Cara Perbaiki Aki kering Soak Tanpa Ke bengkel

Cara Perbaiki Aki kering Soak Tanpa Ke bengkel

Kotanopan.com. Meskipun admin pernah membahas Cara Perbaiki Aki kering Soak Tanpa Ke bengkel sebelumnya, namun setelah Kotanopan perhatikan perkembangan Baterai Aki kering dalam 3 tahun ini semakin maju dan pesat. Teknologi yang digunakan mirip namun dengan desain yang berbeda-beda. Sehingga banyak pembaca yang bertanya tentang Cara Perbaiki Aki kering Soak pada tahun 2023 ini. Oke tidak masalah akan kita bahas secara lebih detail lagi dengan gambar lengkap tentunya Agar cara memperbaiki aki kering dengan mudah ini bisa kita kerjakan. Perlatan keamanan harap disediakan, terutama kacamata dan air Sabun Serta safety First ya.

Secara garis besar kita pisahkan dahulu Cara Perbaikan aki Kering soak Tanpa Ke bengkel yang bisa kita coba dengan cara ini, dan ada juga yang sulit diperbaiki. Kedua jenisnya memiliki ciri-ciri tersendiri dan akan kita jelaskan dibawah ini. Aki kering yang umumnya masih bisa diperbaiki adalah voltase diatas 9 volt:
Artikel sebelumnya yang admin maksud adalah Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah dan efektif ditulis tahun 2019 yang lalu.

Pertama Buka penutup aki kering anda lalu intip, apakah busa didalamnya berwarna putiih semua pada setiap lubang? atau ada bagian busa yang berwarna hitam? Jika busa masih putih semua maka kemungkinan bisa diperbaiki, namun jika sebagian besar busa berwarna hitam dan tegangan Drop bisa jadi aki kering soak sudah terlalu parah dan korosi.

busa didalamnya berwarna putiih semua pada setiap lubang?
busa didalamnya berwarna putiih semua pada setiap lubang? (dokpri)

Cek tegangan dengan Voltmeter apakah tegangan ada di atas 9 Volt? Jika diatas 9 volt maka besar kemungkinan bisa diperbaiki. JIka voltase saat di cek berada di bawah 9 Volt tambahkan air murni + air aki zuur dengan perbandingan Aki zuur 1 ML dan air murni 4 ML. Kemudian balik posisi aki dan perhatikan, apakah ada air menetes dari dalam aki soak yang baru ditambah air tadi. Jika ada yang menetes biarkan saja tunggu 5-10 Menit. Lalu Tes apakah voltase Aki kering Soak yang mau Perbaiki sudah naik?

Perbaiki aki kering soak tegangan turun tanpa ke bengkal
Contoh aki kering dengan tegangan diatas 9 Volt yang bisa diperbaiki. (dokpri)

Jika tegangan Aki kering Soak hendak diperbaiki sudah berada di atas 9 Volt maka besar kemungkinan Aki kering Soak ini bisa diperbaiki. Namun jika tegangan dibawah 9 Volt, maka sulit diperbaiki. Dan jika voltase dibawah 5 Volt sebaiknya tak perlu diperbaiki.
Perlu Diingat jika tegangan aki kering soak dibawah 5 Volt meskipun sudah ditambah air aki maka besar kemungkinan element didalamnya sudah korosi hancur parah.
baca juga:
Cara membatasi TX Modem Speedy Huawei HG8245H
Review Dan cara Setting ADVAN CPE START-65A5EB
Memasang CCTV online tanpa jaringan Internet Wifi Indihome

Jika Aki kering rusak memiliki tegangan diatas 9 Volt lakukan pengisian dengan charger aki, Biarkan sekitar 15-20 Menit dan sentuh permukaan samping aki, jika panas berlebih segera hentikan pengisian dan lepaskan aki kering dari Charger. Namun jika permukaan samping biasa saja suhunya lanjutkan pengisian sekitar 1-3 Jam untu charger standar 5 amper.




Sebagai gambaran pada aki kering sepeda motor memiliki 6 ruangan, dengan voltase total 12-13 Volt. Jika kita bagi maka 13:6=2,1. Sehingga jika aki kering soak hanya mengeluarkan arus 5 Volt berarti hanya 3 element ruang saja yang aktif. Dan jika kita memaksa Charger aki kering soak yang hanya menyisakan 3 elemen dengan tegangan Charger 14 Volt, maka akan terjadi Over arus tengangan dan beresiko terbakar nantinya. Seperti contoh aki kering soak yang admin tunjukan dengan tegangan 3.3Volt.

Cara Perbaiki Aki kering Soak Tanpa Ke bengkel
contoh aki kering soak dengan tegangan 3.3Volt, sebaiknya tidak diperbaiki (dokpri)

Itulah penyebab kenapa jika Aki kering Soak arus dibawah 5 Volt meskipun ditambah air sebaiknya jangan diperbaiki. Karena sangat beresiko sekali. Karena Cara Perbaiki Aki kering Soak Tanpa Ke bengkel ini adalah pertolongan darurat yang bisa kita lakukan sendiri dirumah. Meskipun pada dasarnya kita bisa juga memindah elemen-element aki yang normal ke aki lainya namun hal tersebut tidak saya sarankan tanpa keahlian yang cukup.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + eight =