Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa menghapus Aplikasi Handphone

Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa menghapus Aplikasi bersihkan sampah

Kotanopan.com. Semakin sering kita mengunakan perangkat Digital seperti Smartphone, maka akan semakin banyak juga data tersimpan pada perangkat. Meskipun demikian sebenarnya ada Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa menghapus Aplikasi Pada handphon. Jika memang kapasitas perangkat sangat terbatas dan setiap aplikasi yang ada cukup penting maka cara membersihkan memory tanpa menghapus aplikasi adalah hal yang layak dicoba. Sebelumnya adalah hal yang penting untuk melakukan manajemen penyimpanan perangkat agar tidak terjadi tumpang tindih memory atau bahkan Penyimpanan memory handphone hanya terisi dengan file-file “sampah” yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

1. Hapus Cache Dari Setiap Aplikasi.

Sebenarnya ketika kita membuka sebuah aplikasi perangkat, Ada beberapa bagian data yang di simpan pada perangkat kita dan biasa disebut cache. Hal ini berguna untuk mempercepat akses aplikasi berikutnya. Terkadang cache yang tidak pernah dibersihkan akan memenuhi ruang penyimpanan perangkat. Jika anda menghapus atau Mengosongkan Ruang Penyimpanan cache hal ini tidak akan memberikan pengaruh signifikan kepada pengunaan perangkat anda, karena TEMP FIle atau cache umumnya hanya berisi data log dan Iklan serta tidak menyimpan data pribadi.

Mengosongkan Ruang Penyimpanan hapus cache
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa menghapus Aplikasi Handphone, hapus cache (dokpri)

2. Menghapus File Dan Foto tidak terpakai.

Jika anda hobi mengambil gambar ataupun video, maka cobalah untuk membersihkan file-file foto atau vifeo yang sudah tidak diperlukan lagi dan membuang secara permanent dari kotak sampah atau trash. Beberapa tipa handphone umumnya masih menyimpan file yang dihapus pada bagian “foto yang baru dihapus” atau di kotak sampah. Cobalah untuk membersihkan kotak sampah agar file tersebut benar-benar hilang tidak membebani perangkat.

Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa menghapus Aplikasi bersihkan sampah
Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa menghapus Aplikasi bersihkan sampah

3. Perbaharui Aplikasi Sesuai kebutuhan.

Beberapa aplikasi umumnya akan melakukan auto Update jika terhubung dengan Wifi, terkadang ukuran aplikasi yang baru lebih besar daripada aplikasi lama. Alangkah baiknya jika anda mematikan Fitur otomatis update dan hanya melakukan update pada aplikasi yang diperlukan saja.

Mengosongkan Ruang Penyimpanan matikan Update otomatis
Mengosongkan Ruang Penyimpanan matikan Update otomatis

4. Pindah Foto dan Video Ke MicroSD.

Jika anda memiliki penyimpanan Eksternal maka memindahkan file foto dan video ke Kartu Memory Micro SD adalah pilihan yang bijak. Mungkin hal ini akan terasa cukup lama jika anda memindahkan saat perangkat hendak digunakan. Kotanopan menyarankan pemindahan File ke Kartu memory eksternak dilakukan saat malam hari dimana perangkat tidak hendak digunakan.




5. Memindah Aplikasi Ke Memory Eksternal.

Kita juga bisa memindahkan aplikasi yang mendukung penyimpanan eksternal ke kartu SD. Ini akan sangat membantu Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa menghapus Aplikasi Handphone. Sehingga mengurangi penggunaan ruang penyimpanan internal. Caranya masuk ke menu pengaturan perangkat dan pilih “pindah ke kartu SD”. Meskipun tidak semua Aplikasi bisa dipindah, namun tidak ada salahnya hal ini dicoba dahulu.
baca Juga: 
Cara Membuat Aplikasi Android Mudah Anti Gagal Tanpa Koding
Penyebab Dan Cara Keluar Dari Recovery Mode Android
Cara Menghapus Iklan Di HP Android Tanpa Aplikasi

6. Gunakan layanan Cloud untuk menyimpan Foto.

Layanan Cloud seperti Google Photo adalah pilihan yang cukup baik jika kita hendak Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa menghapus Aplikasi Handphone. Dengan layanan cloud ini kita tetap bisa melihat koleksi foto yang dimiliki tanpa perlu menyimpan di handphone serta tidak membuat memory perangkat menjadi penuh.

Kesimpulan.

Dengan menerapkan beberapa cara diatas kita bisa membersihkan penyimpanan handphone tanpa perlu menghapus aplikasi yang ada. Sehingga kinerja perangkat lebih lega dan tidak berat. Trik diatas bisa diterapkan pada handphone android baik tipe terbaru ataupun model lama nantinya

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × one =