Waspada Modus Kejahatan e-SIM Swap yang menguras rekening Korban

Modus Kejahatan e-SIM Swap

Kotanopan.com. Waspada Modus Kejahatan e-SIM Swap yang menguras rekening Korban. Di era digital saat ini modus penipuan semakin beragam mulai dari pencurian data pribadi,  hingga pencurian uang yang berada di rekening. E-SIM Swap  adalah salah satu modus kejahatan yang perlu Kita waspadai.  Bagaimana cara kerjanya dan cara untuk menghindarinya? 

Modus Kejahatan e-SIM Swap adalah melakukan penipuan kepada korban, dan mengambil data Pribadi, kemudian mengambil alih kartu SIM korban  dan merubah ke kartu SIM digital nasabah.

Modus pelaku kejahatan mengambil data korban umumnya masih menggunakan metode Phishing dan rekayasa sosial atau sosial Engineering. Phishing sendiri adalah salah satu modus Penipuan Paling tua di dunia.

Modus Kejahatan e-SIM Swap
Modus Kejahatan e-SIM Swap (ilustrasi keamanan digital)

Modus kejahatan  SIM  Swap  berfokus pada pengambilan nomor korban untuk dijadikan Jalan bagi pelaku kejahatan agar dapat mengakses akun bank korbannya,  dan tentu saja Kemudian melakukan pengurasan. 

Proses penipuan bisa saja terjadi melalui beberapa cara seperti email Pop Up iklan serta pihak-pihak tertentu yang mengaku memberikan promo ataupun pesan teks dan telepon kepada korbannya. Pelaku-pengaku seolah mereka adalah perwakilan dari pihak resmi atau lembaga terpercaya untuk memperdaya korban agar memberikan data pribadi dan sensitif.




Setelah para penipu mendapatkan data pribadi milik korban, data tersebut akan digunakan untuk meretas rekening korban dan kemudian menguras isi rekening mereka. Salah satu manipulasi yang digunakan oleh pelaku adalah dengan berpura-pura sebagai korban mereka dan melakukan transaksi keuangan tanpa sepengetahuan korban itu sendiri.

Bagaimana cara menghindari modus kejahatan e-SIM Swap yang menguras rekening ini? Pertama jangan pernah memberikan data pribadi kita kepada pihak-pihak tertentu yang kita tidak yakini kebenarannya. Terutama jika mereka mengaku sebagai pihak bank atau sebuah layanan tertentu yang kita sama sekali tidak pernah berlangganan sebelumnya.

Tindakan kejahatan Swap e-sim  ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu,  sehingga beberapa bank saat ini melakukan verifikasi ulang ketika sim card masalah mereka diganti.   Karena pada dasarnya setiap sikap memiliki  identitas unik selain nomor kartu itu sendiri. 




Data adalah sebuah sumber daya untuk saat ini, Sehingga harus kita jaga dengan sangat hati-hati agar data-data kita tidak dicuri oleh penjahat. Jika anda tiba-tiba menemukan bahwa kartu SIM Anda tidak dapat digunakan atau whatsapp anda tiba-tiba tidak bisa dibuka Dan terdaftar di perangkat, setelah anda memberikan data pribadi kepada pihak-pihak tertentu. Alangkah baiknya anda mengkonfirmasi kepada operator seluler Apakah memang ada gangguan dengan kartu SIM Anda.

Baca juga:
Waspada ini Cara Penipu Membohongi Korbanya Di aplikasi Lewat Internet
Pengertian Kejahatan Phising Internet Dan Bahayanya Bagi Kita
Mengulas Fakta kejahatan Penipuan lewat telepon phone Fraud ataupun Scam

Jangan pernah menerima tawaran yang terlalu spektakuler,  beberapa tawar yang spektakuler umumnya memiliki jebakan di belakang ya.  Hal tersebut yang harus kita hindari agar terhindar dari  Modus Kejahatan e-SIM Swap yang menguras rekening Korban. Jika anda memiliki pertanyaan, bisa konsultasi ke akun fb admin melalui https://web.facebook.com/wahywics/. Akan kami bantu semaksimal mungkin

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 3 =