Cara Update Laptop ke Windows 11 Periksa Dulu Komputer anda

Cara Update Laptop ke Windows 11 Periksa Dulu Komputer anda

Kotanopan.com. Microsoft sendiri telah resmi mengumumkan bahwa dukungan untuk Windows 10 akan berakhir pada tahun 2025.  Lantas bagaimana Cara Update Laptop ke Windows 11? Sebelumnya ada baiknya kita Periksa Dulu Komputer anda. Apakah mendukung untuk operasi sistem windows 11 atau tidak, mengingat cukup banyak keluhan pengguna yang kemudian merasakan Laptop ataupun komputernya bermasalah setelah melakukan Update secara mandiri dan Online.

Cara Update Laptop ke Windows 11 bukanlah hal yang sulit, kita bisa melakukanya secara mandiri tanpa perlu pergi ke service center, kita hanya perlu memastikan bahwa komputer atau laptop mendukung windows 11, serta cara-cara yang bisa dilakukan ketika muncul kendala.

Secara teknis untuk instal windows 11 cukup sederhana, siapkan Internet yang stabil kemudian sambungkan Laptop ke pengisi daya atau charger dan buka Pembaruan Windows di Pengaturan.

Cara Update Laptop ke Windows 11 Periksa Dulu Komputer anda
Cara Update Laptop ke Windows 11 Periksa Dulu Komputer anda (.microsoft.com)

Menunggu Pembaharuan Resmi

Jika kita melakukan Ugrade komputer dari Windows 10, sebaiknya tunggu hingga kita diberi tahu melalui Pembaruan Windows bahwa pemutakhiran siap untuk perangkat Anda. Untuk memeriksa apakah Windows 11 siap untuk perangkat Anda, pilih  Mulai >  Pengaturan >  Pembaruan & Keamanan >  Pembaruan Windows >  Periksa pembaruan, maka akan muncul opsi udate secara online jika perangkat anda mendukung.

Namun Jika Windows 11 secara resmi tidak mendukung PC anda, maka kita tidak akan pernah melihat pembaruan yang ditawarkan melalui Pembaruan Windows online. Namun jangan khawatir, karena Windows 10 masih akan didukung secara resmi hingga akhir tahun 2025.




Spesifikasi Minimum Windows 11

Dikutip dari www.microsoft.com, Persyaratan sistem Windows 11 secara minimum adalah:
– Prosesor 1 gigahertz (ghz)  atau lebih cepat dengan 2 inti atau lebih pada  prosesor 64-bit
– Ram 4 GB,
– Hardisk / SSD 64 GB atau lebih.
– UEFI, berkemampuan Safe Boot.
– Mendukung Directx 12
– Layar HD 720 lebih dari 9Inc.
– Serta tentu saja koneksi internet stabil dengan kecepatan yang mencukupi

Spesifikasi diatas, tentu saja hanya untuk spesifikasi Cara Update Laptop ke Windows 11, belum termasuk program tambahan yang pasti anda butuhkan, seperti word, excel ataupun power point dan pemutar video serta Aplikasi Browsing internet.




Jika Laptop Tidak suport?

Lantas bagaimana jika Microsoft mengatakan perangkat laptop ataupun komputer kita tidak mendukung update Windows 11? Tidak perlu khawatir pada dasarnya kita tetap bisa melakukan update dan laptop ke Windows meskipun sistem mereka mengatakan tidak mendukung.  Namun belum tentu kedepannya semua akan terus baik-baik saja. Hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan update jika Perangkat tidak mendukung adalah install ulang secara manual.

Baca Juga:  Solusi Instal Ulang Laptop Lenovo V330-14IKB ke Windows 7 64Bit Keyboard Dan touchpad tidak berfungsi

Sebelum anda melakukan instal ulang dari Windows 11,  sebaiknya simpan  dahulu Data Anda  ke flash disk. hal ini untuk mengantisipasi Jika ternyata terjadi kegagalan install ataupun Anda harus melakukan Format pada hardisk.  Cara Instal  ulang Windows 11 manual paling umum saat ini adalah menggunakan flashdisk bootable, yang sudah diisi dengan program Windows 11 dari Microsoft.

Kotanopan.com menyarankan gunakan Flashdisk 16 GB dan program Rufus agar lebih mudah dalam proses instalasi, dan tentu saja Rufus masih gratis hingga sat ini.Untuk membuat USB flasdisk instalasi anda bisa membaca caranya di Cara Install Ulang Windows Dengan Flashdisk dan Rufus yang pernah kami bahas, serta tempat dimana anda bisa download rufusnya.




Kendala yang terjadi setelah instal ulang dan Update Windows 11.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setelah kita melakukan update dari Windows 10 ke Windows 11,  akan tetap memiliki beberapa resiko tersendiri. meskipun kita melakukannya melalui update secara online yang sudah disediakan sebelumnya oleh Microsoft.  beberapa kendala yang terjadi setelah instal ulang akan kami bahas beserta solusinya melalui artikel di bawah.

Wi-fi tidak terbaca.

Hal adalah salah satu masalah yang umum sekali terjadi,  tidak peduli apa merek laptop ataupun komputer anda hal ini tetap bisa saja menghampiri Anda setelah melakukan instal ulang pada sebuah komputer atau laptop.Kami pernah membahas hal tersebut di Cara memperbaiki wifi Tidak Terbaca Di Windows 11 Setelah Update. namun solusi awal paling mungkin yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan aktivasi Wifi pada menu BIOS dan update atau install driver yang sesuai dengan perangkat wireless atau WiFi anda.

Touchpad atau mouse pad tidak bergerak.

 Meskipun sangat jarang terjadi namun kendala ini Pernah kami temui pada beberapa jenis perangkat. Ketika anda menemui masalah Touchpad atau mouse pad tidak bergerak setelah instal windows 11. Maka seperti sebelumnya periksa pada pengaturan Bios, kemudian periksa Device manager dan lakukan Instal Driver sesuai jenis perangkat anda. Anda juga bisa membaca pembahasanya pada 8 Cara Mengembalikan Kursor Laptop Yang hilang pada Windows atau bisa gunakan Driver pack untuk memudahkan proses scan Driver. Ikuti Kotanopan.com di news.google.com untuk mendapatkan update terbaru informasi teknologi

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 20 =