Cara Perbaiki HT Baofeng Tidak Menangkap Sinyal HT lain

Cara Perbaiki HT Baofeng Tidak Menangkap Sinyal HT lain TDCS off

Kotanopan.com. Cara Perbaiki HT Baofeng Tidak Menangkap Sinyal HT lain. Pengunaan HT saat ini masih cukup digemari untuk pengunaan pribadi ataupun kelompok dan proyek. Salah satu kelebihan Handy Talkie adalah tidak memerlukan biaya pulsa langganan untuk terus terhubung sehingga cocok digunakan sebagai alat komunikasi komunitas, naik gunung, serta lainya.

Kali ini admin akan membahas Cara Perbaiki HT Baofeng Tidak Menangkap Sinyal HT lain. Kenapa kita membahas Handy Talkie merek ini? secara umum memang merek ini cukup familiar di telinga kita, para pengguna proyek swasta dan komunitas juga banyak mengunakannya. Selain ini jarak juga cukup jauh dan pernah kami ulas pada artikel HT Baofeng UV5R VS Baofeng UV-82 Review Berdasarkan Pengunaan berdasarkan pengalaman kami.

1. Periksa Konektor Antena.

Hal pertama yang harus diperiksa adalah konektor antena, pastikan dalam keadaan baik tidak patah kotor ataupun ada benda asing didalam. Biasanya kasus kerusakan konektor antena terjadi karena antena dipasang secara miring atau menerima tekanan berlebih sehingga dudukan utama lepas atau patah.

2. Uji Handy Talkie

Lakukan pengujian Handy Talkie baofeng dengan cara meletakan di kedua HT berdekatan misalnya dalam jarak 5 meter, Kemudian pencet tombol Bicara (PTT) apakah salah satu HT menyala lampunya? ataukah tidak ada respon sama sekali? apakah jika digunakan dengan HT lain masih normal? ataukah HT Baofeng Tidak Menangkap Sinyal HT lain?

3. Periksa Speaker

Pemeriksaan speaker input, Jika saat HT lain di pencet masih ada lampu menyala pada Handy Talkie penerima namun tidak ada suara masuk maka tidak ada salahnya lakukan pengujian speaker. Dimana anda perlu melakukan pemeriksaan speaker output.




4. Gunakan Headset

Anda juga bisa memeriksa kualitas penerimaan dengan mengunakan Headset standar bawaan, Jika perangkat bisa menerima suara saat headset dipasang maka kemungkinan ada masalah pada jalur Volume atau hanya kerusakan ringan di bagian speaker penerimaan saja. ganti saja speaker dengan type lain yang memiliki ukuran sama.

WajiB Baca  Download Aplikasi Dana Rupiah Yang Menghilang dari Playstore

5. Periksa Frekuensi TX dan RX

Namun jika Lampu HT penerima tidak menyala saat HT pengirim ditekan tombol PTTnya, tidak ada salahnya anda Periksa Frekuensi TX dan RX. TX adalah frekuensi Pengirim, sedangkan RX adalah frekuensi penerima. Pastikan nilai DCS dan CTS pada kedua Handy talkie sinkron. Anda bisa melakukan setting dengan mengikuti artikel Cara menyambungkan HT baofeng dengan HT merek lain Cara tersebut adalah petunjuk umum melakukan pengaturan HT yang biasa digunakan oleh kotanopan.com.

Cara Perbaiki HT Baofeng Tidak Menangkap Sinyal HT lain merek
Cara Perbaiki HT Baofeng Tidak Menangkap Sinyal HT lain merek

6. Periksa Tegangan Baterai

Uji baterai yang digunakan, tegangan yang terlalu rendah juga bisa menjadi penyebab HT gagal terhubung. Cara Perbaiki HT Baofeng Tidak Menangkap Sinyal HT lain jika memungkinkan adalah ganti baterai dengan milik perangkat lain. Kemudian Periksa Tegangan Baterai, apakah masih di kisaran yang sesuai tertulis. Umumnya Baofeng memiliki tegangan baterai diatas 6Volt. Jika arus hanya terbaca 3-4 Volt maka kemungkinan tegangan terlalu rendah karena kerusakan cell atau konslet pada baterai.




7. Pastikan Frekuensi Segaris

HT yang beredar umumnya mengunakan 2 type frekuansi UHF dan VHF, Pastikan Frekuensi Segaris jika pengirim pada jalur UHF maka penerima juga harus VHF begitu juga sebaliknya.  Frekuensi penerima harus menjadi frekuensi pengirim pada HT lain, begitu juga sebaliknya.

baca juga:
Perbedaan Baofeng BF888S Dual Band UHF VHF dan Single Band UHF
Cara Setting Frekuensi Baofeng BF 888S dan menganti Frekuensi VHF UHF
HT Baofeng UV5R VS Baofeng UV-82 Review Berdasarkan Pengunaan

8. Reset pengaturan Handy Talkie.

Banyak orang yang belum menyadari bahwa Handy Talkie memiliki mode reset pengaturan. Anda bisa mereset dan mengembalikan semua mode ke bawaan pabrik. Hal ini memungkinkan kita lebih mudah mengatur perangkat secara umum. Harap di ingat saat melakukan setting frekuensi Nita CT DCS harus selalu segaris dan di jalur yang sama baik VHF ataupun UHF.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + eight =