Perbedaan GPU dan CPU Handphone dan Fungsinya Masing-masing

Perbedaan GPU dan CPU Handphone dan Fungsinya Masing-masing

Kotanopan.com. Perbedaan GPU dan CPU Handphone dan Fungsinya Masing-masing, Banyak dari kita yang tentu sudah sering mendengar tentang  GPU (Graphics Processing Unit) dan CPU (Central Processing Unit).  Namun mungkin tidak semua orang mengetahui perbedaan CPU dan GPU pada perangkat seluler.  Meskipun keduanya memiliki nama yang mirip pada dasarnya keduanya memiliki fungsi yang berbeda namun tetap saling mendukung.

CPU sering juga diartikan sebagai otak pemrosesan dari handphone, di mana bertanggung jawab untuk melakukan pemrosesan data informasi serta sistem operasi dan tidak lupa aplikasi tentunya. Pada dasarnya bisa dikatakan CPU mengatur Semua sistem termasuk sumber daya.

Secara garis besar bisa dikatakan bahwa CPU bertanggung jawab untuk memproses informasi mengolah serta mengatur seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh smartphone.  Dalam hal ini CPU sendiri dibantu oleh GPU dalam memproses gambar ataupun tampilan yang muncul di layar handphone, agar dapat lebih menarik dan halus.




GPU sendiri fungsinya adalah untuk mengolah tampilan,  mirip seperti VGA yang biasa ada pada komputer. GPU pada chipset handphone berfungsi untuk mengolah tampilan visual dari aplikasi ke layar handphone. Umumnya semakin tinggi kemampuan GPU maka gambar yang dihasilkan akan semakin halus Smooth serta memiliki resolusi yang lebih detail. Fungsi GPU juga untuk menjaga agar FPS tetap stabil,  cepat melakukan refresh dan tidak patah-patah tentunya ketika kita bermain game.

Perbedaan GPU dan CPU Handphone dan Fungsinya Masing-masing
Perbedaan GPU dan CPU Handphone dan Fungsinya Masing-masing (pexels.com)

Berbeda dengan GPU pada PC atau laptop yang umumnya bisa kita naikkan kemampuannya ataupun ganti dan di upgrade, GPU pada smartphone umumnya bersifat Tertanam di dalamnya sehingga kita tidak bisa menggantinya secara sembarangan. Untuk Anda yang mungkin suka bermain game dengan Handphone alangkah lebih baiknya membeli perangkat dengan chipset kelas atas serta memiliki GPU dengan kemampuan yang tinggi untuk menghasilkan pengalaman permainan game yang menyenangkan.

 

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang  berbeda,  namun pada dasarnya arsitektur antara GPU dan CPU menggunakan inti yang menjalankan fungsi komputasi serta logika. Awalnya CPU umumnya hanya memiliki satu inti tunggal, Tapi saat ini CPU sendiri sudah memiliki beberapa Inti. Hal ini membuat kinerja CPU menjadi lebih cepat efisien dan hemat energi. 




Perbedaan GPU dan CPU Handphone dan Fungsinya

Fungsi.

Perbedaan utama antara CPU dan GPU paling mendasar terletak pada fungsi,  sebuah perangkat smartphone  tidak dapat berjalan tanpa adanya CPU di dalamnya.  Hal ini disebabkan karena CPU sendiri menangani semua fungsi serta tugas yang ada terutama pada perangkat lunak.  Di sisi lain GPU sendiri bertugas untuk mendukung CPU dalam melakukan kegiatan sebagai perhitungan serta tampilan pada grafik

Baca juga:
Download Driver VGA CARD GT 730 DDR3 Windows 10 dan 11 Update
Rekomendasi Program AI untuk Membuat Slide PPT Presentasi Mudah
Dukungan Windows 10 Berhenti Tahun Depan Apa Yang Harus Dilakukan?

Desain.

GPU sendiri Unggul dalam pemrosesan sistem pararel atau unit logika aritmatika,  sementara CPU sendiri bisa memproses beberapa perintah secara lebih cepat jika dibandingkan dengan GPU yang hanya mengambil instruksi dengan volume tinggi serta kemudian mendorongnya dengan kecepatan yang lebih tinggi.  Hal itu menyebabkan GPU sendiri biasanya hanya dipakai untuk melakukan pemrosesan pada grafis gambar video ataupun tampilan permainan game. Dari ulasan Perbedaan GPU dan CPU Handphone dan Fungsinya Masing-masing diatas, semoga kita bisa lebih bijak salam memilik perangkat yang kita butuhkan, serta disesuaikan dengan keuangan tentunya.

Ikuti Kotanopan.com di news.google.com untuk mendapatkan update terbaru informasi teknologi

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 3 =