Cara Download Aplikasi dari play store Dengan Aman

Cara Download Aplikasi dari play store Google Play Protect

Kotanopan.com. Cara Download Aplikasi dari play store Dengan Aman. Sebagai pengguna android tentu kita tidak asing dengan Play Store. Penyedia aplikasi tempat dimana kita bisa mendownload berbagai macam permainan, hiburan hingga aplikasi penunjang pekerjaan. Jika anda masih baru dalam menggunakan Android kita akan membahas, Cara mengambil Aplikasi dari play store Dengan cara yang Aman.

Kenapa kami katakan aman? karena saat ini masih banyak pemilik pernagkat android yang berfikir bahwa Play Store adalah tempat yang 100% aman untuk mendownload Aplikasi. Padahal kenyataanya tidak selalu. Kita tentu pernah mendengan bahwa Google menghapus atau melakukan Take Down terhadap beberapa aplikasi yang ada di Toko aplikasi mereka bukan?

Bagaimana Cara Download Aplikasi dari play store Dengan Aman ??

1. Aktifkan Play Protect.

Salah satu fungsi utama fitur ini adalah, untuk membantu menjaga keamanan aplikasi Anda & kerahasiaan data Anda. Google Play Protect adalah perangkat lunak bawaan yang selalu ada di Play Store saat ini. Secara default perlindunganya akan aktif jika kita tidak mematikanya sendiri. Untuk mengaktifkanya anda bisa membaca pada artikel Arti sideloading android dan Bahayanya yang Mengintai kita Yang pernah kami ulas sebelumnya.

Cara Download Aplikasi dari play store Google Play Protect
Cara Download Aplikasi dari play store Google Play Protect

2. Tidak kenal? jangan download

Supaya handphone Anda tidak kena virus malware, jangan pernah asal download aplikasi yang nggak terlalu penting ya. Yang harus kita fahami sebelum mendownlaod aplikasi tersebut adalah. Kita harus memahami fungsi daripada aplikasi tersebut. Cara Download Aplikasi seperti ini akan mencegah kita dari program jahat yang mengangu nantinya.

3. Jangan Klik Link Sembarangan.

Klik Link sembarangan, yang kemudian mengarahkan ke sebuah aplikasi tertentu. Juga bisa membuat kita mendownload aplikasi berbahaya. Hindari klik Link yang anda tidak kenal, atau tidak jelas sumbernya.

4. Hindari situs Ilegal.

Beberapa situs-situs ilegal juga bisa membuat anda mendownload sebuah aplikasi tertentu yang tidak aman. Hanya kunjungi situs yang aman saja untuk menghindari kerusakan pada perangkat anda karena Malware, adsware ataupun aplikasi berbahaya lainya.




5. Gunakan akun Google Sendiri.

Jika anda membeli handphonde dari tangan kedua, pastikan bahwa perangkat tersebut mengunakan akun google milik anda sendiri. Serta semua data-data aplikasi yang lama sudah dibersihkan dengan baik.

Baca Juga:  Review Kamera IPcam Imou Setelah beberapa Bulan digunakan

6.Periksa Penilaian dan Ulasan Aplikasi.

Sebelum memutuskan mengunduh aplikasi di play store, Baca penilaian dan ulasan dari pengguna lain yang sudah mencobanya. Hal ini dapat memberikan gambaran tentang keamanan dan kualitas aplikasi yang ingin Anda download nantinya.

7. Periksa Perizinan aplikasi.

Perizinan aplikasi adalah Izin yang Diminta saat anda mengunakanya. Saat mengunduh aplikasi, perhatikan izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Pastikan izin tersebut sesuai dengan fungsi dan kebutuhan aplikasi dan tidak terlalu berlebihan nantinya. Jika ada izin yang mencurigakan, sebaiknya hindari untuk mendownload aplikasi tersebut.

Baca juga:
Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload Whatsapp
Tidak Bisa download Di Playstore Padahal Memory Kosong
Cara Mengaktifkan Fungsi Kontrol Orang Tua pada Android Play store

Kesimpulan;

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengunduh aplikasi dari Play Store dengan lebih aman. Apabila anda menemukan aplikasi dengan banyak unduhan tetapi memiliki hanya sedikit ulasan, sebisa mungkin hindari dahulu untuk mengunduhnya. Berhati-hati juga terhadap aplikasi yang meminta izin khusus, terutama jika izin yang diminta tak ada hubungannya dengan fungsi aplikasi nantinya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 6 =