Cara Mempercepat Windows 10 Anti lelet dan lemot

Bersihkan File Sampah dengan Disk Cleanup.

Kotanopan.com. Meskipun windwos 10 memiliki banyak keunggulan dibanding windows 7 dan pendahulunya, akan tetapi banyak juga yang mengeluh tentang lambatnya kinerja windosw 10 sehingga diperlukan trik Cara Mempercepat windows 10 Anti lelet dan lemot. Untuk teman-teman yang mengalami kendala windows 10 lambat atau lelet silahkan ikuti langkah dibawah agar windows 10 menjadi lebih cepat dan responsif.
Saat ini Windows 10 merupakan sistem operasi komputer atau laptop yang paling banyak dipakai. Bahkan jika kita membeli laptop baru hampir bisa dipastikan kita akan mendapatkan sistem operasi windows 10 dan windows 11.

1. Gunakan Mode High Performance Agar Windows 10 lebih cepat.
Setelah laptop di hidupkan Buka “Control Panel”  pada windwos kemudian masuk ke Bagian “Power Options” dan pilih mode “High Performance”. Pengaturan ini akan membuat konsumsi baterai laptop lebih boros, namun menjadi pilihan paling aman sebagai Cara Mempercepat Windows 10 dengan cara mudah, karena kita hanya menganti mode pengunaan saja.

Cara Mempercepat Windows 10 Anti lelet dan lemot
Cara Mempercepat Windows 10 dengan menganti mode High Performance (wondows)

2. Mematikan Efek animasi Animasi Pada Windows 10.
Mematikan efek visual yang tidak diperlukan akan membuat windwos 10 bekerja lebih cepat dan efisien, seperti animasi transparansi, jendela, serta animasi efek lainnya. Hal ini umum dilakukan untuk laptop dengan spesifikasi terbatas.

Kemudian pilih opsi Adjust for best performance. Tahap terakhir klik OK
Mematikan Efek animasi Animasi Pada Windows 10 agar lebih cepat (windows setting)

Buka “System” masuk ke “Advanced system settings” pilih “Settings” di bawah Performance.

Cara Mempercepat Windows 10 dengan mematikan animasi (windows setting)
Cara Mempercepat Windows 10 dengan mematikan animasi (windows setting)

Kemudian pilih opsi Adjust for best performance. Tahap terakhir klik OK. cara ini akan membuat Windows 10 lebih cepat dan responsif, karena efek animasi menjadi hilang, Hanya saja tampilan akan terlihat lebih kaku dan kurang halus, namun tidak akan merubah fungsi dasar pada komputer kawan-kawan.

3. Bersihkan File Sampah dengan Disk Cleanup.
Kita bisa memanfaatkan “Disk Cleanup” untuk menghapus file sampah, file sementara (temp), dan serta file yang tidak terpakai lainnya, hal ini akan membuat penyimpanan lebih lega serta membantu Windows 10 bekerja lebih cepat.

melakukan disk clean up agar windows 10 lebih cepat
melakukan disk clean up agar windows 10 lebih cepat (windows setting)

Cara disk Clean Up Windows 10, Pada drive C, klik kanan pilih “propertise” lalu pilih “disk Cleanup” centang pada bagian “recycle bin” Dan “temporary File” kemudian klik “cleanup system file”. tunggu beberapa saat agar proses berjalan. lalu Klik “ok”

4. Mematikan Windows Defender Untuk Anda yang faham resikonya.
Beberapa orang menyarankan agar mematikan fitur windows Defender untuk mempercepat kinerja windows 10 pada laptop. Tidak bisa dipungkiri Hal ini memang akan membuat kinerja  laptop lebih cepat dan lancar. Namun kotanopan secara pribadi tidak menyarankan hal ini apalagi jika anda tidak memiliki antivirus lainya. Karena windows defender adalah antivirus bawaan Windows 10, maka jika dimatikan tentu virus akan mudah masuk, dan resiko yang dihadapi lebih besar nantinya.




5. Mematikan Auto Start Agar Membantun Windows 10 lebih cepat.
Cara mudah yang bisa digunakan sebagai Cara Mempercepat Windows 10 berikutnya adalah cukup dengan mematikan Auto Start pada laptop windows 10, Fitur ini akan mematikan program yang tidak perlu. Letak Auto Start pada windows 10 ada pada menu “Task Manager” kita bisa men”disable” program yang jarang dipakai sehingga tidak membebani Laptop. Selain itu cara ini juga membantu cara mempercepat booting windows 10.

6. Menambah kapasitas RAM Laptop.
Jika anda memiliki laptop dengan RAM yang bisa di ganti, maka langkah paling efentif untuk Mempercepat WIndows 10 adalah dengan menambah atau menganti RAM pada komputer. Hal ini memang memerlukan biaya untuk membeli RAM laptop baru atau tambahan, namun biasanya sepadan dengan hasilnya, Karena RAM sangat berpengaruh pada kecepatan Laptop atau komputer.
Idealnya untuk menjadikan Windows 10 lebih cepat sebaiknya anda mengunakan RAM 8Giga DDR 3.
baca juga:
Memperbaiki laptop tidak Bisa tersambung ke wifi
6 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama
Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows 7 10 dan 11

7. Cara Mempercepat Windows 10 Dengan  Menganti Harddisk Dengan SSD.
Jika anda masih mengunakan Harddisk maka menganti dengan SSD juga patut dipertimbangkan, mengingat SSD memiliki kecepatan transfer data dan Booting lebih cepat daripada Harddisk. Meskipun demikian harga jual SSD untuk saat juga tidak murah, jika anda berniat membeli SSD pastikan memilih produk dengan kualitas baik, mengingat data anda adalah taruhan utama nantinya. Serta pastikan anda perlu membawa laptop ke teknisi yang berpengalaman untuk merubah Harddisk  ke SSD pada laptop.
Beberapa hal diatas adalah Cara Mempercepat Windows 10 Anti lelet dan lemot versi kotanopan.com, jika anda memiliki ide lain silahkan tulis di kolom komentar ya, terimakasih.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × one =