Perbaiki Printer L5920 Kode E02 Kesalahan Pemindai

Printer L5920 Kode E02 dan cara perbaikinya

Kotanopan.com. Printer L5920 masih tergolong produk baru penganti dari L5190, fitur kedua printer bisa dibilang sama bahkan mirip sekali. Kendala Antara Printer L5920 dan Printer L5190 juga mirip. Jika anda menemukan masalah dengan cara Perbaiki Printer L5920 Kode E02 Kesalahan Pemindai silahkan lanjutkan dibaca Artikel dibawah. Kode kesalahan “E02” pada printer Epson L5920 mengindikasikan terdapat masalah pada pemindai scanner bagian atas, atau pada bagian ADFnya. Meskipun demikian jika printer mendapatkan  kode kesalahan E02 tetap saja tidak bisa digunakan untuk mencetak sama-sekali sehingga perlu dilakukan perbaikan.

Printer L5920 Kode E02 dan cara perbaikinya
Printer L5920 Kode E02 dan cara perbaikinya

1. Restart Printer L5290 Untuk memperbaiki Error E02.
Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mematikan printer dan mencabut kabel dayanya dari sumber listrik. Tunggu sekitar 5-10 menit kemudian sambungkan kembali kabel daya dan nyalakan printer. Perhatikan dengan seksama apakah masalah masih muncul?

2. Periksa Koneksi Kabel Scanner.
Pastikan kabel yang menghubungkan pemindai dengan printer terhubung dengan baik serta tidak ada  yang terlepas. Jika anda tidak berani membongkar Printer L5920 Kode E02 maka cara paling mudah untuk melihat apakah ada kabel lepas adalah dengan melihat lampu pada bagian scanner. Umumnya meskipun Scanner atau ADF tidak digunakan maka lampu pada scanner akan tetap menyala meskipun redup. Jika lampu Scanner tidak menyala sama sekali maka besar kemungkinan ada kabel penghubung antara mesin bawah dan scanner atas yang bermasalah.



Hal ini anda perlu membongkarnya untuk memastikan, membongkar Printer L5920 Kode E02 sebenarnya tidaklah rumut, hanya cukup angkat bagian scanner dan intip konektor scanner. Kita akan menemukan 3 buah kabel flexibel . Kabel penghubung scanner adalah kabel dengan konektor kecil dengan 6 konektor seperti gambar. Jika kabel ini lepas maka akan menjadi penyebabPrinter L5920 Kode E02 solusi cara memperbaiki hanya dengan menyambungkan kembali ke tempat asalnya, Mudah bukan?

kabel Scanner Printer L5920 Kode E02
kabel Scanner Printer L5920 Kode E02

3. Kerusakan Pada Motherboard Printer.
Munculnya masalah Printer L5920 Kode E02 Kesalahan Pemindai juga bisa disebabkan oleh Motherboard yang rusak atau short. Untuk cara memperbaikinya tentu saja anda harus membeli motherboard papan PCB baru dan mengantinya. Umumnya hal ini akan memakan biaya yang tidak sedikit nantinya.
baca juga:
Cara Cleaning Printer L5190 Memperbaiki Hasil cetak Bergaris
Cara Perbaiki Printer canon IP2770 Berkedip 5x Dirumah
Perbaiki Printer Epson L360 Lampu Power Tinta Dan Kertas Berkedip
Cara Cleaning Printer Epson L3110 Otomatis dan Tanpa Komputer

4. Pemindai atau Scanner rusak.
Penyebab lainya adalah Kerusakan sensor pemindai bagian atas, atau macet karena Gear patah serta benda asing masuk sehingga roller tidak bisa berputas dan bergerak sebagaimana mestinya. Coba perhatikan apakah ada benda asing masuk dan apakah sensor kotor atau terhalang jika memungkinkan bersihkan pemindai.



Demikian Cara Perbaiki Printer L5920 Kode E02 Kesalahan Pemindai, Jika Anda merasa tidak yakin untuk melakukan perbaikan sendiri, sebaiknya minta bantuan dari teknisi yang berpengalaman serta tukang service. Karena Printer dengan pmindai scanner dan ADF bisa dibilang cukup rumit dalam perbaikan, dimana komponen jumlahnya kecil rumit dan sangat dekat jaraknya.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 4 =