Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018

Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018

Kotanopan.com, Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018 admin dapatkan Kemarin tepatnya minggu 2 Juni 2019, pagi pukul 8.45 Admin kotanopan iseng melakukan update ke salah satu perangkat admin yaitu Samsung Galaxy A9 2018, yang pada awalnya mengunakan android oreo versi 8 ke android Pie versi 9. Dan ternyata saya menyesal sangat, karena Baterai samsung A9 menjadi cepat sekali habis, mirip waktu admin menjadi Instruktur pelatihan Jinhandak, dan ternyata salah satu pesera salah potong kabel, nilai angkanya terjun bebas tak menentu,
PERINGATAN: Baca tutorial ini sampai selesai sebelum anda memulai setiap langkah demi langkah
Akhirnya daripada saya susah terpaksa siang itu sekitar pukul 14.00WIB 2 Juni 2019 saya niatkan

Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018.
Oke Pertama adalah, siapkan dulu Odin,USB driver Samsung terbaru + Firmware Samsung Galaxy dari www.sammobile.com. Register dulu baru bisa download, cari yang memiliki Building number sama ya.
Baca juga:Ciri-Ciri WhatsApp disadap dan Cara Mengatasi WA Disadap

Setelah itu, Backup semua data di perangkat samsungnya, dan usahakan Log out dari semua akun perangkat (google, Samsung akun), atau pastikan anda ingat nama E-mail dan sandi perangkat.
kalau ragu, Log out saja dan hapus data akun + Buat e-mail baru dan pastikan ingat E-mail + kata sandi, dan masukan ke Perangkat. Hal ini bertujuan agar nanti perangkat tidak terjebak dalam Samsung akun /FRP. Karena kalau kejebak di samsung akun harus membuka lagi dan itu juga gampang-gampang susah lho.



setelah semua file di download dan ektrak.
1. Instal USB samsung Driver sampai berhasil (ciri kalau berhasil adalah, perangkat akan terbaca jika di colokan ke komputer. Akan terbaca nama perangkat).
Download Samsung USB driver bisa di Sini 

2. Ekstrak Samsung Firmware dan letakan 1 Folder dengan Odin, untuk Odin saya rekomendasikan ODIN versi 13. gunakan versi tertinggi, BL, AP, CP dan CSC akan kita masukan semua, agar lebih stabil.
Odin bisa ambil di  SINI

3. Lalu Buka Odin dengan “run Administrator” .

Sekarang Kita mulai Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy ini.
1 Masuk ke Mode Download,
Untuk cara masuk ke Mode Download Samsung Galaxy A9 ini agak berbeda ya. Pastikan batre masih minimal 60% Atau lebih sebelum memulai Proses ini.
Pertama ambil kartu GSM, microSD dan Matikan perangkat sampai Bergetar 1x dan mati.

2.Colokan perangkat ke komputer / laptop Melalui Kabel USB, Lalu tekan tombol “bixby + Power Down (turun) + Power” Tahan sekitar 5-10 detik, Maka Samsung Galaxy akan masuk Mode Download.
Jika bingung silahkan lihat gambar dibawah, tombol mana yang di pencet pada kondisi Mati.
Baca juga:Aplikasi Untuk Melihat Nama Kita di Kontak Whatsapp Orang Lain

Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018

Cara Masuk Mode Download Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 20183.
Baca juga:Aplikasi Penganti BBM Resmi Dari Blackberry Yang Tidak Kalah Seru

Jika sudah akan muncul layar peringatan, Pencet bagian Volume Atas untuk Konfirmasi tindakan.
maka anda akan menemukan Tulisan “Curent Binary : Samsung Official”, System Status dan lainya.
Pada kondisi ini biarkan saya perangkat tetap menyala dan terhubung ke Kabel USB.

4 Pada Program ODIN yang kita buka tadi pastikan ada perangkat terbaca di “PORT…… ) dan ada warna biru.



Klik BL, AP, CP dan CSC satu persatu, dan arahkan ke File yang sudah kita download tadi, alihkan dan isi satu2, biasa saad memasukan AP maka ODIN Not Responding sebentar, biarkan aja gpp, tunggu 1-3 Menit sampai ODIN normal. Pada kolom Bawah sendiri yaitu USERdata tidak usah di isi apa2.
Nantinya akan ada sisa 1 File dari Jumlah file yang kita masukan biasanya File “CSC_Home” tidak dipakai. jadi biarkan saja file itu tidak masuk ke ODIN, karena Untuk CSC kita hanya pakai 1 file saja.
Baca juga:
Cara Factory Hard Reset Handphone Lenovo A1000M

Jika semua langkah sudah dijalankan, dilalui dan settingan Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018 sudah sesuai, cek sekali lagi agar kita yakin. Maka silahkan ikuti langkah berikutnya, Pada Option centang hanya 2 pilihan Yaitu “Auto Reboot dan F. Reset Time”
Selain itu biarkan. Next… Baca Do’a dan tekan Tombol START. Lalu Tunggu saja hingga ada tulisan “PASS” berwarna hijau di tampilan program ODIN dan perangkat akan reboot, mati dan hidup sendiri.
Proses sekitar 4-9 menit tergantung kualitas kabel dan Komputer yang digunakan.
jika anda binggung silahkan lihat gambar dibawah.

Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018
Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018

Jika perangkat sudah mati dan hidup lagi, maka Proses Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 sudah selesai, dan silahkan masukan e-mail + pasword yang dipakai diperangkat.
Mudah bukan? Dibawah adalah Gambar Samsung Galaxy A9 milik admin sebelum dan sesudah Downgrade dari Android Pie 9 ke oreo 8.0.

Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8
Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8

lakukan dengan penuh kesadaran, dan ingat resiko kegagalan ditangung anda sendiri. Yang admin kotanopan tulis adalah pengalaman admin sendiri, bukan copas sana-sini ya.
Awalnya saya jgua sempat ragu untuk melakukan Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018 ini, Ya Karena harganya juga tidak murah, terakhir admin beli sekitar 4. jutaan juga seh, kan lumayan kalau beli lagi. Akan tetapi saya fikir, batrenya juga boros, sedikit-sedikit pasti saya harus charger, dan resiko juga HP cepet rusak batre cepat drop.  alhasil saya nekatkan juga untuk Donwgrade ke android 8.0.





Untuk Anda yang mengalami Bootlop atau layar hanya hanya berhenti di Logo saja, maka tunggu saja dulu 5-10 menit dan biarkan, karena Proser start awal akan akan agak lama. Karena ada optimasi ratusan aplikasi yang terpasang. Jika ternyata 30 menit tidak juga menyala, coba matikan perangkat 30 menit dan hidupkan kembali.
Baca juga:Aplikasi Merubah Wajah Jadi Cowok yang Bikin Heboh

Jika ada pertanyaan ataupun Lainya, silahkan Tulis komentar di bawah. Terimakasih sudah membaca Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8.

Author: Mr. wics

3 thoughts on “Cara Downgrade Android Pie 9 Ke Oreo 8 Samsung Galaxy A9 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *