Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris

Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris

Kotanopan.com. Cara Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris. Masalah Printer bocor, ataupun hasil cetak bergaris pada printer L120 seperti ini biasa nya terjadi pada semua printer yang memiliki jam kerja cukup lama baik penggunan pribadi ataupun juga perkantoran. Sebaiknya anda coba beberapa langkah dibawah untuk mengatasi masalah pada Printer L120 atupun L110 yang cetakanya bergaris.

Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris
Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris

1. Lakukan Cleaning.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah lakukan Cleaning pada Printer l120 yang banjir tinta. Hal ini sebaiknya dilakukan Sebelum membersihkan total bagian dalam printer Head. Agar nanti saat membersihkan hanya sekali jalan saja. Setelah proses Pembersihan lakukan test Print atau coba cetak 1 lembar saja. Proses cleaning akan membersikan bagian lubang Nozzle head.

2. Bersihkan Bagian dalam Printer.

Setelah dilakukan cleaning, meskipun printer sudah normal ataupun masih berkendala sebaiknya anda membersihkan bagian dalam Printer. Cabut kabel listrik ke printer dan komputer kemudian tarik penutup depan, kemudian lap dengan tisu kering area dekat roller sampai bersih. Jangan gunakan cairan apapun untuk membersihkan, cukup kain kering atau tisu kering saja.




3. Periksa Kabel Ke Printhead

Jika kedua cara diatas tidak menyelesaikan masalah dan mampu Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris, lakukan pemeriksaan kabel ke PrintHead dari Motherboard atau biasa disebut Flexibel. Kita akan melihat ada 2 kabel. Satu kabel Lebar dan satu kabel kecil. Kita hanya perlu memeriksa kabel Lebar saja, karena kabel tersebut yang mengatur seberapa banyak tinta yang keluar dari Head Printer. Jika kabel tersebut kendor ataupun bermasalah maka tinta akan keluar secara tidak normal dan cenderung tidak terkendali menyebabkan banjir tinta pada kertas dan bagian mesin printer.

Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris
Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris

Lepaskan kabel Flexibel besar dari Motherboar kemudian bersihkan dengan tisu kering, pastikan bagian kepala flexibel tidak ada yang terkelupas ataupun patah dan tertekuk. Kemudian periksa juga kabel Flexibel yang menuju ke rumah print head. Bersihkan dari bekas tinta dan kotoran yang ada sampai benar-benar kering. Jika anda memiliki multi tester sebaiknya periksa jalur kabel satu persatu pada flexibel utama kemudian pasang kembali dan coba.

4. Periksa Printhead.

Jika tiga cara Perbaiki Printer l120 Banjir Tinta Bocor Cetakan Bergaris diatas tidak menyelesaikan masalah, besar kemungkinan kerusakan terjadi pada Printhead printer anda. Untuk mengatasi kerusakan tinta bocor pada Print Head tidak mudah, karena untuk Type L120 dan L110 Printer head dirancang sedemikian rupa yang akan sulit untuk kita bongkar pasang. Yang bisa kita lakukan hanyalah membersihkan dengan cleaner atau membersihkan tempat tinda keluar dengan tisu kering dan kain lembut.

Baca juga:
Perbaiki Printer L3210 Kertas Macet Ketarik Banyak Paper Jam
Mengatasi printer epson l3110 lampu tinta dan kertas berkedip
Cara Cleaning Printer Epson L3110 Otomatis dan Tanpa Komputer

Jika Printhead rusak maka anda harus membeli yang baru dengan harga sekitar 900 sampai 1 juta rupiah. Karena Printhead L120 hitam dan berwarna berada dalam 1 paket dan tidak dijual terpisah. Namun alangkah baiknya anda membawa ke tempat service jika mengalami kerusakan Head, karena kita memerlukan beberapa pengujian lanjutan dan peralatan untuk melakukan pengantian Part ini.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 8 =