Bahaya VPN Kekurangan Dan Kelebihan VPN, Baca dulu sebelum Mengunakan VPN

Kotanopan.com, VPN atau Virtual Private Network adalah beberapa pertanyaan yang sering admin dapat beberapa hari ini, baik ketika admin kotanopan.com sedang di warung tetangga ataupun bahkan sedang persiapan Buka puasa, Pertanyaan yang sering muncul adalah “apakah VPN berbahaya? VPN apaan seh?” Karena admin kalau setiap saat harus cerita, alangkah baiknya saya tulis saja di sini ya, semoga membantu
baca juga:Cara Melacak Posisi Nomor Handphone Berbagai Type

Asal Muasal VPN, Sepanjang sepengetahuan kotanopan.com Jaringan VPN sudah ada, bahkan semenjak saya masih sekolah dan jaringan internet di Indonesia masih sangat terbatas. Kala itu VPN banyak di gunakan pada perkantoran, gedung-gedung pemerintah dan swasta di seluruh dunia untuk mendapat akses remote dengan keamanan yang lebih ketika menjelajah internet. Jadi VPN ini bukan barang baru ya, ini udah ada sejak dulu kira-kira hampir sama sepertt SSH (Secure Shell) seingat saya. Untuk Pembahasan SSH kapan-kapan ya, Kali ini kita coba bahas VPN.



Kekurangan VPN
, biasanya ketika anda mengunakan VPN pihak ketiga pada perangkat  terutama Smartphone atau Handphone, maka aplikasi VPN akan berjalan di belakang layar / Background secara terus menerus, dan koneksi akan menjadi lebih lambat, karena akses internet anda akan di alihkan ke server VPN baru diteruskan ke alamat / website tujuan.
untuk Link Download Turbo VPN ada dibagioan bawah artikel ini silahkan diambil

Karena Aplikasi VPN bekerja di latar belakang, maka pengunaan perangkat terutama baterai akan lebih boros dan pengunaan paket internet pada beberapa kasus akan lebih boros juga (kuota cepat habis). Dan Handphone cepat panas.
baca juga:Cara Merubah Nama SSID Pada USB Xiaomi Wifi Repeater Versi 2 dalam 6 langkah

Penyedia VPN menyediakan layanan berbayar untuk koneksi lebih cepat dan lengkap

Kelebihan VPN, Pada umumnya VPN akan bisa digunakan untuk membuka alamat situs ataupun website yang di blokir oleh penyedia layanan internet (menembus firewall). Bagaimana cara kerjanya?
Seperti yang sudah kita bahas diatas. akses internet anda akan di alihkan ke server VPN baru diteruskan ke alamat / website tujuan. Sehingga ketika kita mengakses sebuah website, pada dasarnya kita tidak langsung menuju ke alamat Website tersebut, akan tetapi kita mengunakan pihak ketiga yaitu server VPN untuk mengakses website tersebut. Maka salah satu kelebihan VPN adalah mampu membuka Website atau layanan yang di blokir oleh Penyedia layanan / ISP / firewall.
baca juga:Cara membatasi Bandwidth TX Modem Speedy Huawei HG8245H Tanpa Mikrotik.

Bahaya VPN, Pertanyaan “apakah VPN berbahaya” adalah pertanyaan yang paling sering saya terima,
Saya akan mencoba menjawab berdasarkan apa yang saya tahu dan pernah rasakan. Karena data yang kita kirim dan kita terima sudah melewati Server VPN, apakah itu masih aman? Bukankah berarti server melihat apa yang kita kirim dan apa yang kita terima? Jawaban saya ada “iya, server mampu melihatnya” 
Akan tetapi hal itu tidak sepenuhnya berbahaya, karena kebanyakan VPN saat ini mengunakan Enkripsi pada pertukaran data, baik saat ke VPN, ataupun ketika Keluar dari server. Sehingga pada umumnya data yang samnpai Ke VPN bukanlah data mentah apa adanya. Namun sudah di acak sedemikian rupa sehingga sangat sulit di baca dan di kenali.
Bahkan pada beberapa kasus, server VPN melakukan Enkripsi Informasi Perangkat yangini artinya bahkan tipe perangkat yang kita gunakan pun akan sulit dikenali oleh pihak-pihak tertentu.



Jadi mari kita kembali kepada pertanyaan “Apakah VPN Aman” dan Apa bahaya VPN?
M
enurut saya VPN adalah cukup aman, meskipun tidak sepenuhnya aman. Karena kemanan VPN tergantung daripada jenis Protokol dan enkripsi yang digunakan tentunya, apalagi ketika kita mengunakan VPN maka kita melewatkan semua lalu lintas internet kita kepada server / pihak ketiga yang berada di negara lain, yang tentu saja batasan privasi/enkripsi dan regulasi hukum Server mengikuti Hukum setempat dimana server itu berada.

Baca juga:cara memperbaiki playstore yang tidak bisa mendownload ataupun Instal Aplikasi, 

Misalnya kita pakai VPN singapura, tentu saja regulasi Hukum server adalah mengikuti hukum Singapura.
Dan pastikan anda memilih aplikasi atau Program VPN yang mengunakan Enkripsi atau SSL pada koneksi, agar data anda lebih aman dan terlindungi.

Cara mengunakan VPN saat ini sudah jauh lebih mudah

baca juga:Download GB Whatsapp Anti Ban Terbaru 2019

Dari uraian diatas, maka menurut saya Pada dasarnya VPN adalah aman, jika koneksi pada VPN mengunakan enkripsi. Rekomendasi VPN terbaik untuk android menurut saya adalah TURBO VPN Link download turbo VPN ada di Sini
Meskipun terkadang koneksi agak lambat jika mengunakan mode gratis,dan sering kurang stabil namun setidaknya koneksi lebih terjamin karena mereka mengunakan ekripsi dan Aksesnya juga unlimited.

Author: Mr. wics

8 thoughts on “Bahaya VPN Kekurangan Dan Kelebihan VPN, Baca dulu sebelum Mengunakan VPN

  1. Sempat nyoba VPN sih mas pas semua media sosial diblokir. Pas di unduh, gak bisa masuk ke akun medsos, jadinya gak kepake VPN. Untungnya sekarang sudah gak diblokir lagi, jadinya tidak perlu VPN lagi..

  2. Dulu saya pernah menggunakan ini, jauh sebelum kemarin heboh. Gak lama sih. Pada akhirnya sekarang pake yang biasa aja. Kalo gak bisa akses ya sudah biarin aja. Hitung-hitung social media detox 🤭🤭🤭

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 17 =