Memperbaiki Charger laptop yang mati atau tidak mau mengisi

Memperbaiki Charger laptop yang mati atau tidak mau mengisi, adalah hal yang gampang-gampang susah. Karena umumnya penyebab kerusakan pada charger laptop hanya ada 3.
Pertama penyebab charger laptop yang rusak karena kabelnya rusak, bisa putus, short tau konslet.
Kedua charger laptop rusak karena komponen didalamnya ada yang rusak atau terbakar ataupun tidak berfungsi.
Penyebab kerusakan charger laptop ketiga adalah karena konektor charger yang rusak.

Umumnya kerusakan charger Laptop di analisa dengan cara mendasar yaitu, apakah tengangan pada charger keluar?
apakah kabel Input dari listrik 220Volt PLN masuk ke adaptor charger? (cek dengan testpen non kontak)
Cek dengan voltmeter pada ujung charger, gunakan skala 50Volt agar tidak mentok jarumnya. Jika memang tidak ada arus keluar, maka lanjutkan ke cara berikutnya.

Mari kita analisa mulai dari kerusakan pertama, kerusakan kabel charger laptop umunya mudah kita perbaiki.
Jika kita memiliki multitester hal ini tentu tingal kita lakukan pengujian pada dengan multi dan memastikan apakah kabel putus atau tidak. Caranya tentu dengan membuka casing laptop itu sendiri, baik itu Charger laptop acer, Laptop asus ataupun Lenovo yang rusak, tetap prosedur pertama adalah sama, Cek tegangan, jika tidak ada cek kabel buka casing Charger.
baca juga:
Cara instal windows 7 di laptop lenovo B40 dengan USB flashdisk

Cara membuka charger laptop, Pastikan charger tidak terhubung ke arus listrik sebelum diperbaiki. Umumnya charger laptop bawaaan tidak memiliki baut pada setiap chargernya, maka kita harus mencongkel dengan hati-hati. Sebelum dicongkel, siapkan tiner sedikir dan oleskan di bagian sambungkan lcasing kotak charger ya, oleskan agak basah dan tunggu 5 menitan, baru di congkel perlahan dengan obeng minus kecil (awas kena tangan).


 

Setelah casing charger berhasil dibuka. lakukan test dengan multimeter pada bagian out charger langsung, apakah ada arus keluar sesuai spesifikasi tertulis pada kotak charger? Out listrik charger terletak pada PCB listrik, dan menempel dengan komponen utama.
Lakukan pengecekan setelah arus listrik masuk, lakukan dengan hati-hati karena charger memiliki tegangan arus 220 Ac input.

Jika memang charger laptop mengeluarkan arus pada titik out, namun arus tidak sampai pada ujung kabel charger. Maka dipastikan kabel charger mengalami masalah, umumnya putus dalam, atau putus pada titik lipatan. Solusinya adalah, cari titik putus kabel.
baca juga :Mengatasi Hasil Printer Epson TM U220 yang bergaris

Ada beberapa cara untuk mencari kabel putus dalam yang tidak terlihat dari luar, Namun akan admin bahas 2 cara mencari kabel putus yang paling mudah.
1. Cara mencari titik putus kabel bisa dengan cara manual, yaitu potong sedikit demi sedikit dan tes dengan multimeter saat arus kosong. Sebagai sedikit tambahaan, untuk charger laptop yang bagus umumny akan menyimpan arus sekitar 10-30 detik setelah kita cabut dari listrik, maka waspada dengan listrik kejut seperti ini.Saya pribadi sering mengunakan sarung tangan listrik dan kabel anti statis saat memperbaiki peralatan jenis ini, memngingat kapasitornya cukup “aktif”.

cara Memperbaiki Charger laptop yang mati atau tidak mau mengisi (pribadi)

2. Cara mencari kabel putus didalam dengan tespen non kontak,
Cara kedua ini lebih sering saya gunakan, karena kita tidak perlu memotong kabel ataupun melakukan tes sedikit demi sedikit. Bahkan umumnya kabel tidak saya lepas dari tempatnya, cukup saya berikan arus listrik dan tes, jika alat menyala merah maka kabel masih ada aliran listrik, jika alat tidak menyala maka kabel tidak memiliki aliran listrik. Tingkat akurasi tes listrik testpen digital non kontak juga cukup akuran mencapai 5-15 Cm lho.
Jika titik kabel putus ditemukan, maka buang bagian yang putus dan sambung kembali kabelnya. Maka Memperbaiki Charger laptop yang mati atau tidak mau mengisi karena kabel putus selesai.


Jika saat dilakukan pengujian ternyata tidak ada arus pada titik Out adaptor charger laptop, maka uji pada kabel masuk dari colokan PLN ke Adaptor atau kabel IN 220Volt, apakah ada arus masuk?
Jika tidak ada arus masuk maka dipastikan kebel INPUT rusak, cara cek kabel input adalah sama dengan kabel output seperti diatas.

Jika pada kabel input tidak deitemukan masalah, maka dipastikan kerusakan ada pada adaptor charger laptop,
Lantas bagaimana solusinya? pertama cek setiap komponen apakah ada yang terbakar/ hangus/ berwarna hitam pecah? atau ada saluran PCB yang terbakar putus? namun saya tidak menyarankan memperbaiki charger dengan proses pengantian komponen jika anda tidak benar-benar faham cara kerja dan setiap komponen dalam charger laptop. Alangkah baiknya untuk proses ini serahkan pada tukang service, atau anda beli charger laptop baru saja.

Author: Mr. wics

1 thought on “Memperbaiki Charger laptop yang mati atau tidak mau mengisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − six =