Proses Permintaan pengembalian Pembayaran Pajak Berlebih

Download Formulir Pajak Restitusi

Proses Permintaan pengembalian Pembayaran Pajak Berlebih atau Restitusi umum dan biasa terjadi, jika anda adalah salah satu yang termasuk melakukan pembayaran pajak berlebih, baik itu terbayar dua kali atau pembayaran salah hitung silahkan simak disini, dan semoga bisa membantu kita semua.
Proses pengembalian pajak berlebih tidaklah rumit, terutama jika anda memiliki dan biasa melaporkan SPT tahunan baik badan perusahaan maupun pribadi. Untuk Download Formulir permintaan Pajak berlebih atau Restitusi ada dibawah

Sebelum kita memulai prosesnya mari kita fahami bersama pengertian Restitusi Pajak. Restitusi adalah proses pengembalian kelebihan pembayaran pajak dari Negara kepada wajib pajak (baik badan usaha ataupun perorangan), karena jumlah kredit pajak atau jumlah pajak yang dibayar lebih besar daripada jumlah pajak yang terutang atu yang seharusnya dibayar oleh wajib pajak. Syarat agar wajib pajak dapat menerima restitusi atau pengembalian pajak yakni, tidak ada hutang pajak yang masih ditanggung dari tahun-tahun sebelumnya.
baca juga:Jadwal Belajar dari rumah TVRI mulai 13 April 2020

Sedangkan Tujuan utam daripada restitusi pajak adalah untuk melindungi hak wajib pajak itu sendiri. Dimana nilai uang yang lebih dibayarkan tersebut merupakan harta milik wajib pajak, yang juga berarti merupakan hak mereka. Kelebihan pembayaran tersebut harus segera dikembalikan kepada wajib pajak oleh Negara khusunya Direktorat Jenderal Pajak, karena hal tersebut merupakan kewajiban Negara. Dengan begitu, dana tersebut dapat segera digunakan untuk membantu kegiatan operasional perusahaan, sehingga kelancaran bisnis wajib pajak dapat terjaga kedepanya.



Sudah cukup difahami? restitusi adalah hak kita pembayar pajak ya, dan sudah seharusnya diminta, apalagi kalau ternyata itu adalah milik Desa, seperti kasus yang beberapa waktu lalu admin dapatkan, dimana terjadi selisih belasan Juta pada pembayaran wajib pajak, akhirnya dilakukan permintaan pengembalian pajak, dalam hal Ini pajak Dana desa penerimaan Dalam negeri.

Mari Mulai Prosesnya: Untuk permintaan pengembalian kali ini kita mulai dari yang paling mudah, yaitu Pengembalian kelebihan pembayaran pajak ke rekening wajib pajak, dimana dalam hal ini Nanti uang kelebihan akan diberikan langsung kepada Wajib pajak, jika bukti dan proses sesuai, setahu admin masa proses  adalah sekitar 30Hari setelah berkas lengkap dan diterima.

Pertama, silahkan download File Formulir pengembalian pajak/ restitusi yang admin Upload dibawah, berisi 3 Lebar yaitu 1 formulir Isian dan 2 adalah petunjuk pengisian Restitusi pajak, baik itu badan maupun pribadai perorangan. pada proses ini kitaq diwajibkan menyiapkan bukti lampiran, Misalnya jika ternyata kita membayar pajak double 2x, maka kita harus siapkan misalnya, bukti pembayaran ke 1 dan pembayaran ke 2, yang terdobel, kemudian dasar pembayaran misalnya kode E-billing, dan berkas lainya sesuai petunjuk formulir.

Download Formulir Pajak Restitusi
Cara pengisian Formulir restitusi pengembalian pajak

Setelah semua berkas terisi dengan baik dan benar, lakukan cek sekali lagi dan satukan setiap berkas, misalnya dengan steples ya, agar tidak kacau berantakan, dalam hal ini jika yang meminta adalah badan atau perusahaan sebaiknya isi dengan data pembayar misalnya bendahara, pastikan sebelum berkas diserahkan anda memiliki salinan dirumah anda, sekedar untuk jaga-jaga saja.
baca juga:Cara Klaim Pulsa Listrik Gratis mudah dan Efektif untuk Listrik Token

Lalu antar atau serahkan formulir ke kantor pelayanan pajak tempat anda biasa membayar pajak, atau KPP terdekat, biasanya data akan di verifikasi dan cek, lama cek dan verifikasi berkas pengembalian pajak adalah sekitar 30hari, dimana setelahnya anda akan diberi kabar mengenai diterima atau tidaknya pengajuan pengembalian pajak. Jika belum diterima maka tanyakan dimana kurangnya, apakah ada berkas atau pembuktian yang kurang dan tidak meyakinkan? Jika iya segera lengkapi.



Jika pemberkasan pengembalian pajak diterima, maka anda akan diberi surat atau formulir yang wajib di isi, dimana isinya diantara lain adalah data anda, dan nomor rekening milik pembayar pajak yang akan digunakan sebagai tempat penampungan uang pembayaran pajak berlebih nantinya. Pada masa ini setahun admin prosesnya cepat hanya sekitar 15 hari uang kelebihan masuk rekening kita.

Cara kedua adalah dengan menjadikan kelebihan pembayaran pajak untuk ditambahkan ke masa pajak tahun berikutnya, cara ini lebih mudah cukup isi saja form pada SPT dan ikuti petunjuk petugas pajak nantinya. Prosesnya hampir sama, Dan Insya Allah akan admin bayar di tulisan selanjutnya ya. Jika ada pertanyaan ataupun keluhan, silahkan tingalkan komentar atau hubungi admin melalui Facebook, INsya Allah admin balas secepatnya. Terimakasih.
Download Formulir Pajak Restitusi

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Proses Permintaan pengembalian Pembayaran Pajak Berlebih

    1. iya bang day, banyak orang yang kadang bingung cara ngurus restitusi pengembalian pajak,padahal saya aja kadang pajak kelebihan 3-5 juta aja rasanya udah sayang, hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + thirteen =