BLT Dana Desa 2023 kapan cair? Ini Cara Melihatnya

BLT Dana Desa 2023 kapan cair? Ini Cara Melihatnya

Kotanopan.com. Semenjak adanya BLT Dana desa terkait Covid 19 tahun 2020 yang lalu, banyak masyarakat bertanya-tanya BLT Dana Desa 2023 kapan cair? Untuk tahap pencairan  Tahun 2023 hingga Bulan Juni 2023 masih ada desa-desa yang belum juga menerima pencairan Dana desa, sehingga BLT dana desa 2023 belum juga bisa dicairkan ke masyarakat penerimanya.

Banyak orang yang ebrtanya-tanya BLT Dana Desa 2023 kapan cair? dan bagaimana cara melihat pencairan BLT Dana Desa Secara online?  Tenang saudara-saudara karena Pemerintahtelah memastikan bahwa BLT Dana Desa pada 2023 tetap akan disalurkan meskipun maksimal 25% dari total anggaran dana desa. Disebut BLT Dana Desa, karena bantuan yang akan disalurkan sumber dananya dari Dana Desa itu sendiri. Aturan ini tertuang dalam Inpres No 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. BLT Dana Desa akan cair 1 bulan sekali dari Januari hingga Desember 2023, dengan nilai Rp300 ribu / 1 bulan. Akan tetapi Bisa juga dicairkan sekaligus setiap 3 bulan sekali, atau ada kebijakan lain seperti 4 bulan 1 kali.

Sejatinya umumnya pencairan dana desa dibagi menjadi 3 tahap, admin kutip dari website djpk.kemenkeu.go.id
Pencairan Dana Desa Dibagi Menjadi 3 (Tiga) Tahap :

Maka Bisa diperkirakan jika anda bertanya BLT Dana Desa 2023 kapan cair? pada awal juni 2023, kemungkinana besar BLT dana desa Tahap Pertama anda akan diterima pada Minggu Ketiga Bulan Juni. Mengacu pada paling lambat pencairan dilakukan Minggu Ke tiga Bulan Juni sebesar 20%.
Baik mengunakan aturan Penyaluran RKUN-RKUD dalam 3 tahap ataupun Penyaluran RKUD-RKD dalam 3 tahap Jadwalnya sama seperti diatas.



Ada banyak Penyebab BLT dana desa belum juga cair seperti kurangnya Persyaratan Administrasi dan pemberkasan, Atau RAB (Rencana Anggaran Biaya) desa yang belum terselesaikan. Bahkan masalah pajak terhutang juga terkadang membuat pencairan BLT Dana Desa terhambat. Jika ada salah satu tanda tangan terkait pejabat yang belum bersedia membubuhi tanda tangan hal ini juga menjadi kendala dalam pencairan BLT Dana Desa. Sudah cukup jelas bukan mengenai BLT Dana Desa 2023 kapan cair ?. semoga bermanfaat untuk kita semua.

Author: Mr. wics

2 thoughts on “BLT Dana Desa 2023 kapan cair? Ini Cara Melihatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − one =