Ketika BTS Tower Utama Telkomsel Down se-kotanopan kehilangan sinyal

Kotanopan.com. Untuk kita yang berada di luar area pulau jawa, terutama di daerah yang termasuk area pedesaan dan sering mengalami pemadaman listrik, tentu tidak asing dengan istilah “sinyal hilang ketika listrik padam”. padahal sinyal komunikasi saat ini adalah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk kita semua, bahkan ada sebuah ungkapan menyatakan “bukan jarak yang menjauhkan kita, tapi kurangnya komunikasi” mengingat jarak hanyalah ukuran tempat, sedangkan komunikasi saat ini hampir bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, baik melalui pangilan telepon, Video Whatsapp dan bahkan facebook.

Namun bagaimana jika mendadak sinyal Handphone kita hilang? Termasuk juga di area kotanopan, dimana admin tinggal. Seperti kejadian sekitar beberapa minggu lalu secara tiba-tiba sekitar pukul 20.30 WIB sinyal telkomsel mendadak hilang pada semua jaringan baik itu 2G hingga 4G. Awal mulanya Bahkan saya sendiri tidak menyadari, karena ketika pergi dari rumah sistem alarm masih memberikan laporan Sinyal normal, kelistrikan normal dan alarm rumah aktif.
Baca juga:
Akhirnya Hyundai Indonesia Resmi Menjual Mobil Listrik harga Terjangkau di Indonesia
Cara Memindahkan aplikasi ke Kartu SD Pada Handphone android

Tower BTS telkomsel area sibio-bio kotanopan, mandailing Natal sumut. (dokpri)

Selang sekitar 15 menit kemudian, ada seorang teman bertanya “kenapa sinyal telkomsel hilang” sejurus langsung admin ambil Handphone cek sinyal semua operator yang ada, dan baru saya menyadari sinyal telkomsel lenyap mendadak. Karena memang sinyal hilang, tentu saja saya segera menanyakan pada petugas telkomsel khusus bagian jaringan melalui WA. Setelah berbicara-sekitar 1 menit petugas di Padangsidempuan menyatakan “telah terjadi gangguan pada site utama, dimana power (listrik tidak masuk ke BTS). Oke, berarti masalah kemungkinan ada pada jaringan listrik PLN, mengingat saat itu tidak ada hujan deras dan petir yang biasanya membuat BTS bermasalah.



Segera saya coba hubungi Petugas PLN, dalam hal ini manager PLN kotanopan yang bertangung jawab untuk area pelayanan kotanopan, termasuk juga area dimana main site (tower utama) berada, yaitu di area sibio-bio Kotanopan, mandailing Natal, sumut. Petugas PLN saat itu memang agak susah saya hubungi, mungkin karena memang sinyal telkomsel hilang jadi akses internet kurang lancar, setelah beberapa kali mencoba pangilan WA akhirnya saya dapat berbicara dengannya, setelah bertanya apakah sinyal HPnya hilang, dan di jawab sinyal kurang stabil, yang ada hanya 4G dan itupun Minim. Maka saya bertanya “apakah ada ganguan aliran listrik ke Area BTS/ Tower sibio-bio, yang kemudian dijawab “ada ganguan sekitar sana sejak sekitar Maghrib” maka estimasi saya adalah pukul 18.00WIB, aliran listrik memang padam, dan sekitar pukul 20.30WIB sinyal telkomsel hilang, sekitar 2.5 JAM power cadangan bertahan.
baca juga:
Apakah Ibu yang terjangkit Covid-19 dapat menyusui bayinya?
Solusi Memperbaiki Wifi Handphone terhubung Tapi tidak bisa mengakses Internet

JIka melihat dari kasus diatas, saya sendiri ber-Asumsi sepertinya adalah hal yang aneh, jika power BTS hanya bertahan 2.5 Jam, karena setahu admin kotanopan Power cadangan pernah bertahan hingga sekitar 3 hari 4 Malam tanpa jeda, yang mana saat itu terjadi karena putus dan tumbangnya beberapa tiang Listrik milik PLN di sekitar kotanopan. Mungkin stok Bahan bakar di mesin power BTS saat itu memang sudah mau habis, itulah salah satu hal yang ada di hati dan fikiran admin kotanopan. Namun untungnya,1 jam kemudian ALiran Listrik PLN normal dan sinyal telkomsel kembali muncul lagi. Dan berakhir cerita curhatan admin kotanopan ini.

Author: Mr. wics

4 thoughts on “Ketika BTS Tower Utama Telkomsel Down se-kotanopan kehilangan sinyal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 3 =