Cara Setting Frekuensi Baofeng BF 888S dan menganti Frekuensi VHF UHF

Kabel USB Programer baofeng BF 888s

Kotanopan.com, artikel kali ini adalah Cara Setting Frekuensi Baofeng BF 888S dan menganti Frekuensi UHF KE UHF, dimana ini juga adalah sambungan dari artikel review saya sebelumnya yaitu Review jarak dan kemampuan HT baofeng BF888S murah dengan fitur lengkap yang kami uji bisa menjangkau jarak sekitar 3,5 Km. Karena pada chanel standar Baofeng BF888s ini sering bertabrakan dengan freq milik penguna lain, maka admin kotanopan.com memutuskan menganti frequensi bawaanya pada beberapa chanel, terutama chanel 1 dan chanel 16 agar tidak bertabrakan dengan chanel penguna lainya.

Cara Setting Frekuensi Baofeng BF 888S dan menganti Frekuensi VHF UHF
Cara Setting Frekuensi Baofeng BF 888S dan menganti Frekuensi VHF UHF

Yang perlu kita siapkan adalah Kabel USB Programer, kabel ini memiliki harga berkisar 65-150 ribu dan menurut kami sudah dapat kabel Program baofeng BF 888s dan bisa juga untuk memprogram atau menganti frequensi baofeng tipe UV82 UHF dan VHF, yuup,, tidak semua kabel programer BF888s bisa dipakai untuk menganti Frekuensi Baofeng UV82 ya, dan untungnya kabel yang admin  beli bisa dipakai, jadi termasuk beruntung.

Kabel USB Programer baofeng BF 888s
Kabel USB Programer baofeng BF 888s

Untuk Program Setting Frekuensi Baofeng BF 888S dan menganti Frekuensi VHF UHF admin sarankan mengunakan Program USB BF-480 saja, karena selain mudah dipakai juga bisa digunakan untuk setting tambahan dan mengaktifkan fitur-fitur tersembunyi pada baofeng BF888S, jadi kita mengunakan bukan hanya menyamakan dan menganti frekuensi namun juga meng aktifkan fitur atau fungsi tersembunyi pada baofeng BF-888s tentunya. Setelah semua disiapkan, dan Program BF-480 ada Di pc atau laptop, matikan HT baofeng terlebih dahulu.
Baca Juga :Password Modem indihome HG8245H berganti tidak bisa dipakai?, ini solusinya.

Colokan atau sambungkan HT dan laptop dengan kabel pada posisi HT Mati ya, ingat PADA KEADAAN HT MATI atau non aktif, agar tidak terjadi hank atau konslet, setelah itu lakukan backup pada frekuensi standar Handy talkie BF-888S dengan cara read, Letaknya da di menu program, dan read atau baca. Lalu simpan File standar frekuensi dengan cara klik File dan Save atau save As, simpan di komputer anda beri nama “freq baofeng standar” agar jika nanti hendak di standarkan tidak susah-susah amat ya.
Lalu lakukan edit pada frekuensi yang di kehendaki, misalnya frekuensi 1 dan 16, rubah nilai frequensi sesuai kebutuhan, ingat yang frekuensi ini nantinya harus di ingat, agar tidak kesulitan saat hendak memasukan ke HT lainya.



Setelah Frekuensi dirubah sesuai kebutuhan, silahkan di “save As” lalu beri nama “freq Baofeng 888” modif, ingat gunakan save As. Jika sudah sekarang giliran memasukan Program frequensi yang baru ke perangkat baofeng yang sudah di siapkan tadi, untuk menulis Freq baru bisa gunakan menu “Write”, tunggu sejenak dan program akan tertulis di perangkat, waktu tungu sekitar 30-90 Detik, pada kondisi ini jangan otak-atik HT dan laptop, biarkan saja bekerja agar tidak terjadi gagal penulisan. Setelah selesai, matikan HT dan cabut kabelnya.
baca Juga:Bahaya Dan resiko Instal Aplikasi Android dari Luar Playstore

Untuk Setting Frekuensi Baofeng BF 888S dan menganti Frekuensi HT ke dua dan seterusnya, silahkan matikan HT, colokan kabel dan nyalakan, lalu lakukan “Read” dahulu, kemudian pilih File “freq Baofeng 888” kemudian lakukan Write, lalu tunggu 30-90 detik, hingga proses selesai dan demikian seterusnya, untuk HT lainya. Intinya adalah kita melakukan Read atau pembacaan untuk memastikan HT sudah terbaca oleh laptop, baru kemudian lakukan penulisan Frekuensi baru. Tidak sulit, namun harus cukup telaten dan pastikan mematikan HT sebelum menyambukan dengan Kabel.
baca Juga:Cara Klaim Pulsa Listrik Gratis mudah dan Efektif untuk Listrik Token

Sekarang adalah cara menganti frekuensi Baofeng BF 888s dari Uhf ke VHF, Cara mengati Freq UHF ke VHF pada baofeng BF888s adalah dengan menu Setup, dan program yang mana nantinya kita akan ditemukan pada menu Freq, untuk permulaan setting frekuensi pada nilai 165.000 dan set pada Mode VHF, karena freq VHF lebih rendah dari tipe UHF. Pada percobaan pertama rubah chanel 2 saja, ingat hanya chanel 2 dan ingat bahwa frekuensinya adalah 165.000. Jika sudah tingal Write ke HT, dan tunggu 30-90 Detik saja.



Pada percobaan pertama daya sempat mengalami HT hanya berdengung, lalu saya standarkan pengaturan (DTMF, Tone, dll…) baru saya rubah nilai ke 165.000, lalu sambungkan ke Baofeng UV82, dan hasilnya cukup bagus, meskipun delay pada BF888s tetap tidak hilang.
Mohon dicatat, tidak semua BF888S bisa dirubah ke VHF, admin  sendiri sekian banyak yg admin coba, hanya beberapa yang bisa dirubah ke VHF. 

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 1 =