Cara memperbaiki wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update

Cara memperbaiki wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update

Kotanopan.com. Cara memperbaiki wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update, Semenjak awal tahun 2024 ini banyak orang yang mulai mencoba untuk update ke windows 11.  Mengingat windows 10 akan mulai berhenti mendapatkan dukungan pada tahun depan seperti yang pernah kami sampaikan beberapa waktu yang lalu.

Meskipun demikian bukan berarti update dari Windows 10 akan berlangsung dengan Lancar, beberapa orang mengeluh bahwa wifi tidak terbaca di Windows 11 setelah dilakukan update. Beberapa waktu yang lalu kami juga sempat mendapatkan kendala yang sama dan memang hal ini cukup membuat kepala pening, kotanopan.com belum lama ini mendapatkan kendala wifi tidak terbaca disertai  inter (R) Wireless-ac 9560 160mhz memiliki tanda seru kuning, bahkan logo dan gambar baterai Laptop ikut hilang.

Sepanjang pengetahuan kami kendala wifi tidak terbaca di Windows 11 ini bisa terjadi pada berbagai jenis dan merek laptop,  seperti Asus ataupun Lenovo. Beberapa orang menyarankan untuk melakukan update ataupun  disable dan enable pada perangkat keras di device manager.

Solusi Cara memperbaiki wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, dan mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan sukses, dan wifi windows 11 dapat digunakan dengan normal.

Pastikan fitur wifi sudah  aktif.

Umumnya laptop memiliki kombinasi tombol FN dan tombol F tertentu di bagian atas untuk menghidupkan dan mematikan fitur wifi,  Anda juga bisa melihat di sebelah pojok kanan bawah Apakah menu dan logo wi-fi tersedia serta bisa mendeteksi jaringan wifi  yang ada.

Periksa  Device Manager.

Melakukan pemeriksaan pada device manager akan membantu kita memastikan, Apakah perangkat keras wifi terbaca serta tersedia. Jika anda melihat bahwa tidak ada sama sekali perangkat wifi yang terbaca, maka bisa jadi driver yang anda miliki belum lengkap. Driver adalah perangkat lunak yang umumnya bisa dilakukan untuk membaca perangkat keras bagi Bluetooth ataupun Wifi.




Jika perangkat keras pada bagian Network Adapter belum terbaca Sebaiknya anda melakukan instal driver secara manual untuk melakukan update driver. Caranya Buka device Managger, Klik Kanan pada bagian Network Adapter Kemudian pilih  Scan for hardware Changes,  hal ini berguna untuk memastikan Apakah ada perangkat keras Wifi yang terbaca namun belum memiliki Driver.

Baca Juga:  Memperbaiki Wifi Laptop Tidak Terdeteksi Setelah Instal Ulang

Menggunakan menu trouble shooting  pada Windows 11.

Ini adalah salah satu menu atau program bawaan Windows yang umum digunakan untuk melakukan perbaikan secara otomatis ketika terjadi kegagalan fungsi,  ataupun masalah pada Windows seperti suara yang tidak keluar ataupun Wifi yang  tidak terbaca dan kendala  lainnya

Cara memperbaiki wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update
Cara memperbaiki wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update

Reset pengaturan jaringan.

Melakukan reset pada pengaturan jaringan Windows diklaim mampu menyelesaikan masalah wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update  ataupun install ulang. Proses pengaturan jaringan tidak akan membuat data ataupun aplikasi Anda hilang, umumnya beberapa pengaturan pada wifi akan kembali ke pengaturan awal namun hal ini tidak akan berpengaruh pada data yang anda miliki.  Menu reset jaringan bisa anda temui di bagian adapter ataupun pengaturan wifi,  biasa juga dikenal sebagai Network Reset.

Rubah pengaturan pada services .

Cara ini juga diklaim cukup ampuh mengatasi  ketika wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update, namun perlu diingat jika anda merubah pengaturan pada services mode,  sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan Apa yang anda. Karena perubahan pada sistem ini secara sembarangan bisa jadi akan membuat perangkat anda mengalami kendala lebih banyak lagi.

Solusi paling mudah  dan efektif.

Lakukan restore  pada Windows 11,  Pada beberapa kasus Anda tidak akan bisa langsung melakukan restore pada Windows 11. Karena ketika terjadi gagal aktif atau gagal download anda melakukan update sistem seolah-olah akan terkunci dan tidak bisa di restore.  Namun Jangan khawatir sebenarnya cara ini masih bisa diatasi dengan recovery sebelum laptop benar-benar menyala 100%.

Padamu di pencarian minggu di kiri bawah ketik “advance startup”  maka anda akan mendapatkan menu recovery dan advance startup,  pada bagian ini pilih  restart now. Maka laptop akan rusak kemudian cari menu restore sebelum laptop menyala 100.




Anda akan menemukan menu restore atau recovery,  perlu diingat ketika anda melakukan recovery ini pastikan bahwa perangkat terhubung secara terus agar tidak terjadi gagal karena kehabisan baterai. Kotanopan.com sendiri  sering menggunakan cara  di atas,  karena Tingkat keberhasilan lebih tinggi. Dan kita tidak perlu merubah pengaturan-pengaturan sistem yang terkadang bisa menimbulkan masalah baru.

Baca Juga
Perbedaan GPU dan CPU Handphone dan Fungsinya Masing-masing
Cara Reset Nopol Subsidi Tepat Mypertamina Dan Mendaftar Ulang
Dukungan Windows 10 Berhenti Tahun Depan Apa Yang Harus Dilakukan?

Mudah bukan Cara memperbaiki wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update  atau instal ulang?  Kami sendiri sudah mencoba berbagai tutorial yang ada di internet,  Namun sepertinya masih banyak yang kemudian belum menyelesaikan masalah.

Ikuti Kotanopan.com di news.google.com untuk mendapatkan update terbaru informasi teknologi

 

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 4 =