Penyebab dan cara memperbaiki Printer L120 tidak bisa menarik kertas / paper jam

Penyebab dan cara memperbaiki Printer L120 kertas macet / paper jam ini umumnya juga terjadi pada printer jenis lain baik itu L360 dan sejenisnya. Dimana umumnya printer akan berkedip merah saja saat di gunakan mencetak. Padahal sebelumnya printer normal dan waktu di hidupkan catridge bergerak normal.
Penyebab printer paper jam atau tidak bisa menarik kertas yang akan admin bagikan adalah hal yang cukup jarang terjadi, ataupun jika banyak cara sudah di coba, baik itu bongkar printer namun tidaka da benda asing, sudah dilakukan ganti sensor kertas bahkan mungkin sudah cek pita catriga namun printer masih tetap tidak bisa menarik kertas, Silahkan coba cara ini.

Umumnya jika printer tidak bisa mencetak ataupun menarik kertas, penyebabnya adalah adanya benda asing / kotoran yang masuk dan menganjal cara kerja printer, baik roler/ gigi ataupun sensor kertas. Akan tetapi bisa juga karena tank pad penuh dan harus dibersihkan ataupun di reset. Namun jika dua cara diatas dicoba namun tetap tidak bisa mencetak silahkan cek roler penarik kertas atas dan bawah.


 

Umumnya ciri roler kertas printer yang rusak atau aus adalah, printertidak bisa menarik kertas atau juga menarik kertas umumnya akan double bisa 2 ataupun 3 lembar kertas saat mencetak. Biasanya bagian roler bawah akan lebih cepat aus / halus maka tidak ada salahnya lakukan pengecekan roller bawah printer terlebih dahulu. umumnya Cara melepas roller kertas tidak perlu bongkar printer. Cukup congkel dari bawah.
baca juga:Cara mencetak Kartu keluarga Atau KK sendiri dari Rumah

Lalu perhatikan apakah ada bagian roller printer yang aus / halus/ terlihat botak ataupun cuil di tengah ataupun pinggir? jika ada maka roller printer rusak dan harus segera diganti dengan yang baru.
contoh ambar roler penarik kertas rusak dibawah.

coba ganti roller tersebut, atau ganti roler atas dan bawah lebih baik, agar kinerja maksimal dan Printer yang tidak bisa menarik kertas bisa normal kembali.

Author: Mr. wics

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 14 =