Kenapa Aplikasi Android Bisa TerInstal Sendiri, Dan Cara Menghapus Aplikasi Yang Sulit Dihapus

Android berbasis linux, pada dasarnya akan sulit dimasuki APlikasi lain tanpa campur tangan penguna/ user.
Akan tetapi beberapa orang sering mendapatkan Aplikasi Android Bisa TerInstal Sendiri, Dan Aplikasi tersebut Sulit Dihapus. Umumnya aplikasi tersebut hanya memberikan Logo Android saja. Atau bahkan tidak memiliki shortcut pada layar android, namun aplikasi itu ada dan terinstal Di Android.

Lantas Kenapa Aplikasi Android Bisa TerInstal Sendiri,?? padahal kita tidak menginstalnya. Ada beberapa penyebabnya.
1. Penguna secara tidak sadar mendownload File APK dengan broswer / aplikasi lain dan kemudian melakukan Instal File APK tersebut. Dan hal ini yang sering kali terjadi oleh penguna.
Cara mengantisipasi hal ini adalah dengan Mematikan fitur “instal Apl dari sumber yang tidak diketahui”
matikan fitur tersebut, sehingga aplikasi yang bisa di Instal hanya aplikasi dari Play Store dan penyedia resmi.

Kenapa Aplikasi Android Bisa TerInstal Sendiri, Dan Cara Menghapus Aplikasi Yang Sulit Dihapus.

 

Letaknya ada di Pengaturan- Akses khusus- dan Instal APL dari sumber yang tidak diketahui.
Atau bisa juga membuka Info daripada setiap Aplikasi, dan cek Izin yang diberikan untuk aplikasi tersebut, terutama Chrome, Internet, Opera, dan Whatsapp. Karena Umumnya Aplikasi Android Bisa TerInstal Sendiri masuk dari pengiriman pihak lain, atau penguna yang secara sadar tapi tidak faham melakukan Download dan Instal APlikasi tersebut.
baca juga:
https://kotanopan.com/review-kamera-ipcam-imou-setelah-beberapa-bulan-digunakan/
Kelebihan dan kekurangan Produk Dahua Secara Umum berdasarkan pengalaman
Pengaruh Memory Microsd Eksternal Pada kecepatan Handphone Android
Lantas bagaimana cara menghapus Aplikasi yang sudah terlanjur terinstal Di android, namun sulit sekali dihapus?

Sebelumnya mari kita pisahkan Aplikasi Bawaan android, karena yang akan kita bahas ini adalah Aplikasi yang terinstal dengan sendirinya namun bukan aplikasi bawaan seperti Youtube, Thema, dan lainya… Karena jika aplikasi bawaan handphone pembahasanya akan berbeda.



cara menghapus Aplikasi tiba-tiba terinstal Di android yang pertama, coba Klik / pencet aplikasi tersebut, apakah aplikasinya terbuka atau tidak? Ataukah ada keterangan “aplikasi tidak terinstal” di handphone android kita? Jika ketika di pencet hanya memberikan keterangan “aplikasi tidak terinstal” dan tidak bisa dibuka, maka kemungkinan aplikasi tersebut belum terinstal secara penuh, atau aplikasi tersebut adalah sejenis aplikasi jahat/ malware yang mengangu kinerja telepon Pintar Android kita.

Cara menghapus aplikasi yang bermasalah dan sulit dihapus, pertama Coba matikan handphone, kemudian lepas MemorySD card atau kartu memory jika ada. Diamkan sekitar 1-3 Menit. Kemudian Hidupkan kembali perangkat aau handphone anda tanpa memory terpasang tentunya. hal ini untuk memastikan apakah Aplikasi terpasang di memory dan atau di perangkat Internal.

Jika aplikasi masih memiliki icon di Handphone, maka kita harus mencari “sumber darimana Aplikasi ini Di Instal”, pertama coba cek penyimpanan perangkat, apakah memory sudah hampir penuh? ataukah tidak mencukupi? karena hal ini bisa saja terjadi karena ketika kita melakukan instal aplikasi namun memory tidak mencukupi, sehingga alhasil instal macet ditengah jalan dan tidak bisa dilanjutkan. Hanya menyisakan Icon Android saja.



Jika memang memory penuh masuk ke Playstore, kemudian cek bagian Aplikasi saya. disana biasa akan kita dapati setiap aplikasi yang kita instal dari playstore, apakah ada proses yang berjalan? Jika ada lakukan stop instalasi agar proses berhenti secara langsung.  Jika tidak ada, masuk ke pengaturan aplikasi, kemudian lakukan “hentikan paksa” atau “forces close” pada download manager. hal ini akan membuat proses download dan instal aplikasi berhenti secara paksa. Kemudian hapus data Proses Instalasi yang sedang berjalan. Kemudian matikan dan hidupkan kembali perangkat anda.

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =