Cara Memindahkan aplikasi ke Kartu SD Pada Handphone android

pindah penyimpanan download youtube ke kartu SD saja agar setiap video yang di download tersimpan di kartu SD

Kotanopan.com. Memindahkan aplikasi ke Kartu SD Pada Handphone android adalah salah satu solusi untuk mengosongkan ruang penyimpanan Internal pada Handphone, pada umumnya secara default penyimpanan Aplikasi ada di Handphone atau memori Internal. Terkadang hal ini menjadi masalah untuk beberapa orang, yang mana memori penyimpanan handphone menjadi penuh, kinerja turun, lama saat handphone di hidupkan atau muncul notifikasi peringatan peyimpanan penuh. Sehinga memindah aplikasi ke kartu sd adalah salah satu solusi yang layak dicoba tentunya.

Sebelum anda mulai memindahkan aplikasi ke kartu memori ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu, karena memindahkan aplikasi ke kartu memori juga memiliki resiko atau tidak sepenuhnya aman. Maka sebelumnya silahkan simak beberapa resiko jika memindahkan aplikasi ke kartu memory dibawah.
Aplikasi bisa berjalan lebih lambat dan lama saat dibuka, hal ini umum terjadi karena kecepatan transfer data dari memori micro SD lebih lambat, atau bahkan pada beberapa kasus transfer data menjadi sangat lambat karena memori micro SD yang digunakan memiliki kecepatan rendah dan kualitas yang kurang bagus. Sebaiknya gunakan micro SD class 10 dengan speed transfer tinggi, agar aplikasi tetap berjalan cepat, tanpa masalah.
Baca juga :
Apakah Ibu yang terjangkit Covid-19 dapat menyusui bayinya?
Cara menyambung ke wifi dengan aplikasi WiFi Warden untuk android

Aplikasi yang berada di dalam micro SD akan hilang dari perangkat jika kartu memori micro SD dilepas, ini adalah hal yang tidak bisa di pungkiri. Dimana aplikasi akan hilang / tidak bisa di buka ketika kita mengambil micro SD dalam perangkat, atau mem “unmount” microSD, dan hal ini tentu sangat menganggu untuk kita yang sering menganti Penyimpanan Eksternal Handphone. Pada beberapa kasus bahkan Micro SD menjadi lebih cepat rusak, jika kita asal lepas pasang kartu memory, jika Memori rusak maka aplikasi dan data yang ada di dalamnya akan ikut hilang tentunya.



Tidak semua aplikasi bisa dipindah dari memori Handphone ke memori Kartu SD, pada beberapa perangkat Handphone dan kebanyakan handphone standar tidak semua aplikasi bisa di pindah atau di ganti dari Handphone ke memori kartu SD, terutama aplikasi default atau bawaan, seperti aplikasi kamera, kontak, maps, gmail dan lainya. Beberapa aplikasi yang bisa dan dapat dipindah biasanya adalah Whatsapp, Facebook dan facebook Mesenger, untuk aplikasi youtube yang memakan banyak tempat terutama pada mode download video offline maka admin kotanopan sarankan, pindah penyimpanan download youtube ke kartu SD saja agar setiap video yang di download tersimpan di kartu SD dan tidak memenuhi memori internal Handphone.

pindah penyimpanan download youtube ke kartu SD saja agar setiap video yang di download tersimpan di kartu SD
pindah penyimpanan download youtube ke kartu SD saja agar setiap video yang di download tersimpan di kartu SD

 Solusi agar semua Aplikasi bisa dipindahkan dari Handphone ke kartu SD adalah dengan melakukan Root pada perangkat. Namun root pada handphone android tidaklah mudah, apalagi untuk perangkat dengan android versi 8 ke Atas, atupun handphone dengan keamanan cukup kuat seperti type Xiaomi contohnya. Melakukan perubahan pada perangkat dengan cara root, pada dasarnya hanyalah merubah izin akses perangkat (software), namun hal ini juga bukan tanpa resiko, karena kita akan memasang aplikasi yang biasa kita sebut sebagai SU (super User) yang memiliki akses hampir sepenuhnya ke data pada perangkat kita, dan tentu saja kita memerlukan BInary yang update dan diperbaharui.



Resiko yang umum kita dapat saat melakukan root pada handphone adalah munculnya celah keamanan, dimana terkadang kita menemukan Aplikasi yang tiba-tiba terpasang pada aplikasi kita, hal ini dulu sering admin kotanopan.com temui ketika melakukan rooting pada salah satu perangkat admin yang memiliki android versi 4….? Lantas apakah hal ini cukup menguntungkan? pada beberapa kasus memang cukup menguntungkan, namun resiko juga cukup tinggi karena pada beberapa kasus gagal root, perangkat bisa mati total dan tidak bisa digunakan.
baca juga :
Cara Menyadap HP jarak jauh dengan Mudah dan efektif
Memperbaiki Aplikasi Zoom yang tidak bersuara dan tidak bisa dibuka

pindah penyimpanan download youtube ke kartu SD saja agar setiap video yang di download tersimpan di kartu SD
pindah penyimpanan download youtube ke kartu SD saja agar setiap video yang di download tersimpan di kartu SD

Sekarang mari kita mulai ke cara Memindahkan aplikasi ke Kartu SD Pada Handphone android, pastikan kartu memori SD sudah terpasang dan terbaca pada perangkat anda. Masuk ke Tab pengaturan pada handphone, lalu masuk ke tab “aplikasi” atau pengaturan lainya, disana akan terlihat aplikasi yang dipasang, pilih aplikasi yang hendak di pindah ke kartu SD, ingat tidak semua aplikasi bisa dipindah, contohnya Maps dan Play Market, atau layanan Google play, jangan mencoba memindahya pada keadaan tanpa root karena akan sia-sia saja. Pilih aplikasi jika ada pilihan “pindah ke kartu SD” maka aplikasi bisa di pindah, jika tidak ada pilihan pindah ke kartu SD maka aplikasi tidak bisa dipindahkan. Demikian Memindahkan aplikasi ke Kartu SD Pada Handphone android semoga membantu, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar atau ke Facebook admin langsung ya.

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =