Beberapa Kelebihan Flashdisk Dibanding Penyimpanan Drive Online

Beberapa Kelebihan Flashdisk Dibanding Penyimpanan Drive Online

kotanopan.com. Beberapa Kelebihan Flashdisk Dibanding Penyimpanan Drive Online. Sebagian dari kita mungkin sudah akrab dengan istilah penyimpanan Drive atau Awan (cloud). Ini adalah cara menyimpan file secara online yang memungkinkan Anda mengaksesnya dari mana saja, selama ada koneksi internet dan perangkat yang mendukung. Di zaman sekarang, banyak di antara kita yang menggunakan ponsel pintar atau layanan cloud untuk menyimpan data penting kita. Namun, perlu diingat bahwa penyimpanan semacam ini juga memiliki risiko kebocoran data. Oleh karena itu, ada sejumlah orang yang lebih memilih menyimpan data pribadi atau penting mereka di perangkat penyimpanan eksternal yang dianggap lebih aman, seperti flashdisk ataupun hard disk Eksternal.

Kali ini kotanopan.com akan membahas Beberapa Kelebihan Flashdisk Dibanding Penyimpanan Drive Online, secara umum berdasarkan pengalaman.

Beberapa Kelebihan Flashdisk Dibanding Penyimpanan Drive Online
Beberapa Kelebihan Flashdisk Dibanding Penyimpanan Drive Online

1. Ukuran Flashdisk Semakin efisien.

Salah satu keunggulan yang paling signifikan dari penggunaan flashdisk saat ini adalah kapasitas penyimpanannya yang luar biasa. flashdisk tersedia dalam berbagai ukuran kapasitas, mulai dari 1 GB hingga 1 TB, yang memungkinkan Anda menyimpan berbagai jenis data digital dengan mudah. Misalnya, sebuah flashdisk kecil dengan kapasitas 1 GB dapat menyimpan ratusan dokumen penting yang Anda miliki, sedangkan flashdisk dengan kapasitas lebih besar, seperti 1 TB, dapat menyimpan ribuan foto atau video beresolusi tinggi yang Anda ambil. Dengan demikian, flashdisk menawarkan fleksibilitas penyimpanan yang sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda tidak perlu khawatir lagi tentang kehabisan ruang penyimpanan untuk file-file penting Anda, baik itu untuk keperluan pribadi maupun profesional.




2. Mudah Diakses.

Menggunakan perangkat penyimpanan USB flashdisk, akan memberikan Anda kemampuan untuk mengakses data Anda bahkan ketika sinyal internet tidak stabil atau tidak tersedia. bahkan saat ini sudah ada teknologi OTG untuk mengakses File di Flashdisk melalui handphone android seperti yang pernah kami bahas pada Cara Mengunakan OTG Pada Handphone Android Berbagai merek. Apabila Anda berkeinginan untuk menyimpan atau mengambil file yang tersimpan di cloud seperti https://drive.google.com, diperlukan koneksi internet yang memadai. Hal ini berbeda dengan penggunaan drive eksternal. Cukup dengan menghubungkan flash drive ke perangkat Anda, Anda dapat mentransfer data dengan mudah tanpa perlu koneksi internet. Dengan demikian, penyimpanan USB portabel menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mengelola data Anda di mana saja dan kapan saja, tanpa tergantung pada kualitas jaringan internet.

Beberapa Kelebihan Flashdisk Dibanding Penyimpanan Drive Online
Beberapa Kelebihan Flashdisk Dibanding Penyimpanan Drive Online

3. Ukuran dan Kecepatan Akses.

Flashdisk memiliki dimensi yang kecil dan desain yang portabel, menjadikannya sangat praktis untuk Anda bawa ke mana pun Anda pergi. Ukurannya yang lebih kecil memungkinkan Anda menyimpannya dengan mudah di dalam saku atau tas Anda, sehingga Anda selalu bisa mengakses file yang diperlukan dan menggunakannya kapan saja. Ini membuatnya sangat berguna untuk orang yang sering berpindah tempat atau memerlukan akses cepat ke data mereka di berbagai lokasi. Selain itu, meskipun berukuran kecil, flashdisk ini tetap memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan ruang untuk menyimpan file penting Anda.




4. Keamanan Data yang Lebih Terjamin

Saat menyimpan file secara online, Anda menyalinnya dari komputer ke komputer atau perangkat lain. Kecuali jika Anda mengenkripsi file tersebut sebelum mengunggahnya ke web, ada kemungkinan file atau data Anda bisa diretas oleh seseorang. Sebaliknya, flash drive USB pada dasarnya bersifat pribadi, yang berarti data Anda akan tetap aman. Apalagi jika data Anda dilindungi dengan kata sandi atau dienkripsi. Hal ini memberikan lapisan perlindungan tambahan bagi informasi sensitif Anda.

Baca juga:
Cara Menghapus File di Google Drive Sampai Bersih Tidak tersisa
Membuat drive bersama di Google Drive dan Menambahkan anggota
Cara Install Ulang Windows 10 Dengan Flashdisk dan Rufus

Selain itu, tidak seperti penyimpanan cloud, Beberapa Kelebihan Flashdisk file yang disimpan di flash drive akan benar-benar dihapus jika Anda menghapusnya. Sementara di cloud, jika Anda menghapus file yang tersimpan, tidak menutup kemungkinan file tersebut suatu saat akan muncul kembali. Hal ini sering kali menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran bagi pengguna. Dengan menggunakan drive USB, Anda juga tidak perlu khawatir kata sandi akan dicuri atau data Anda akan diakses oleh pihak yang tidak berwenang.




Dengan flash drive USB, keamanan data Anda lebih terjamin. Anda memiliki kontrol penuh terhadap data Anda, mulai dari menyimpan, menghapus, hingga memastikan bahwa data tersebut benar-benar hilang ketika dihapus. Berbeda dengan penyimpanan cloud yang terkadang menyimpan salinan data Anda di server mereka, drive USB memberikan Anda kepastian dan ketenangan pikiran bahwa data Anda berada di tangan yang tepat.

Author: Mr. wics

1 thought on “Beberapa Kelebihan Flashdisk Dibanding Penyimpanan Drive Online

  1. Betul nih salah satu pertimbangan pakai flash disc untuk menyimpan data ya keamanannya. Sayang kemarin-kemarin aku mencari toko yang jual FD sudah lumayan susah ya :’)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + 19 =