Cara Memperkuat Sinyal Wifi Orbit Telkomsel Yang lemah

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Orbit lampu sinyal

Kotanopan.com. Sinyal wifi merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam dunia internet, terutama untuk kebutuhan pekerjaan serta aktivitas sehari-hari. Namun, seringkali sinyal wifi yang kita gunakan lemah dan menghambat kinerja kita di dunia digital. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan, apalagi jika kita sedang membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kotanopan akan memberikan tips mudah Cara Memperkuat Sinyal Wifi Orbit Telkomsel Yang lemah. Bahan Percobaan kita kali ini adalah Modem Orbit A1 4G Telkomsel, mifi Termurah keluaran advan dan tentu saja telkomsel yang sudah beberapa kali admin bahas di website ini.

1. Posisikan modem wifi pada tempat yang tepat

Orbit A1 4G Telkomsel sendiri memang hanya memiliki antena internal saja, yang mana posisi antena ada didalam casing modem. Sehingga kita perlu mengatur Posisi modem wifi agar diletakkan di tempat yang strategis, tidak memiliki banyak penghalang. Hal ini akan mempengaruhi kekuatan sinyal wifi yang dihasilkan. Untuk memperkuat sinyal wifi Orbit Telkomsel yang lemah, posisikan modem wifi pada tempat yang tinggi, terbuka serta jauhkan dari benda elektronik lainya seperti TV, kulkas Microvawe atau pompa air. Hal ini akan memudahkan sinyal wifi beredar dan terdistribusi dengan baik ke seluruh ruangan serta menambah kemampuan penangkap Sinyal internet.




2. Pasang antena eksternal

Meskipun beberapa Modem Wifi dikeluarkan oleh pabrik hanya dengan Antena internal saja, namun sebenarnya ada cara bagi kita para pemilik modem untuk menambah Antena eksternal sehingga mampu meningkatkan kemampuan daya pancar modem wifi, memperluas jangkauan dan tentu saja membuat Akses internet lebih stabil.

Antena modem external sering digunakan untuk memperkuat serta menambah daya pancar sinyal wifi serta dapat mempercepat konektivitas internet Anda. Pilihlah antena yang sekiranya pas dan sesuai dengan jenis modem wifi dan type konektor yang Anda gunakan. Pada kasus Modem Orbit A1 4G yang kami gunakan sebagai percobaan, type soket antena yang digunakan adalah Model Colokan antena universal yang juga umum digunakan untuk Handphone android sehingga mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau di Toko Online.

3. Cara Memasang Antena eksternal Pada Modem

Pertama bongkar Modem Orbit A1 4G Telkomsel dengan membuka 2 baut bagian belakang. Lalu ambil PCB papan sirkuit yang ada dalam Mifi. 

Maka kita akan melihat ada 4 soket dimana 2 sudah terisi dan yang 2 lagi masih kosong untuk memperkuat daya pancar wifi ini tambahkan saja antena pada soket kosong yang sudah kotanopan tandai. Sebaiknya panjang kabel jangan lebih dari 70Cm agar tidak terjadi Loss atau hilang arus karena kabel terlalu panjang.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Orbit tambah antena eksternal
Cara Memperkuat Sinyal Wifi Orbit tambah antena eksternal

Kotanopan memilih mengunakan Alumunium foil penambal panci yang di rekatkan di bagian belakang modem untuk memperkuat sinyal wifi orbit, tentu saja kabel antena di rekatkan ke bagian alumunium foil ini. Dengan teknik paling sedehana seperti ini mampu menambah sinyal wifi sebanyak 20-30 %, Jika kita mengunakan antena dan kabel kemungkinan penambahan sinyal bisa Sekitar  50%.




4. Gunakan teknologi repeater

Teknologi repeater merupakan cara yang Paling efektif untuk memperkuat sinyal wifi. Teknologi ini berfungsi untuk memperpanjang jangkauan wifi saat sinyal yang dihasilkan lemah. Kita hanya memerlukan alat yang disebut extender atau repeater wifi dan menghubungkan ke modem wifi. Seperti yang pernah kami bahas pada Setting CPE 220 Agar Jangkauan dan Pancaran Lebih Jauh Dengan penggunaan alat ini, sinyal wifi akan lebih stabil serta memiliki jangkauannya lebih luas. Namun karena Harga CPE 220 Masih tergolong mahal kita bisa melakukan beberapa perbaikan sebelum memutuskan membeli repeater wifi.

5. Ubah channel wifi

Untuk memaksimalkan Sinyal wifi Orbit Telkomsel kita harus mengunakan saluran yang berbeda dengan wifi lain yanga da disekitar kita. Jika wifi yang digunakan menggunakan channel yang sama dan berdekatan dengan wifi lain dengan Frekuensi sama dapat mengakibatkan interferensi serta saling mengganggu. Bila sinyal wifi yang dihasilkan lemah, coba ubah channel wifi menjadi sedikit berbeda dari channel biasanya kotanopan sarankan gunakan chanel 2427Mhz atau 2462Mhz, intinya jangan gunakan frekuensi channel bawaan pabrikan. Caranya, masuk ke halaman administrator router dan pilih Adnvace setting lalu ubah channel wifi pada pengaturan jaringan, terakhir klik “save” jangan lupa restart modem setelah selesai.

baca juga
Cara Memblokir Perangkat Pada Wifi Dengan Mac Address Filtering
Kebutuhan Laptop Untuk Proktor UNBK Online dan Semi Online
Review Dan cara Setting ADVAN CPE START-65A5EB

cara Memperkuat Sinyal Wifi modem rubah frekuensi
cara Memperkuat Sinyal Wifi modem rubah frekuensi

6. Optimalkan penggunaan jaringan

Salah satu faktor yang menyebabkan sinyal wifi lemah juga karena banyaknya perangkat yang terhubung pada wifi yang sama. Bila banyak pengguna menggunakan satu jaringan, maka akan memperparah sinyal wifi Orbit Telkomsel Anda. Oleh karena itu, Coba hitung lagi atau jika perlu kurangi jumlah pengguna untuk memperkuat sinyal wifi orbit dan mempercepat koneksi internet Anda. Tidak ada salahnya anda merubah sandi Wifi anda untuk mencoba koneksi yang dimiliki Modem.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 2 =