Cara Perbaiki Suara Handphone Kecil dan Hilang Sendiri

Cara Perbaiki Suara Handphone Kecil dan Hilang Sendiri

Kotanopan.com. Handphone saat ini selain sebagai alat komunikasi juga sebagai sarana hiburan, jika mendadak suara handphone menjadi kecil ataupun tidak ada suara keluar dari speaker padahal volume sudah maksiman maka bisa dipastikan ada masalah pada perangkat yang harus dilakukan perbaikan. Cara Perbaiki Suara Handphone Kecil dan Hilang Sendiri terkadang memerlukan keahlian khusus. Namun jika suara bisa kembali Normal setelah Perangkat Di restart maka umumnya masalah ada pada Perangkat keras, baik itu IC ataupun sekedar jalur Suara saja. Silahkan simak beberapa cara memperbaiki suara handphone yang kecil dibawah.

 

Cara Perbaiki Suara Handphone Kecil dan Hilang Sendiri
Cara Perbaiki Suara Handphone Kecil dan Hilang Sendiri

1. Pastikan Volume Handphone sudah maksimal.

Perhatikan bagian pengaturan suara atau volume, maksimalkan pengaturanya, selain itu handphone memiliki 3 pengaturan suara yaitu Telepon, media dan alarm. Jika ketiganya sudah maksimal coba putar media melalui youtube apakah suara speaker masih kecil? Kita harus memastikan apakah ketiga suara tersebut kecil atau hanya salah satunya saja agar perbaikan bisa dilakukan sesuai kerusakan yang terjadi.

2. Suara Media Kecil tapi suara pangilan keras.

Jika saat nada dering ataupun pemutaran lagu suaranya kecil, namun saat panggilan suara yang dihasilkan keras. Maka kendala ada pada jalur audio pemutaran media, umunya hal ini juga akan membuat suara alarm juga kecil bahkan mati. Pertimbangkan untuk menganti speaker besar (sepaker media) sebagai Cara Perbaiki Suara Handphone Kecil dan Hilang Sendiri.




3. Gunakan Koneksi Bluetooth atau Audio Speaker.

Untuk memeriksa kerusakan lebih lanjut, coba Gunakan Koneksi Bluetooth dari handphone ke audio speaker. Hal ini untuk memastikan apakah kendala ada di bagian IC audio, software atau hanya ada pada bagian jalur speaker umum. Jika suara normal saat dihubungkan melalui speaker bluetooth maka kemungkinan besar kendala hanya di bagian jalur speaker handphone. Pastikan bahwa perangkat tersebut terhubung dengan baik. Beberapa masalah dengan koneksi Bluetooth atau audio bisa menyebabkan suara menjadi kecil atau bahkan hilang sama sekali.
Baca juga:
Cara Perbaiki Handphone Tulisan Charge Error Tanda Merah
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa menghapus Aplikasi
Cara Melacak Posisi Nomor Handphone Berbagai Type

4. Periksa Aplikasi yang Sedang Berjalan

Beberapa aplikasi dapat memengaruhi suara handphone, atau mengatur suara seperti aplikasi Equalizer misalnya. Yang mana bisa mengaur frekuens yang yang dihasilkan speaker. Jika suara hanya hilang saat Anda menggunakan aplikasi tertentu, kemungkinan ada masalah pada aplikasi tersebut. Pertimbangkan untuk menutup aplikasi tersebut dan menghapusnya.

5. Perbaharui Perangkat lunak Terbaru.

Silahkan pastikan bahwa perangkat lunak handphone telah diperbarui ke versi terbaru. Terkadang, pembaruan perangkat lunak terkadang mengatasi bug dan juga cara Perbaiki Suara Handphone Kecil dan Hilang Sendiri paling mudah, jika masalah ada di perangkat lunak handphone.

6. Jalur Speaker Mengalami kerusakan.

Cara Perbaiki Suara Handphone Kecil dan Hilang Sendiri jika di restart normal paling mungkin adalah, melihat jalur sspeaker, Pada beberapa kasus terdapat kerusakan pada kabel atau flexible speaker. Umumnya karena korosi sehingga arus tengangan yang lewat tidak maksimal dan akan putus dengan sendirinya secara cepat. Hal ini umum terjadi pada perangkat handphone yang sudah digunakan cukup lama. Namun perbaikan kendala putus kerusakan jalur memerlukan teknisi dan peralatan yang memadai.




Kesimpulan Cara Perbaiki Suara Handphone Kecil dan Hilang Sendiri

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas suara handphone Anda masih kecil atau hilang putus-putus, maka besar kemungkinan ada masalah perangkat keras yang memerlukan perbaikan oleh teknisi berpengalaman. Jangan mencoba membongkar handphone Anda sendiri kecuali jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis yang cukup serta didukung oleh peralatan yang mumpuni.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 13 =