Review Kekurangan dan Kelebihan Baofeng UV-82 5Watt

Selamat datang kembali di web kotanopan.com, kali ini admin kotanopan akan coba Membahas Handy talkie Baofeng UV-82 dengan power 5 Watt. Tentu saja setelah pengunaan beberapa lama dan berdasarkan pengalaman admin kotanopan.com sendiri. Baofeng Uv82 sendiri memiliki fitur dual band dual on, yang mana artinya kita bisa mengunakan frekuensi UHF dan VHF secara bersamaan dan bisa aktif bersamaan.

selain itu Handy talkie dengan batre 7.4 volt /2800mAh ini dibekali dengan penerima radio FM dan senter yang cukup terang, dan tentu saja kita bisa dengan mudah menganti Chanel pada handy Talkie Baofeng UV-82 hanya dengan pencet tombol menu dan hidupkan HT, maka kita masuk pada menu pengaturan / setting. Sangat mudah memang cara menganti frekuensi chanel pada Handy talkie Ini
baca juga:Akhirnya Hyundai Indonesia Resmi Menjual Mobil Listrik harga Terjangkau di Indonesia

Kita mulai dengan pembahasan fungsi dual band UHF dan VHF terlebih dahulu. Hal yang cukup terasa menyenangkang dari Baofeng UV-82 dibanding dengan Baofeng BF-888S yang pernah admin bahas di Review jarak dan kemampuan HT baofeng BF888S murah dengan fitur lengkap

adalah, fitur Dual band dual ON, yang mana kita bisa memantau 2 frekuensi secara bersamaan, misalnya Line A kita atur di VHF dan Line B kita atur di UHF. Ketika ada transmisi masuk di salah satu Line, maka kita bisa mendengarkan tanpa perlu memindah frequensi. Bahkan kita bisa memilih apakah Line A dan B akan mengunakan UHF dan VHF atau UHF semua dan bahkan bisa juga VHF semua.



Selain daripada Dualband fitur pada HT Baofeng UV82 terdapat dual PTT, PTT sendiri singkatan dari Push To Talk, atau Pencet untuk berbicara. Yang artinya adalah kita bisa memilih apakah hendak berbicara ke Line A ataupun Line B. Dimana terdapat Layar LCD yang bisa memberikan kita informasi, jalur atau line mana yang berbicara. Jadi kita kita akan salah mendengar atau mengidentifikasi jalur yang masuk dan jalur yang keluar.

Baca juga:Apakah Ibu yang terjangkit Covid-19 dapat menyusui bayinya?

Jarak Jangkauan Baofeng UV-82 juga cukup jauh dimana kita bisa mengunakan Chanel UHF dan Chanel VHF.
Menurut pengalaman admin chanel VHF pada Baofeng UV82 kurang efektif jika kita berada di area yang banyak ganguan, tapi cukup efektif jika kita berada di posisi ketingiian, dalam artian seperti ini. Salah satu penguna ada di puncak gunung, dan satunya lagi ada di bawah gunung / lembah, dimana frequensi VHF cukup efektif dan mengalahkan UHF pada UV82. Atau posisi 2 HT berada sama-sama di lereng gunung yang berseberangan dan minim ganguan. Maka jangkauan sinyal VHF baofeng UV-82 bisa mencapai hingga lebih dari 10-15Km dengan antena ekstension panjang. Akan tetapi jika posisi sama-sama dibawah dan banyak ganguan maka transmisi VHF pada 6-7Km sudah jelek, dan lebih bagus transmisi UHF.

Review Kekurangan dan Kelebihan Baofeng UV-82 5Watt

 

Untuk Transmifi UHF pada Handy Talkie Baofeng UV-82 sendiri, memiliki kelebihan suara yang jernih minim intervensi, dengan delay yang minim dibanding Baofeng BF-888S. Untuk antena admin kotanopan,com merubah antena standar dengan antena ekstension yang bisa dipanjangkan. sehingga jarak Pancaran Baofeng UV82 pada UHF mencapai sekitar  7-10 KM. Fitur FM radio juga cukup bagus. dimana penangkapan sinyal FM kuat dan stabil.
Senter pada UV-82 memiliki 3 mode yaitu terang, redup dan berkedip.

Layar pada Baofeng UV 82 juga memiliki pengaturan warna lampu yang bisa dirubah-rubah, bahkan ada fitur untuk memberikan nama pada Handy talkie, dimana ketika kita hidupkan HT akan muncul Tulisan yang sudah kita setting sebelumnya, hal ini memungkinkan agar Handy Talkie tidak tertukar dengan milik orang lain.

Fitur lainya tentu saja T-DCS, CTCS, TDR, STE, Auto talk on Voice (mengirim transmisi saat ada suara)  dan beberapa fitur ungulan yang memungkinkan kita membuat sebuah jalur pribadi yang tidak mudah di lacak oleh orang lain. Menurut admin Kotanopan.com hal ini sangat berguna.



Lantas Apa Kekurangan dan atau kelemahan Handy Talkie Baofeng UV82?  oke akan admin jabarkan sesuai pengalaman admin sendiri.
Kelemahan pertama adalah Batre Baofeng UV82 cepat habis, dimana batre 2800 mAh memang tidak cukup ampuh untuk mendukung dual band 5Watt. kelemahan kedua adalah Stand charger HT kadang mengisi kadang tidak, jadi harus kita pastikan agar lampu pada dock pengisian berwarna merah sebelum kita tinggal.  Untuk jarak jangkauan Sendiri menurut admin HT UV82 ini sudah cukup bagus ya. bisa untuk ronda orang sekampung bahkan bisa hingga kecamatan sebelah, bahkan saat mati lampu atau tidak ada sinyal Handphone masih bisa dipakai.

Kelemahan berikutnya adalah delay, meskipun sanagt minimal namun delay masih tetap ada, apalagi jika jarak sudah diatas 5Km, cukup terasa delaynya. Serta kualitas speaker penerima sepertinya perlu sedikit peningkatan, karena kadang suara kurang jelas (meskipun hanya pada kata/ notasi tertentu).

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 5 =