Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak dengan alat sederhana

Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena PCB konslet

Kotanopan.com. Stavolt atau singkatan dari Stabilizer Voltase, beberapa orang menyebutnya dengan nama Automatic Voltage Regulator, adalah perangkat yang berguna untuk menjaga kestabilan aliranl istrik ke berbagai perangkat elektronik di rumah atau kantor. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga agar arus listrik tetap Stabil tidak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. JIka stavolt anda tidak berfungsi cobalah Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak dengan alat sederhana.

Sebelum mulai membongkar Stavolt Yang Rusak pastikan anda sudah memutus semua aliran listrik dengan cara mencabut colokannya dahulu.
1. Pertama Periksa bagian dalam Stavolt:
Anda dapat membuka casing stavolt dengan hati-hati. Umumnya hanya perlu obeng – atau + Periksa komponen bagian dalam, terutama bagian seperti PCB (board Komponen) Perhatikan apakah ada tanda-tanda kerusakan fisik seperti komponen yang meleleh, terbakar, atau bau hangus. Jika anda mencium bau hangus, besar kemungkinan PCB modul mengalami kerusakanatau terbakar. Maka Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena PCB terbakar atau konslet adalah dengan menganti komponen dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena PCB konslet
Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena PCB konslet (dokpri)

2. Periksa Bagian Arang Diatas lilitan:
Stavolt Yang Rusak dan tidak bisa menstabilkan arus umumnya terjadi karena kerusakan pada bagian arang, komponen ini terletak dibagian atas lilitan tembaga dan sering bergerak sehingga rawan aus. Ciri komponen ini rusak umumnya Stavolt tetap menyala, namun tidak mengeluarkan suara dan arus tidak bisa distabilkan.
Untuk Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena arang habis maka anda cukup menganti dengan komponen arang yang baru sesuai Ukuran bawaan Stabilizer Voltase milik anda.

Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena Arang habis
Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena Arang habis (dokpri)

3. Cek sekring atau Fuse pada Stabilizer
Stavolt umumnya dilengkapi dengan Sekring untuk pengaman jika terjadi short atau konslet. Periksa fuse stavolt, jika Anda melihat bahwa fuse terbakar atau rusak, gantilah dengan fuse yang baru. Ciri Stavolt rusak Sekring adalah arus tidak masuk padahal colokan listrik sudah dipasang ke listrik PLN Serta saklar sudah dalam kondisi On. Beberapa Stabilizer Voltase sudah mengunakan Saklar MCB yang juga berfungsi sebagai saklar serta sekring.




4. Periksa kabel dan konektor Lihat apakah ada bagian terbakar atau hitam.
Kerusakan seringkali bermula dari kabel atau konektor yang longgar atau rusak. Periksa dengan seksama kabel masukan dan keluaran stavolt. Perhatikan apakah ada bagian komponen berwarna hitam atau kabel putus dan terbakar.

Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena resistor terbakar
Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena resistor terbakar (dokpri)

Baca juga:
Cara dan Biaya Pengurusan SLO Surat Laik Operasi Untuk Instalasi Listrik PLN
Merakit Mesin Pembuat dan pencetak Mie Listrik
Cara Pasang Set Top Box Ke TV LED dan Tabung 2023
Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak karena kabel terbakar adalah menganti dengan kabel baru yang masih utuh. Namun perlu di ingat kabel terbakar menandakan ada kerusakan lain pada komponen tertentu sehingga perlu dipastikan apakah ada bagian yang rusak, seperti kabel menempel pada gorund, atau komponen kotor, resistor terbakar serta transistor terbakar serta mengelembung.



Cara Memperbaiki Stavolt Yang Rusak adalah hal yang sederhana namun perlu kehati-hatian dan sedikit pemahaman tentang elektronik. Dengan trik cara diatas tidak ada salahnya Anda dapat mencoba untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada stavolt. Jika Anda tidak yakin mana yang rusak sertau masalahnya  terlihat kompleks, sebaiknya minta bantuan dari tukang elektronik yang berpengalaman dalam Memperbaiki perangkat elektronik. Ingatlah bahwa keamanan selalu menjadi prioritas utama saat berurusan dengan perangkat listrik apapun dan dalam kondisi seperti apapun.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + 12 =