Penyebab dan Cara Mengatasi Foto WA Tidak Terlihat di Galeri

Penyebab dan Cara Mengatasi Foto WA Tidak Terlihat di Galeri

Kotanopan.com. Penyebab dan cara mengatasi foto WA tidak terlihat di galeri HP bisa bermacam-macam. Hal ini bisa karena pengaturan privasi di aplikasi WhatsApp yang membatasi penyimpanan dan akses foto ke galeri. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengecek pengaturan privasi di WhatsApp dan memastikan izin penyimpanan foto di galeri telah di izonkan.

Biasanya, saat kita menerima chat foto atau media lain di WhatsApp, maka akan terunduh otomatis dan disimpan di galeri ponsel. Tapi, kadang-kadang, foto dari WhatsApp tidak masuk ke galeri HP, meskipun sudah terunduh. Beberapa cara dibawah bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah Cara Mengatasi Foto WA Tidak Terlihat di Galeri HP:

1. Koneksi Internet Lambat.

Koneksi internet yang kurang bagus bisa jadi penyebabnya. WhatsApp butuh koneksi yang baik untuk menyimpan foto ke galeri HP. Jika koneksi internetnya lemah, foto WhatsApp mungkin tidak akan tersimpan di galeri HP anda. Coba sambungkan perangkat ke Wifi untuk download media secara optimal.




2. Rubah pengaturan Aplikasi.

Jika koneksi internet anda cukup baik, tidak ada salahnya anda melakukan perubahan Privasi dan akses aplikasi. Agar WhatsApp memiliki izin untuk mengakses serta merubah media yang ada pada perangkat Handphone anda. Caranya, masuk ke Info Aplikasi- Pilih “perizinan Aplikasi” – Lalu berikan izin pada “media” 

Penyebab dan Cara Mengatasi Foto WA Tidak Terlihat di Galeri
Penyebab dan Cara Mengatasi Foto WA Tidak Terlihat di Galeri

3. Aktifkan Auto Save.

WhatsApp memiliki sebuah fitur yang disebut Auto Save, Jika fitur Auto Save-nya dimatikan, itu bisa jadi Foto WA Tidak Terlihat di Galeri. Fitur itu yang membuat foto WhatsApp bisa terunduh dan tersimpan secara otomatis. Kalau fitur ini dimatikan, ya foto WhatsApp nggak akan terunduh otomatis dan akhirnya nggak tersimpan di galeri HP.




4. Memory Internal Penuh.

Penyebab lain Foto WA Tidak Terlihat di Galeri bisa disebabkan oleh ketersediaan memori internal yang telah terisi penuh pada perangkat. Ketika memori internal penuh, sistem operasi pada perangkat akan secara otomatis menolak permintaan penyimpanan foto dari WhatsApp.

Baca Juga:  Rekomendasi Program AI untuk Membuat Slide PPT Presentasi Mudah

5. Aplikasi WhatsApp Error.

Jika WhatsApp mengalami error maka beberapa fitur mungkin tidak akan berfungsi normal, Solusi pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan hapus Cache dan “paksa Berhenti” pada Aplikasi itu sendiri. Menghapus cache tidak akan membuat data anda hilang. Hal ini umum dilakukan agar aplikasi mengambil data cache baru lagi dari Server WhatsApp.

6. Restart Perangkat.

Tindakah sederhana seperti Restart Perangkat adalah Cara Mengatasi Foto WA Tidak Terlihat di Galeri paling mudah yang layak dicoba. Untuk memperbaharui jaringan internet, membuat Perangkat dan Setiap aplikasi memperbaharui proses awalnya. Matikan Handphone sekitar 1-3 menit, baru kemudian anda hidupka ulang.

 

7. Update Aplikasi WhatsApp.

Langkah terakhir dalam Cara Mengatasi Foto WA Tidak Terlihat di Galeri adalah dengan melakukan pembaruan aplikasi. Silakan buka Google Play Store. Kemudian cari aplikasi WhatsApp. Jika ada pembaruan yang tersedia, klik ‘Update‘ dan tunggu hingga prosesnya selesai. Dengan melakukan pembaruan, Anda dapat mengatasi berbagai masalah teknis yang mungkin terjadi.

Baca juga:
Solusi Download WhatsApp Mod Anti Blokir Terbaru Maret 2024?
Cara Menambahkan Suara musik pada Status WhatsApp Sendiri
Cara Melihat Pesan WhatsApp yang disembunyikan Di Handphone

Sekarang Anda telah mengetahui penyebab serta cara mengatasi masalah tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah foto WhatsApp yang tidak muncul di galeri. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan hubungi facebook admin https://web.facebook.com/wahywics/ . Kami akan bantu semaksimal mungkin.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 3 =