi yang mungkin akan mengangu kinerja perangkat.

 

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 2 =