Beberapa hal ini membuat anda tidak bisa mendapat kartu Prakerja

Kotanopan.com Pendaftaran Prakerja gelombang 17 yang jadwalnya akan dilaksanakan Semester 1 tahun 2021 sudah didepan mata. Bisa dibilang gelombang ke 17 adalah gelombang akhir untuk prakerja tahap ini. Dimana ini adalah sisa-sisa akumulasi daripada gelombang sebelumnya yang tidak membeli pelatihan setelah 30 hari lolos seleksi kartu prakerja.Dimana Waktunya 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Ini adalah amanat Permenko 11 tahun 2020. Jadi sudah ada aturan bakunya.
baca juga:
Informasi Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 17 kuartal II 2021

Lolos atau tidaknya pendaftaran peserta nantinya, tergantung dari hasil penyaringan. Dimana setidaknya ada dua verifikasi yang dilalui sebelum peserta dinyatakan lolos kartu prakerja.
Verifikasi pertama yaitu verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KK dengan data di Dukcapil. NIK yang tidak terdaftar otomatis gugur dan tidak bisa mendapatkan kartu prakerja. Kemudian verifikasi tahap kedua adalah, verifikasi terkait daftar terlarang. Dimana manajemen akan melakukan pengecekan NIK calon peserta dengan data Dapodik untuk melihat status pendaftar. Jika pendaftar masih aktif sekolah atau kuliah, maka tidak bisa menerima Kartu Prakerja. Karena sesuai namanya “prakerja” diberikan untuk yang sudah bekerja, atau akan bekerja, untuk yang masih dalam masa pendidikan tidak bisa.


Adapun salah satu syarat penerima Prakerja lainya adalah tidak sedang menerima bantuan sosial atau bansos. Karena pada dasarnya Prakerja adalah program semi bansos, yang mana hal ini membuat peserta yang sudah terdaftar penerima bansos di Kementerian Sosial tidak bisa menjadi penerima Kartu Prakerja. Secara garis besar bisa dikatakan. Untuk yang sudah menerima Bansos, jangan harap bisa jadi penerima bantuan Kartu prakerja.

Penyebab gagal daftar prakerja. SUmber Instagram prakerja

Bahkan jika ada salah satu anggota keluarga yang sudah terdaftar sebagai penerima bansos. Bansos tersebut di antaranya adalah termasuk Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), atau Kartu Indonesia Sehat (KIS). Maka yang bersangkutan tidak dapat lagi masuk sebagai anggota prakerja, hal ini akan terlihat dari NIK peserta dan data Nomor KK keluarga.
baca juga:
Sebab dan Solusi Saat Download Aplikasi di Play Store Tertunda

Meskipun demikian Program Kartu Prakerja rencananya akan tetap ada meskipun pandemi COVID-19 telah selesai. Dimana nantinya cakupan penerimaannya akan lebih diperluas.
Jika Peserta Kartu Prakerja saat ini hanya bisa di miliki oleh yang bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya. Informasi yang admin dapatkan, nantinya, penerima bansos lain juga memiliki kesempatan mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja. Apakah insentifnya juga akan seperti ini? mengenai insentif admin kotanopan.com juga kurang tau seh…

Author: Mr. wics

2 thoughts on “Beberapa hal ini membuat anda tidak bisa mendapat kartu Prakerja

  1. Pernah kepikiran utk daftar prakerja ini, apalagi aku udh resign dari kerjaan. Tapi kemudian dipikir2, biarlah yg bener2 butuh yg mendaftar dan dapet dana bantuannya :). Jadinya cancel deh. Beberapa temen blogger ada yg dapet, dan dia cerita detail ttg pelatihan yg dipilih :).

    Semoga sih bener2 bisa berguna utk meningkatkan skill yaaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + eight =