Apakah Ibu yang terjangkit Covid-19 dapat menyusui bayinya?

Apakah Ibu yang terjangkit Covid-19 dapat menyusui bayinya?

Masa menyusui adalah masa yang indah dan luar biasa untuk para ibu, disinilah ada moment yang tidak akan pernah bisa tergantikan dan terwakilkan rasanya, namun dimasa pandemi covid-19 ini banyak diantara Ibu menyusui yang terkena Covid-19 dan kemudian bertanya-tanya, Apakah jika ibu terjangkit Corona masih boleh menyusui bayinya? dan admin kotanopan coba berkonsultasi kepada dokter tentang hal ini dan hasilnya da di bawah.

Apakah Ibu yang terjangkit Covid-19 dapat menyusui bayinya? jawabanya adalah bisa dengan syarat-syarat tertentu pastinya. Darimana admin mendapatkan kesimpulan diatas? Tentu saja bukan dari sembarang asal mengambil kesimpulan. Apakah pembaca masih ingat satu kasus Covid-19 atau corona yang admin kotanopan tulis di artikel sebelumnnya tentang Gejala Anosmia dan ketika Ketika Covid-19 Masuk ke Kotanopan
kebetulan subyek atau pasien adalah Busui alias sudah melahirkan dan kini menyusui bayinya.

Apakah Ibu yang terjangkit Covid-19 dapat menyusui bayinya?
Apakah Ibu yang terjangkit Covid-19 dapat menyusui bayinya?

 

lantas apa syarat dan ketentuan agar Ibu yang terkena corona dapat menyusui bayinya? Mari kita bahan perlahan dan sejelas mungkin,
1. Menerapkan kebersihan Pernafasan saat menyusui dan berada di dekat bayinya, dalam kasus yang admin kotanopan temui Ibu yang menyusi selalu mengunakan masker selama masa isolasi, tidak peduli di dalam ataupun ruangan, Hal ini penting guna memastikan kesehatan bayi dan orang sekitar tentunya. Pada kasus yang adamin kotanopan hadapi Masker selalu Dicuci, dijemur dan berganti setiap 12 jam sekali.
baca juga Cara Daftar dan Pindah Aplikasi Internet Banking BRI Mobile

2. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air  mengalir baik saat hendak meyentuh bayi, ataupun setelah menyentuh bayi,  admin tidak merekomendasikan pengunaan hand Sanitizer pada ibu menyusui. Karena pada kebanyakan hand sanitizer mengandung alkohol yang lebih dari 60% serta kandungan bahan kimia, dimana di Khawatirkan akan memiliki efek kurang baik bagi kulit bayi yang masih sensitif.

3. Rajin membersihan dan mencuci benda-benda yang sering disentuh oleh Ibu menyusui yang terkena covid-19, hal ini penting untuk memastikan agar daerah sekitar bayi tetap steril dan bersih, Maskipun admin tetap merekomendasikan jangan gunakan Hand Sanitizer untuk bagian yang sering bersentuhan oleh bayi, dan lebih merekomendasikan Tisu basah anti bakteri Khusu bayi (ada tersedia di apotik dan toko perlengkapan bayi).



4.  Pastikan asupan gizi makanan dan nutrisi cukup untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya, Jangan stres/ bingung, tetap tentang dan konsultasi ke dokter baik melalui WA ataupun sambungan telepon. Tetap jaga kesehatan meskipun ibu menyusui yang terkena Covid-19 tidak memiliki gejala, namun tetap lakukan protokol kesehatan dan kebersihan demi kesehatan ibu dan anak.
baca juga Inilah Beberapa “Calon” Vaksin COVID-19 Yang Dikembangkan Dunia

selalu Selalu menjaga kebersihkan sebelum dan sesudah menyusui, rajin mandi dan pastikan jangan mengunakan baju sebagai lap saat bersin atau batuk. Demikian artikel yang kotanopan.com rangkum dari berbagai sumber, tentang Apakah Ibu yang terjangkit Covid-19 dapat menyusui bayinya? TETAP konsultasikan ke dokter atau ahli kesehatan, sebelum menyusui bayi anda, karena tingkat infeksi covid-a9 pada setiap orang tidaklah sama, tentu saja pihak tenaga kesehatan akan memiliki pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Semoga membantu dan tetap patuhi protokol kesehatan.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 10 =