Cara Mengurus Pemasangan Listrik Baru ke PLN langsung Secara online

Cara Mengurus Pemasangan Listrik Baru ke PLN langsung Secara online

Artikel tentang Cara Mengurus Pemasangan Listrik Baru ke PLN secara Online ini admin tulis berdasarkan pengalaman ketika kotanopan.com memasang aliran listrik Baru, atau menyambung listrik PLN ke Vila Bambu yang belum lama ini dibangun, so… dijamin bukan rekayasa atau berdasarkan birokrasi semata, caranya mudah murah dan tanpa calo, Lokasi Pengurusan Adalah Kantor PLN kotanopan, Mandailing Natal Sumatera Utara,
mulai dari pendaftaran, pengurusan SLO atau Surat Laik Operasi Instalasi akan admin jabarkan sejelas mungkin, agar bisa membantu teman-teman semua dan mewujudkan Slogan PLN bersih No SUAP, dan tanpa Calo.

Pertama sebelum kita memasukan Listrik Ke Rumah kita, pastikan Instalasi Listrik kita sudah dipasang, untuk tukangnya bisa minta Ke Petugas teknik, biasa petugas teknik PLN dan petugas pegawai PLN berbeda.
Petugas Teknik ada yang dari Kontraktor atau Sub kontraktor atau Vendor, atau bisa hubungi instalatir Listrik terdekat, jika bingung cari instalatir listrik silahkan lihat di web www.konsuil.or.id atau www.akli.org, kalau admin lebih rekomendasikan Konsuil, karena jaringan mereka sepertinya lebih merata / merakyat di Indonesia, tanya Instalatir terdekat berdasarkan Lokasi anda. Mereka akan memberikan rekomendasi kok, sekalian nanti mereka membantu Mengurus SLO-nya, Biaya pembuatan SLO adalah Rp.60.000, biasa ditambah uang transport kalau jauh sekitar 10-30ribu aja.

Cara Mengurus Pemasangan Listrik Baru ke PLN langsung Secara online
Cara Mengurus Pemasangan Listrik Baru ke PLN langsung Secara online

Biaya Instalasi listrik tergantung daripada banyaknya titik dan tingkat kesulitan, serta perjanjian, untuk kabel Standar Instalasi admin sarankan ukuran 1.5mm, sedangkan kabel luar adalah ukuran 3 mm, pilih kabel terbaik ya jangan kabel murah dan murahan, karena target pemakaian jangka panjang, dalam kasus Pemasangan listrik baru di PLN di vila bambu, admin pasang sendiri jadi biaya Instalasi adalah Rp 0, untuk bahan kabel saklar, lampu dan lainya admin habis sekitar Rp.300.000 ribu saja.
Baca juga: 
Cara Klaim Pulsa Listrik Gratis mudah dan Efektif untuk Listrik Token

Setelah Instalasi selesai, baru kita mengurus SLO atau Surat Laik operasi, untuk Prose cara mengurus SLO dan Syarat Insya Allah akan admin tulis di tulisan terpisah agar lebih mudah dipelajari. Setelah SLO selesai si urus, sekarang tingal Syarat Mengurus Penyambungan Listrik Baru Ke PLN. Apakah Biaya penyambungan Listrik Baru Ke PLN mahal? Menurut Admin tidak mudah, untuk biaya administrasi PLN Dan SLO Kita cukup keluarkan Uang Rp 1.300.000 sudah bisa menyambung listrik PLN 900Va kok, tanpa calo tanpa pungli dengan cepat.



Syarat mengurus Pemasangan Listrik Baru ke PLN langsung Secara online, Siapkan Berkas:
1. KTP Asli dan fotokopi 2 lembar
2. Meterai Rp 6.000,- 2 lembar.
3. SLO (surat Laik Operasi) admin rekomendasikan dari Konsuil
4. Nomor meter Atau ID meter rumah terkedat yang ada Listriknya, karena dari rumah ini nanti kita menyambung kabel
5. Berkas Saat pendaftaran Online (cara daftar Online, akan admin tulis terpisah Insya Allah)
Baca juga: 
Jadwal Belajar dari rumah TVRI mulai 13 April 2020

Bawa semua kelengkapan diatas ke Kantor PLN, setelah pendaftaran Online selesai, dan setelah Itu akan dilakukan Survey oleh Pihak PLN, jika ada kekurangkan maka pihak PLN akan memberikan solusi, pada umumnya kekurangan hanyalah pada kurang kabel yang dari PLN hanya dapat 30 meter, sementara dari vila bambu admin, jarak tekedat adalah 50 meter, maka admin siapkan lagi kabel 30 meter.
Setelah proses survey selesai, maka tunggu saja Petugas memasang listrik di rumah anda.


Sekarang mari kita total Biaya pemasangan listrik Ke PLN ini ya, Khusus Biaya SLO dan admin PLN, belum termasuk biaya Instalasi dalam rumah (kabel, stop kontak, lampu, colokan, dll…)
1. Biaya Penyambungan Baru 900Va Rp 843.000
2. Biaya meterai Rp 3.000
3. Biaya token 40.000 Rp 36.364
4. PPJ (10% dari biaya token awal) Rp 3.636
5. Meterai 2 lembar, Rp 16.000
6. SLO petugas SLO minta Rp 60.000, tapi admin kasih lebih, karena Vila bambu agak jauh dari jalan raya. tambah lagi petugas fast respon.
Untuk cara isi formulir bisa dibaca di 
Cara Mengisi Formulir Pemasangan Baru Listrik PLN 2020

Total biaya pasang listrik baru versi admin adalah Rp 9.62.000, untuk 900Va tanpa calo dan tanpa pungli. Murah bukan ? jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment atau tanya lewat FB admin langsung ya.
Ini Kronologi waktunya ya
Pembuatan SLO dimulai Kamis 16 April, 2020
Pendaftaran Online dan pembayaran Pada minggu 19 April 2020
SLO saya ambil dirumah petugas dirumahnya pada minggu 19 April 2020  (janjian dulu, biar dibawa pulang SLOnya).
Pengantaran Berkas Senin pagi tanggal 20 April 2020
Senin Sore 20 April 2020 Lokasi Di Survey petugas PLN
Tinggal menunggu, karena Selasa 21 April ini belum ada kabar kapan akan dilakukan penyambungan Meteran Ke Rumah..
Update, akhirnya tanggal 27 April Listrik disambung juga, berarti 7 Hari setelah pembayaran yang mana terlambat dari yang seharusnya 5 Hari, mungkin karena di urus langsung tanpa calo ya,,,
Dan Insya Allah akan admin kotanopan.com update terus..

Author: Mr. wics

1 thought on “Cara Mengurus Pemasangan Listrik Baru ke PLN langsung Secara online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =