Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet Ketarik Banyak Paper Jam

penyebab L3210 tidak menarik kertas

Kotanopan.com. Cara Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet Ketarik Banyak Paper Jam. Sejatinya Printer Epson L3210 Sebenarnya adalah salah satu produk yang tergolong masih baru penganti L3110 yang sekarang sudah tidak di Produksi lagi. Fitur Printer L3210 Mirip dengan pendahulunya  L3110 yaitu Scan, coppy dan printer. Untuk fitur scan Copy sendiri maksimal kertas A4. Untuk anda yang hendak scan dokumen F4 ataupun legal tentu tidak cocok menggunakan printer ini dan anda perlu membeli printer Type ADF lainya.

Jika anda mengalami kendala Seperti kertas tertarik lebih dari satu lembar, atau kertas macet pada bagian roller ataupun Printer L3210 tidak mau menarik kertas sama sekali, silahkan simak Cara Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet Ketarik Banyak Paper Jam dibawah ini yang kami rangkum berdasarkan pengalaman.

1. Periksa Pegas Pengait bagian bawah.

Beberapa pengguna L3210 mengeluhkan masalah Pengait Per yang patah atau putus, per ini berhubungan dengan roller atas penarik kertas. Jika Penahan patah maka Per akan lepas sehingga roller gagal berfungsi. Hal ini adalah penyebab utama Printer Epsion L3210 Kertas Macet Ketarik Banyak setiap mencetak. Perhatikan gambar dibawah untuk melihat letak pengait penahan roller.

Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet
Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet

Untuk memastikan letak per ini anda tidak perlu membongkar printer, cukup lihat bagian bawah printer saja. letaknya di bawah printer tepat. Jika kondisi printer seperti pada gambar, solusinya adalah anda cukup membuat sebuah lubang pengit baru dengan cara panaskan jarum dan lubangi body dengan jarum panas. lalu masukan ujung Pegas ke dalam lubang yang baru dibuat. Prosesnya mungkin sedikit rumit dan anda memerlukan penahan seperti pinset ataupun pena nantinya. Namun jika per Pegas ini terlihat normal silahkan lanjutkan langkah kedua.

2. Periksa bagian dalam Printer.

Pada bagian depan printer ada penutup yang bisa di buka, tanpe perlu baut ataupun obeng. Cukup tarik sedikit maka akan terbuka. Gunakan senter dan perhatikan apakah ada kertas ataupun benda asing tersangkut didalam printer? Jika ada segera ambil dan pastikan anda mencabut kabel power listrik sebelum memperbaiki printer L3210 yang tidak bisa menarik kertas.

Baca juga:
Perbaiki Printer L5920 Kode E02 Kesalahan Pemindai
Cara Cleaning Printer L5190 Memperbaiki Hasil cetak Bergaris
Perbaiki Printer Epson L360 Lampu Power Tinta Dan Kertas Berkedip

3. Periksa Sensor kertas L3210.

Jika Printer L3210 Gagal menarik kertas dan selalu memberikan respon kertas tidak terisi maka kemungkinan kerusakan adalah pada sensor kertas. Anda bisa melihat letak sensor kertas dari belakang tatakan pengisian kertas. Bentuknya seperti roller kecil berwarna putih dan bisa digerakan dengan mudah. Jika terlihat posisinya miring atau tidak bisa digerakan. Maka besar kemungkinan sensor ini lepas atau terjatuh dari dudukanya untuk mem Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet karena sensor lepas Kita perlu membongkar printer L3210 Untuk memperbaikinya.

sensor dalam Printer l5290 penyebab kertas macet paper jam
sensor dalam Printer penyebab kertas macet paper jam. Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet

4. Roller Belakang Rusak.

Umumnya aus roller penarik belakang hanya terjadi jika printer digunakan dalam jangka waktu lama atau mencetak dalam skala besar, namun salah satu penyebab Printer tidak bisa menarik kertas atau macet bisa juga disebabkan macetnya roller penarik kertas belakang ini. Untuk cara Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet Ketarik Banyak Paper Jam karena roller aus dan memastikannya anda perlu membongkar Printer secara langsung. karena letak roller ada di bagian dalam printer dan sulit dilihat dari Luar.




Kesimpulan Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet Ketarik Banyak Paper Jam.

Umumnya kesalahan hanyalah pada 4 hal diatas, mengingat usia printer yang masih tergolong baru. Patah pegas pengait adalah hal yang umum terjadi dan bisa dengan mudah diperbaiki tanpa perlu peralatan khusus. Selama pegas yang lepas masih bisa kita temukan, namun jika per Pegasnya hilang maka ini adalah hal yang berbeda sehingga anda perlu ke tempat service untuk membeli per Pegas baru tentunya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six − 2 =