Membongkar Laptop Avita Essential Ram 4 Giga SSD 128 Giga layakkah dibeli?

Beberapa hari yang lalu admin mendapat kiriman Notebook atau laptop Avita Essential 14inc. Dengan kasus mati total, ketika di charger mengisi namun tidak mau menyala. Ketika melihat pertama kali sebenarnya admin kotanopan merasa agak ragu juga, mengingat Avita Essential ini adalah brand baru sehingga nantinya sparepart pasti sulit dicari dan kebanyakan laptop tipis RAM pasti Onboard dengan type batre tanam. Tapi tak mengapa admin coba analisa saja dahulu.

Jika dilihat dari spesifikasi mana kemungkinan laptop ini adalah type Avita Essential Ram 4 Giga SSD 128 Giga. Karena setelah admin Membongkar Laptop / notebook ini terlihat memiliki Ram 4 Giga Onboard/ Tempel motherboard dan penyimpanan SSD 128 Giga. Dengan Build yang menurut admin kota nopan “terlalu Ringkas”.
Laptop dengan baterai tanam 2 buah kotak disambung, dimana batre notebook Avita Essential ini terlihat seperti batre kotak Li-ion Milik handphone atau tablet-tablet jadul.

Membongkar Laptop Avita Essential Ram 4 Giga SSD 128 Giga layakkah dibeli
Membongkar Laptop Avita Essential Ram 4 Giga SSD 128 Giga layakkah dibeli

Charger  laptop Avita Essential memiliki voltase 12 Volt dan batre tanam dengan Voltase sekitar 7,4 Volt. Batre ini terbagi menjadi 2 Kompartemen. yang disatukan dengan kabel,ke Motherboard. Entah kenapa mereka mengunakan batre dan build seperti ini, untuk Procesor Intel dan ram 4Giga darta SSD 128.



Ditambah lagi system pendingin pada Avita Essential ini menurut saya juga kurang memadai, dimana tidak terdapat kipas procesor dan penghantar panas pada procesor hanya mengandalkan 1 plat pendingin yang tertempel di procesor.

Sekilas system pendingin procesor ini mirip seperti yang digunakan pada Notebook merek HP, yang memang memiliki notebook tanpa kipas, hanya bedanya Merek HP yang pernah saya bongkar memiliki ronga Udara dan plat pendingin juga lebih lebar daripada mili Avita esensial ini. Sehingga Panas pada laptop HP bisa terbuang secara lebih maksimal dan tidak terjebak didalam Casing.

Jika kemudia ditanya, apakah kelebihan Notebook atau laptop Avita Essential ini? mungkin jawaban admin juga bingung, mencari kelebihanya, karena laptop ini non Upgradable, dimana yang bsia di upgrade hanya SSD dinaikan kapasitasnya, Untuk RAM memang Onboard. Kelebihan yang admin dapat rasakan adalah di Tampilan yang slim dan elegan. Karena Untuk fungsi memang belum admin coba mengingat Notebook Avita Essential ini sampai rumah sudah mati Total, dan kemungkinan penyebab mati totalnya adalah Overheat atau kepanasan.



Jika dilihat dari segel Avita Essential ini dibeli sekitar bulan Januari 2022 berarti sekitar 18 bulan digunakan dan mati total. Memang untuk build jika dilihat laptop Avita Essential tidak cocok untuk para pekerja keras atau orang-0rang yang biasa memburu deadline. Laptop ini sepertinya dibangun untuk anak-anak sekolah biasa, atau pekerja kantor yang santai kerja 8 jam perhari.

Membongkar Laptop Avita Essential Ram 4 Giga SSD 128 Giga layakkah dibeli
Membongkar Laptop Avita Essential Ram 4 Giga SSD 128 Giga layakkah dibeli

Kembali ke Avita Essential yang mati total ini, akhirnya admin kotanopan belum berani memperbaiki, karena memang sparepartnya cukup susah, bahkan admin coba mencari-cari apakah ada penjual Motherboard Avita Essential ternyata admin menemukan banyak penjual mainboard Avita Essential dengan kondisi Mati total. Hal inilah yang membuata saya berfikir untuk tidak memperbaiki laptop ini. Jika anda bertanya apakah saya akan membeli laptop seperti Avita Essential maka saya katakan, saya pribadi tidak akan membelinya. Mengingat beberapa ulasan dan apa yang saya temui diatas. Setidaknya untuk saat ini dan beberapa waktu kedepan, hingga saya bisa memastikan mereka memperbanyak service center yang memadai dan menaikan kualitas produk mereka.
Atau mungkin memang kebetulan laptop yang sampai ke tangan admin ini memang pemiliknya sedang apes saja, bisa jadi memang dia sedang apes dapat produk yang dipakai tidak sampai 2 tahun sudah mati total.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =