Pasar Kotanopan Mandailing Natal Sumatera Utara, Teras Ekonomi Sumatera Utara

Kotanopan.com. Pasar Kotanopan Mandailing Natal Sumatera Utara, Teras Ekonomi Sumatera Utara,
Pasar kotanopan adalah sebuah pasar Rakyat di kecamatan Kotanopan, Kabupaten mandailing Natal Sumatera Utara 22994. Atau tepatnya persis bersebelahan dengan Terminal Kotanopan Mandailing Natal, Kenapa Kali ini saya membahas tempat ini bahkan memberikan sebuah judul Teras Ekonomi Sumatera Utara.

Sebenarnya ungkapan itu pernah kami cetuskan ketika seorang teman saya (tapi dia lebih tua dari saya) yang pernah menjadi Kepala Sebuah Dinas tertentu di Mandailing Natal ini, kala Itu kami membahas mengenai kotanopan dalam era digital 5 tahun mendatang, Meskipun saya hanya rakyat jelata entah kenapa terkadang para orang-orang penting itu sering menyempatkan waktu untuk sekedar mendengarkan saya mendongeng dan “berhayal” tentang masa depan kotanopan dan mandailing Natal  ini. wkwkw……

pasar kotanopan sumatera utara mandailing 2019

Oke kembali ke Pembahasan kita mengenai Pasar kotanopan, Kenapa kami menyebutnya Teras Ekonomi Sumatera Utara, Karena Letak pasar Kotanopan Ini adalah termasuk Pasar Ke dua yang akan kita temui jika Kita Dalam perjalanan Dari Sumatera Barat menuju Medan, dan Pasar ini adalah salah satu Pasar Yang Paling Ramai di sini. ditambah pasar ini juga sangat dekat dengan Terminal kotanopan, yang menjadi terminal resmi pertama yang akan kita temui jika kita datang dari arah sumatera barat. Sehingga adalah hal yang wajar jika kami memberikan julukan Pasar Kotanopan Mandailing Natal Sumatera Utara, sebagai Teras Ekonomi Sumatera Utara, Meskipun ini adalah Pasar rakyat, akan tetapi pada dasarnya tempat ini adalah Aset milik Pemda, karena saya dengar Pembangunan terakhir juga di biayai oleh pemerintah mandailing Natal.

Jika Hari Sabtu para pedagang akan tumpah ruah memadati seluruh isi pasar, Mulai dari Pernak-pernik mainan hingga makanan bahkan alat elektronik akan dengan mudah kita temui di hari sabtu. Lalu apa yang terjadi dengan pasar kotanopan selain hari sabtu?
Roda ekonomi di tempat ini tetap akan berjalan, meskipun tidak ramai. Beberapa kios dan penjual makanan akan tetap buka dan beroperasi.  Banguan pasar pada dasanya memang memiliki 2 lantai, dan kios berjejer. Namun hanya lantai 1 saja yang aktif, sebagian besar lantai 2 adalah gudang, dan bahkan beberapa kosong tidak terpakai, karena sangat jarang orang pergi berbelanja ke Lantai 2.

pasar kotanopan Berlantai 2

Kenapa hanya pada hari sabtu Saya Pasar ini ramai? Jawabanya sederhana, karena Geografis Area kotanopan ini berbukit-bukit dan jarak antar kampung berjauhan,  Sehingga masyarakat yang berada di daerah pegunungan hanya akan keluar berbelanja secara bersamaan pada hari Sabtu saja, sedangkan pada hari biasa mereka akan jarang keluar. Apalagi mayoritas penghasilan daerah sini adalah Petani karet, yang mana karetnya juga masih karet rakyat berumur bahkan ada yang 30an tahun. Ditambah dengan harga karet di Kotanopan yang hingga hari ini masih berada di level Rp 8.500/Kg, saya rasa Ekonomi belum akan mengalami kemajuan berarti.


Beberapa bangunan di Pasar Kotanopan ini bahkan masih merupakan bangunan lama jaman Belanda, yang tetap berdiri tegak, salah satunya adalah Hotel Nagara Kotanopan bangunan kayu dengan jendela kaca ini konon katanya dibangun pada zaman belanda, meskipun telah mengalami beberapa kali renovasi akan tetapi ciri bangunan lamanya masih terlihat jelas.

Hotel Nagara pasar kotanopan

Transportasi utama disini adalah Becak Vespa 2 tak, pada hari sabtu kita akan menemukan becak ini di sepanjang pingir pasar Kotanopan sambil menunggu penumpang yaitu orang-orang yang hendak pulang dari pasar. Sedangkan jika jarak agak jauh atau masuk kedalam perkampungan, biasanya akan tersedia mobil angkutan atau biasa Di sebut “anatra” sebagai merk dagang mereka.

Akhir kata, untuk teman-teman yang ingin melakukan perjalanan dari Medan ke Padang atau sebaliknya, silahkan mampir Di pasar Kotanopan pada hari sabtu, Siapa tahu kita bertemu disana,, hahaha….

Author: Mr. wics

16 thoughts on “Pasar Kotanopan Mandailing Natal Sumatera Utara, Teras Ekonomi Sumatera Utara

  1. Kota yang cukup apik…Sederhana dan bersih dan saya baru tahu ternyataPasar Kotanopan Mandailing Natal Sumatera Utara dekat dengan sumatra barat kota padang.😄😄

    Jadi mungkin bisa berbagi khas daerah masing2 😄😄

  2. Kotanopan ternyata nama kecamatan di kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara ya, kirain itu nama kota.

    Di daerah saya ada pasar yang rame pada hari tertentu saja yaitu Rabu, Sabtu dan Minggu, sedangkan hari lain tapi tetap buka biarpun tak seramai tiga hari itu.😃

  3. Aku baca selain pasar ada hotel Niagara yang dibangun sejak jaman Belanda dulu ya? Hii pasti serem hotel kuno jaman Belanda. Siapa tahu ada hantu nya? Kalau di Jatim Hotel Niagara terkenal angker dan memang ada hantunya. Serem.

    1. kotanopan bukittingi saya biasa naik mobil sopir sendiri ya 5-6 jam, kalau pakai sepeda motor lebih cepet dikit, bisa 5 jam, klo Kmnya gk tau juga seh,, wkwkw,,,
      jalanya banyak jurang dan tebing rawan longsor tapi

  4. Kotanopan berarti lebih dekat ke padang sidempuan ya? Dulu saya kita aek kanopan sama kotanopan itu sama lho, oya berhubung masih tinggal di sumut bergabung ke komunitas bloggersumut aja bang 🙂

  5. penasaran sama kotanopan, kalo ngetrip2 ke daerah di luar pulau jawa, rasanya feelnya beda aja gitu sama di jawa. Pasar aja disambangi kalo diluar jawa hehe
    Semoga terwujud citacita dan harapan menginjaakkan kaki ke Padang atau Medan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =