Fungsi Opsi Pengembang Pada Android Dan Cara mengaktifkanya

Fungsi Opsi Pengembang Pada Android Dan Cara mengaktifkanya

Kotanopan.com. Fungsi Opsi Pengembang Pada Android Dan Cara mengaktifkanya. Ponsel cerdas terutama Android memiliki puluhan hingga ratusan jenis pengaturan yang berbeda.  Hal ini tidak lepas daripada fungsinya yang semakin beragam serta fitur-fitur tambahan yang semakin lengkap, Namun ada  beberapa opsi atau fitur yang jarang diketahui orang dan jarang digunakan,  salah satunya adalah fungsi opsi pengembang pada Android.

Opsi pengembang atau developer mode,  adalah salah satu pengaturan yang memang cukup jarang digunakan bahkan Masih banyak orang yang bingung cara mengaktifkannya pada ponsel,  sebelum anda memulai menghidupkan mode developer ada banyak Anda membaca artikel ini dengan seksama.

Pada opsi pengembang di Android,  kita akan menemukan banyak sekali pengaturan berbeda yang bahkan mungkin tidak semuanya akan kita perlukan.  Bahkan kotanopan.com  sendiri hanya memanfaatkan beberapa fiturnya salah satunya adalah debugging mode untuk menyambungkan ke komputer jika kita memerlukan fitur-fitur tambahan.

Selain itu pada opsi pengembang  beberapa orang mengklaim bahwa hal itu bisa membuat perangkat lebih rentan terhadap serangan dari penjahat. Fungsi opsi developer pada dasarnya adalah fitur untuk  menaikkan tampilan kinerja dan nuansa pada handphone Android agar lebih sesuai dengan keinginan kita.

Cara mengaktifkan Opsi Pengembang Pada Android.

Masuk Opsi pengembang pada Xiaomi, Redmi yang mengunakan Hyper OS: pertama masuk ke setting atau pengaturan,  kemudian buka about phone, dan ketuk Versi OS sampai anda menemukan tulisan “tidak perlu anda sudah menjadi developer” maka dipastikan, mode pengembang sudah aktif. 

Fungsi Opsi Pengembang Pada Android Dan Cara mengaktifkanya
Fungsi Opsi Pengembang Pada Android Dan Cara mengaktifkanya

Untuk cara mengaktifkan developer mode pada HP Oppo dan Vivo pada dasarnya juga mirip cara di atas,  di mana kita hanya perlu masuk ke about atau tentang ponsel. Dan mencari nomor Build di aplikasi Pengaturan pada perangkat Anda.

Setelah anda mengaktifkan opsi pengembang pada Android  maka beberapa fitur-fitur tambahan akan muncul,  Mari kita bahas beberapa diantaranya.

  1. Pembatasan aplikasi latar belakang.

 Manfaat developer mode di Android salah satunya adalah membatasi jumlah aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang ataupun.  Kita bisa mengaktifkan hanya satu proses hingga 4 Proses atau bahkan kita membuat jangan ada aplikasi yang bisa berjalan di latar belakang.

Perlu diingat jika anda mematikan background proses maka beberapa aplikasi mungkin tidak akan berjalan dengan normal,  cara membatasi aplikasi latar belakang ini memang umum digunakan jika kita merasa perangkat kita sudah mulai lambat. Namun anda harus memperhatikan mana aplikasi yang sebenarnya perlu digunakan dan mana yang bisa dibatasi agar tidak terjadi kebingungan Ketika anda menggunakan Android Anda sendiri nantinya.




  1. Menaikan Grafis Pada Android.

Beberapa orang yang menggunakan Game pada handphone Android tidak jarang mengaktifkan opsi pengembang agar bisa menaikkan grafis pada perangkat Android,  salah satunya menggunakan Force 4x MSAA atau 4x.

Fungsi ini akan membuat grafik yang lebih halus serta mengurangi lag pada saat Anda bermain game,  mungkin terdengar menyenangkan namun bukan berarti tanpa kelemahan.  Untuk melakukan proses yang lebih banyak serta lebih berat tentu saja membutuhkan sumber daya yang lebih besar,  dalam hal ini biasanya baterai akan cepat habis. Namun anda bisa mematikannya ketika sudah selesai bermain game untuk tetap membuat baterai bertahan lama.

  1. Membuka kunci OEM.

Saat anda ingin membuka kunci bootloader,  biasanya diperlukan cara untuk membuka kunci Om dan menu pembuka ini ada di pengaturan opsi Developer,  Meskipun tidak di semua perangkat tersedia. 

Baca Juga:
Cara melihat alamat email yang ada di handphone Android
Cara Aktivasi esim Telkomsel Pada Android Berbagai Type, mudah
9 Aplikasi Edit Foto Dan Video Android Gratis dan Ringan

  1. Mengatur animasi dan mempercepat handphone.

Jika kita sudah merasa bahwa perangkat Android milik kita menjadi semakin lama semakin lambat,  Tidak ada salahnya kita mengatur kembali kecepatan animasi pada sistem yang ada.  Tampilan animasi memang membuat perangkat menjadi lebih atraktif dan enak dipandang namun juga membuat handphone Kadang terasa lambat.

Solusi yang mungkin bisa dilakukan adalah menonaktifkan seluruh animasi yang ada di perangkat,  nantinya mungkin perubahan tampilan ataupun menu akan terasa lebih kaku. Namun umumnya akan  membuat perangkat menjadi sedikit lebih cepat daripada sebelumnya.




  1. USB debugging: 

Mengaktifkan fitur ini memungkinkan perangkat yang terdapat lebih terhubung ke komputer melalui USB ADB,  hal ini umum digunakan untuk melakukan shuttlet aplikasi merubah pengaturan sistem dengan perintah tertentu ataupun memberikan izin ke aplikasi,  serta masih banyak  fitur-fitur tambahan lainnya yang mungkin asing untuk sebagian besar orang.

  1. Melihat Refresh rate.

Sudah banyak ponsel Android saat ini yang memiliki kemampuan fitur Refresh rate tinggi hingga 144 Hz.  Pada fitur opsi developer atau opsi pengembang kita bisa melihat dan memantau Berapa kecepatan layar atau refresh dari handphone kita. Semakin tinggi sangat bermanfaat saat kita bermain game dimana tampilan akan terlihat lebih halus dan   responsif.

  1. Melihat Running Service.

Pada komputer kita akan mengenal sebuah aplikasi task manager,  namun pada Android ada juga salah satu fungsi yang disebut sebagai running service. Mirip seperti task manager,  fitur Running Service  juga bisa kita gunakan untuk memaksa sebuah aplikasi agar berhenti.

Cara ini umum kotanopan.com lakukan  jika tiba-tiba mendapat ataupun menemukan perangkat Android yang terserang virus Malware Trojan ataupun bootnet,  di mana Kita perlu menghentikan secara paksa aplikasi jahat tersebut,  baru kemudian menghapusnya dari sistem Android secara sepenuhnya. 




  1. Merubah pengaturan USB.

Pada dasarnya USB pada Android memiliki sebuah pengaturan default-nya,  Di mana kita bisa menyambungkan perangkat ke komputer ataupun USB Host lainnya sebagai mentransfer data,  ataupun mengirim foto serta hanya melakukan pengisian daya biasa. 

Dengan masuk ke opsi pengembang kita bisa membuat agar setiap kali handphone terhubung ke USB akan melakukan sebuah tindakan tertentu secara langsung tanpa kita melakukan pengaturan,  perlu diingat opsi default ini hanya berlaku ketika Perangkat tidak dikunci.

  1. Tampilan Sentuhan.

Pada Mode pengembang kita juga akan menemukan sebuah menu yang disebut sebagai tampilan sentuhan,  opsi ini biasa kami gunakan untuk melihat jika ada bagian layar tertentu yang rusak ataupun pecah.  Sehingga ketika kita memutar jari jari kita di layar akan melihat garis-garis putus yang menandakan bahwa daerah tersebut tidak bisa kita sentuh. 

Umum digunakan untuk pengujian ketika layar  bermasalah,  retak ataupun pecah. Dan jujur saja salah satu fitur tampilan sentuhan pada mode pengembang ini memang sangat bermanfaat.

Baca Juga:  Cara Cleaning Printer Epson L3110 Otomatis dan Tanpa Komputer

Kesimpulan.

Fungsi Opsi Pengembang Pada Android Dan Cara mengaktifkanya Hanyalah sedikit gambaran dari hal-hal yang bisa kita lakukan.  Pada dasarnya masih banyak lagi menu-menu lain yang mungkin tidak akan pernah kita gunakan,  namun fungsi tersebut tetap berada di perangkat. Ikuti Kotanopan.com di news.google.com untuk mendapatkan update terbaru informasi teknologi

Sedikit saran dari kotanopan.com  Jika Anda memang tidak mengetahui Secara pasti fungsi dari developer mode,  Sebaiknya anda jangan  merubah beberapa bagian yang ada di sana karena pengaturan yang salah akan membuat perangkat anda menjadi bermasalah atau mungkin sulit untuk digunakan.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 8 =