6 Langkah cara Memperbaiki Blender tidak Bisa berputar

Cara perbaiki Blender tidak bisa berputar

Kotanopan.com Melalui langkah Cara Memperbaiki Blender tidak Bisa berputar ini admin harap para bapak dirumah bisa memperbaiki sendiri Blender yang biasa digunakan ibu-ibu yang rusak. Blender sebagai salah satu alat bantu memasak untuk membuat Jus, menghaluskan bumbu dan buah saat ini sudah menjadi peralatan dapur yang umum di miliki siapapun. Apalagi untuk sebuah keluarga besar. Jika blender dirumah macet, tidak mau menyala dan berputar atau mati sama sekali silahkan simak Cara perbaiki Blender mati yang akan kami rangkum dalam beberapa langkah, pastikan blender sudah tidak terhubung ke listrik ya:

1. Periksa kabel Yang terhubung ke listrik.

Hal pertama adalah lakukan pemeriksaan pada kabel colokan yang terhubung ke listrik rumah guna memastikan bahwa kabel tersebut normal bisa mengalirkan listrik. Jika dirumah memiliki tespen itu akan sangat membantu. Cukup periksa saja bagian Api + pada kabel blender, kemudian balik posisi stop kontaknya untuk memastikan ke 2 kabel tidak ada yang putus.

2. Periksa kepala colokan Blender.

Jika kabel terlihat baik-baik saja, maka periksa bagian kepala colokan listrik. Bagian ini sering mengalami kerusakan, apalagi jika anda mengunakan type colokan listrik yang tipis dan berkualitas buruk besar kemungkinan bagian sambungan dalam patah lebih cepat. Coba ganti dengan colokan yang baru dan lebih baik, Umumnya berbentuk lebih bulat dan besar serta terdapat baut pengunci kabel, hal ini bisa menjadi cara Memperbaiki Blender tidak Bisa berputar karena kerusakan steker.



3. Periksa saklar Blender Utama.

Periksa Saklar daya utama blender untuk memastikan tidak ada kerusakan atau terbakar pada saklar. Kemudian pastikan bahwa saklar dalam posisi yang benar yaitu posisi “ON”, atau coba pencet saklar percepatan secara bergantian. Misalnya angka 1 kemudian 2 dan seterusnya. Jika blender hidup, maka artikan kerusakan hanya karena saklar saja, Ada cukup mengantinya.

4. Periksa Sensor Mangkuk atau Gelas Blender.

Pada beberapa model Blender terbaru dilengkapi juga dengan semacam Switch atau saklar pengaman otomatis. Yang berfungsi untuk memastikan gelas blender sudah dipasang baru kemudian dinamo blender bisa berputar. Jika saklar ini rusak maka blender tidak akan bisa berputar, dikarenakan switch tidak bisa mendeteksi keberadaan gelas. Letak Sensor berada di bagian dalam jika ternyata kabel pengaman putus maka sebaiknya disambung kembali agar arus listrik bisa mengalir ke dinamo utama.

Cara perbaiki Blender tidak bisa berputar
Cara perbaiki Blender tidak bisa berputar, sensor mangkok gelas blender

5. Dinamo Blender Overheat.

Jika anda mengunakan blender secara terus menerus dalam waktu yang lama, maka sensor panas atau sekring akan mendeteksi suhu berlebih dan secara otomatis memutuskan arus ke spool dinami. Hal ini untuk mencegah mesin pemutar tarbakar karena overheat. Umumnya masalah overheat tidak perlu penanganan lebih, cara Memperbaiki Blender karena terlalu panas hanya cukup biarkan blender dalam kondisi tidak bekerja serta menarik colokan yang terhubung ke listrik. Diamkan sekitar 15-20 menit dan Blender akan bisa digunakan kembali.



6. Periksa bagian dinamo Blender.

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas, blender Anda masih tidak berputar, masalahnya mungkin ada pada Dinamo utama. Motor yang rusak atau terbakar dapat menyebabkan blender berhenti berfungsi. Setelah membongkar badan blender, coba cek dinamo, apakah ada bagian yang terputus? apakah ada bagian yang meleleh? ataukah terbakar dan berbau gosong? Jika iya, maka dapat dipastikan blender tidak akan berfungsi, sehingga kita harus mengganti bagian motor dinamo blender Dalam 6 Langkah cara Memperbaiki Blender tidak Bisa berputar karena kerusakan dinamo kotanopan sarankan membawa blender ke tempat service, karena pengantianya memerlukan keahlian khusus.
baca juga:
Cara Perbaiki Kipas Angin Berputar pelan atau mati total
Cara Perbaiki Spray Gun Cat Elektrik Mati Macet beserta foto
Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak dengan alat sederhana

Kesimpulan Langkah cara Memperbaiki Blender tidak Bisa berputar.

beberapa cara diatas bisa dilakukan tanpa peralatan khusus, namun jika anda ragu dan tidak memiliki dasar elektronika yang cukup sebaiknya jangan dilakukan. Pastikan anda melepas colokan listrik sebelum memulai langkah perbaikan benda elektronik apapun.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + 17 =