Memperbaiki Alarm Sepeda Motor yang tidak bisa starter Lewat Remote

Kotanopan.com. Salah satu masalah pada Alarm sepeda motor yang mengunakan remote adalah tidak bisa stater melalui remotenya, dan ini adalah hal yang wajar . Bisa terjadi pada sepda motor merek honda, Yamaha Suzuki ataupun kawasaki dan merek lainya. Akan tetapi pada intinya, sumber masalahnya adalah sama, yaitu tidak tersalurkanya arus kebagian yang membutuhkan untuk stater. Admin akan membahas berdasarkan apa yang saya temui di Sepeda motor Jadul kesayangan admin yang pernah admin bahas sebelunya di Cara Memasang Alarm Motor Dengan Remote BHT B008 
Ini adalah solusi yang admin lakukan mulai dari pengecekan hingga solusi yang akhirnya ditempuh.

Pertama idetifikasi masalah Alarm sepeda motor tidak bisa stater lewat remote, Khusus untuk alarm sepeda motor pada umumnya memiliki jeda 5 detik untuk stater.
contohnya begini: Ketika anda pencet tombol stater (umumnya bergambar petir) 1x, maka kontak akan ON, ditandai dengan panel spedo menyala, lampu indikator Juga menyala. Jika dalam waktu 4 detik anda pencet tombol petir 1x lagi, maka stater akan menyala dan mesin sepeda motor hidup. Akan tetapi Jika dalam waktu 5 detik anda tidak memencet tombol petir 1x lagi, maka panel dan lampu akan mati dengan ditandai lampu sein berkedip 2x dan mati.
baca juga: Manfaat Penting Alarm Sepeda Motor Anti Maling

Jika masalahnya adalah pencet tombol petir 1x dan lampu panel tidak menyala, maka cek kabel yang terhubung ke Aki (biasanya hitam untu – dan merah untuk +) apakah kedua kabel terhubung? Jika terhubung coba pencet tombol lain di remote , contohnya anda pencet gambar gembok terbuka pada remote, apakah alarm berbunyi “tuit.. tuit..” 2x? jika alarm berbunyi 2x maka modul alarm masih mendapatkan pasokan Listrik dari sepeda motor. Maka bisa kita pastikan arus masuk. Jika anda punya lebih dari 1 remote maka coba di remote 1 lagi apakah juga tombol stater tidak berfungsi? coba pencet tombol remote dengan jarak lebih dekat dengan sepeda motor, Karena Jika batre remote lemah, maka jarak pancar juga menjadi lemah. AKan tetapi jika 2 remote tidak bisa dipakai untuk stater dan batre masih bagus, maka kemungkinan ada masalah pada modul alarm atau pengkabelan.



Next, jika sebelumnya sepeda motor bisa di stater namun tiba-tiba tidak bisa di stater dalam kasus ini bahkan dinamo stater tidak mau berputar, maka lakukan langkah dibawah, akan tetapi jika anda baru memasang alaRm sepeda motor namun tidak bisa melakukan stater dari remote cek artikel saya yang ini untuk panduan memasang alarm pada sepeda motor.
Jika sebelumnya bisa distater, maka saran pertama saya adalah cek semua kabel, namun sebelumnya putus dahulu semua arus di sepeda motor anda, dengan cara lepas kabel dari Aki, baik itu kabel utama ataupun kabel ke Alarm.
Baca Juga Review Kekurangan dan Kelebihan Baofeng UV-82 5Watt

Pengecekan tahap pertama, untuk beberapa sepeda motor pada umumnya akan kita temui 1 buah kabel bypas, dalam artian kabel ini berfungsi untuk memberikan “izin agar bisa di stater”, misalnya pada sepeda motor New jupiter Mx 5 speed kopling. Dimana mesin hanya bisa stater dan dinamo stater berputar hanya ketika gigi berada pada posisi Netral, sehingga kita perlu memasang sebuah kabel berwarna Abu-abu di jalur lampu gigi netral agar perintah stater bisa di terima oleh modul alarm, dan dilaksanakan. Pada beberapa sepeda motor kabel abu-abu ini ada yang dipasang di kabel REM, di kabel Standar sepeda motor dan lainya.

Jika kabel Abu-abu tersebut sudah dipasang pada tempatnya, maka berikutnya cek kabel yang terhubung ke Relay stater, umumnya kabel ini berwarna BIRU kabel ini memberi perintah ke relay dan melakukan bypas agar relay stater aktif, dan menyalakan mesin. Satu hal yang harus anda ingat adalah, Sepeda motor aktif dan berada pada mode ON bukan karena dinamo stater berputar, akan tetapi karena anda memencet tombol remote 2x.
baca juga : Cara menyadap WA menggunakan whats web What scan Cloner

Coba anda standar 2 sepeda motor anda, lalu pencet tombol remote 2x, dengan jeda 2 detik. Apakah semua lampu dan panel sepeda motor anda menyala? Apakah klakson berbunyi? apakah jika distater manual maka mesin menyala? jika iya maka masalah hanya ada di jalur Stater sepeda motor saja, yang mana umunya ada di kabel Biru (ke relay stater) atau kabel Abu-abu, ke bypas sistem, baik itu standar, gigi netral ataupun lampu rem. Jika semua kabel sudah di cek namun dinamo stater tidak juga berputar. Maka coba anda pegang modul alarm dan dengarkan / rasakan di modulnya (jangan di speaker ya). lalu pencet tombol petir / stater 1x, apakah di modul ada getaran atau suara “ctik” 1x, kemudian ada suara “ctik… ctik”  setelah di diamkan sekitar 5-7 detik? jika ada maka alarm kontak, tidak masalah, Lalu yanjg kedua pada kondisi masih dengarkan dan pegang modul alarm, coba pencet tombol petir 2x dengan jeda 3 detik. Apakah ada suara “ctik” 1x setelah speaker berbunyi “tilulit”.

Normalnya adalah:
jika anda pencet remote 2x.
Setelah speaker berhenti berbunyi “tilulit”
baru kemudian ada suara “ctik” 1x.
Suara yang saya sebutkan diatas adalah suara relay dalam modul alarm, karena Alarm pada umumny adalah berisi rangkaian relay 12 volt. Jika anda tidak menemukan suara diatas, sementara anda bisa menyalakan lampu panel dan membuat sepeda motor pada posisi ON permanet dengan remote, Maka ada masalah dengan relay pada bagian dalam / modul alarm anda.



Berikutnya, Bagaimana jika dinamo stater sepeda motor berputar namun mesin tidak mau menyala dari remote? oke ini biasa terjadi, dan admin akan jabarkan rahasianya disini pertama cek semua kabel, Jika memang semua kabel sudah terhubung sesuai dengan seharusnya, hal ini berlaku untuk yang sebelumnya bisa distater dan menyala, namun tiba-tiba tidak mau menyala, tetapi dinamo stater berputar ya. Jika memang anda baru belajar memasang alarm sepeda motor, silahkan baca artikel yang ada di bagian atas tulisan ini untuk cara memasang dari awal.

Memperbaiki Alarm Sepeda Motor yang tidak bisa starter Lewat Remote, Sumber gambar :Dokpri

Sambung lagi, pada umumnya Alarm sepeda motor hanyalah terdiri dari rangkaian relay dan relay untuk melakukan penyambungan pada system sepeda motor. Jika anda tidak percaya silahkan bongkar alarm sepeda motor anda, maka yang akan kita temui adalah Brigde atupun relay yang berjejer. Akan tetapi pada beberapa sepeda motor juga memerlukan 1 relay tambahan di bagian luar, dan jika relay ini mati maka sepeda motor tidak bisa stater lewat remote. Relay ini berjenis 12 volt, sama seperti relay yang ada di dalam modul alarm sepeda motor anda.
baca juga: Penyebab hardisk Komputer tidak terbaca atau rusak

Relay sepeda motor sendiri yang biasa admin gunakan adalah merk SONGLE SRD-12VDC untuk arus 12 volt, jangan salah ya relay ini   juga ada tersedia dengan spesifikasi SRD-5VDC untuk arus 5Volt jadi jangan salah beli ya. relaynya kecil min?
iya memang relaynya kecil sama seperti relay yang ada di dalam alarm sepeda motor. Relay ini memang kecil akan tetapi mampu mengontrol arus hingga 10 Amper 250Volt ac dan 10Amper 30 volt DC, sementara untuk sepeda motor umumnya hanya 12-16Volt DC dan 7Amper. Maka Relay ini cukup dan lagi cukup kecil memakan arus.
karena pada beberapa kasus yang admin pelajari, relay ini akan aktif memakan arus ketika kendaraan dalam kondisi OFF/ tidak di kontak ON. Maka jika relay terlalu besar = memakan arus yang besar juga. Berapa harga relay ini? berkisar antara 10-15 ribu rupiah saja.

 

Author: Mr. wics

10 thoughts on “Memperbaiki Alarm Sepeda Motor yang tidak bisa starter Lewat Remote

  1. Starter motor pake remot, belum bisa make. Waktu beli Scoopy baru, saya masih milih yang model jadul, manual pake kunci. Takutnya kalo bermasalah dengan remotenya, malah ngga bisa nyalaain motor. Perkara alarm, ngikut aja deh.

  2. Aku pertama punya motor pakai remote suka bingung dan ngerasa ribet. Setelah terbiasa, eh enak juga.

    Tapi, aku masih suka nggak kebiasaan misalnya gini.

    Aku udah nyalain tombol remote dan motornya tinggal distarter. Eh, tapi aku dan remote menjauh karena yang starter itu kakakku. Nah, kakakku nggak bisa nyalain motornya dong dan ngomel-ngomel. Haha… Ternyata remote harus berdekatan dengan motor baru bisa.

    Kalau sampai sepeda motor tidak bisa starter lewat remote nggak pernah ngalami, moga ke depannya juga nggak ngalami. Tapi, aku note artikel ini buat jaga-jaga.

    Terima kasih Kak.

  3. Wah lengkap banget caranya memperbaiki alarm sepeda motor, dari cek kabel, sampai komponen juga. Kalo motorku ngga ada alarmnya padahal penting buat jaga-jaga ya

  4. Waduh, mr. Wies .., baca entri ini kujadi teringat sepeda motioku pernah mengalami kejadian ngga mau on lewat remote.
    Kejadiannya beberapakakl, aku sampe bingung sendiri.

    Karena aku tulalit soal mesin, hahaha .. [ngaku 😂], kubawa aja kuservis ke bengkel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 10 =